5 Tips Tersembunyi Agar Kamu Terus MOOD Belajar.

06 Dec 2018

Jika kamu sudah menerapkan tips-tips belajar yang ada di Mbah Google, tapi tetap aja nggak menaikan mood belajar kamu, mungkin kamu kurang memerhatikan lingkungan di sekitar kamu.

Nah, jika sudah seperti ini tugas kamu selanjutnya mencari tau penyebab kenapa kamu nggak mood belajar. Ini dia 5 Tips tersembunyi, agar kamu terus mood belajar.

 

1. Belajar di Luar Ruangan

(image:hidupsimpel.com)

Kalau kamu nggak punya ruangan bebas dan ber-AC yang bisa dipakai untuk belajar, kamu bisaa gunakan kelas kosong atau perpustakaan. Kalau kamu nggak suka di ruangan ber-AC mungkin kamu bisa mencoba belajar di luar ruangan seperti taman atau halaman rumah. Udara yang sejuk dan kicauan burung, bisa merefresh otak kamu, dan mood kamu jadi bagus lagi deh.

 

2. Ubah lampu belajar mu

(image:idntimes.com)

Lampu neon (fluorescent) yang memancarkan cahaya bewarna putih dapat mengurangi resiko kelelahan mata, lebih efektif kalau kamu gunakan untuk belajar dibandingkan lampu pijar yang mengeluarkan cahaya kuning.

Tapi, jika lampu putih belum juga efisien, kamu bisa mencoba menggunakan lampu warm white seperti lampu di cafe-cafe, yang nggak terlalu silau dan bisa menambah kamu cantik di foto. hihi.

 

3. Sesuaikan Tempat dan Materi Belajarmu

(image:dianasasa.com)

Percaya nggak kalau tempat belajarmu itu menentukan mood kamu? Jika kamu sedang mempelajari sesuatu yang kompleks seperti hitungan atau hafalan, akan lebih baik jika kamu belajar di tempat yang tenang seperti perpustakaan. Jika kamu mempelajari sesuatu yang melibatkan kreativitas seperti studi kasus atau prakarya, suara musik akan membantu kamu dalam proses belajar tersebut. Percaya nggak? Coba terapkan deh!

 

4. Menjaga Asupan Gizi

(image:koran-jakarta.com)

Konsumsi makanan apapun yang bisa bikin pencernaan kamu “kacau” atau menimbulkan alergi. Karena jika kamu nggak sarapan dan asal makan aja, yang terjadi nggak konsen belajarnya bahkan mengganggu proses belajar karena sakit perut. Maka memperhatikan makanan itu dianjurkan, agar proses belajar kamu lancar tanpa hambatan.

 

5. Abaikan dulu si dia

(image:hidupsimpel.com)

Seharusnya, cinta monyet itu buat menambah semangat belajar mu. Tapi jika, malah membuat beban pikiran, karena dia rewel terus. Lebih baik abaikan dulu dia, karena semakin kamu menuruti maunya, itu hanya mengganggu belajar mu. Jika ingin melanjutkan hubungan mu dengan si dia, gunakan kegiatan yang positif seperti ekskul bareng, bimbel bareng, atau belajar bareng di rumah.

 

Itu dia 5 tips tersembunyi agar kamu terus mood dalam belajar. Jadi kamu sudah lakuin yang mana aja nih? Pasti yang point ke lima ya? Ya, kamu harus pintar-pintar mencari cara agar proses belajarmu nggak terganggu dengan orang yang kamu sayang.

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019