ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Cara yang Dapat Membantu Kamu Menghindari Lupa ketika Belajar!

Published at 25 Feb 2019 14:26

Materi pelajaran yang kemarin apa ya?”, “Duh, kok aku lupa ya?”, “Perasaan kemarin aku udah belajar deh, kenapa bisa lupa ya?”.

Hayo, siapa yang pernah seperti itu? Sebagai seorang pelajar, kamu pasti pernah kan mengalami hal tersebut?

Lupa dengan materi yang baru dipelajari, sulit memanggil kembali ingatan terhadap materi yang lampau, dan sebagainya adalah beberapa hal yang biasa kamu alami saat mengingat memori.

Lupa merupakan hal yang wajar dan manusiawi. Akan tetapi, bukankah sebagai manusia harus berusaha? Jadi, kamu pun harus berusaha untuk mencegah atau mengurangi kebiasaan lupa tersebut.

Apalagi, di usia kamu yang masih sangat muda seperti ini, seharusnya kamu bisa lebih banyak menyimpan memori atau informasi. Mungkin kamu kesulitan untuk menghindari kondisi tersebut, tapi kamu tidak perlu khawatir.

 

Di bawah ini adalah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari lupa dalam belajar. Apa saja kelima cara itu? Ini dia!

 

1. Belajar Lebih

Hal yang pertama bisa kamu lakukan adalah belajar lebih. Maksudnya, kamu mencoba dengan melebihi batas penguasaan dasar terhadap materi pelajaran. Dengan kata lain, kamu lebih banyak berlatih, mengingat, dan belajar terhadap hal-hal yang sedang kamu pelajari.

Misalnya sebelum memulai pelajaran matematika, kamu membiasakan diri kamu untuk menghafal perkalian selama 5 menit. Hal ini terus berlanjut sampai berikutnya. Jika perkalian sudah kamu kuasai, kamu bisa lanjut ke tahap pembagian, dan sebagainya.

Contoh lainnya, kamu bisa menulis pokok materi pelajaran di post-it dan menempelkannya di tempat-tempat yang sering kamu jumpai di rumahmu sehingga kamu terus menghafal dan mengingatnya. Intinya, pembiasaan yang dilakukan secara berkelanjutan.

 

2. Tambahan Waktu Belajar

Cara yang kedua ialah menambah waktu belajar kamu. Misalnya, kamu belajar di rumah dalam sehari sebanyak 1 jam. Nah, kamu bisa mengubahnya sebanyak 1,5 jam atau 2 jam. Ingat, ini harus terus berkelanjutan ya, karena hal ini bisa membantu kamu untuk menghindari lupa dalam belajar.

Jangan sampai ya waktu belajar kamu lebih rendah daripada waktu kamu bermain gadget atau game, sayang banget! Mau kan materi yang selalu kamu pelajari selalu kamu ingat? Jadi, belajar kamu harus ditambah dan main kamu harus dikurangi ya!

 

3. Memberi Singkatan

Kamu bosan dengan metode yang itu-itu aja dalam belajar? Kamu kayaknya perlu cara yang satu ini. Iya betul! Memberi singkatan. Kalau kamu kesulitan untuk menghafal materi-materi pelajaran yang sedang dipelajari, kamu bisa mencobanya dengan memberi singkatan.

Salah satu contohnya ialah sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, yaitu untuk menyebutkan nama-nama warna pelangi, kamu cukup menyingkatnya dengan mejikuhibiniu (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu).

Menarik bukan? Jadi, mulai sekarang kamu bisa coba membuat singkatan terhadap materi pelajaran kamu dengan semenarik mungkin ya! Agar kamu selalu ingat dengan singkatan tersebut dan selalu terngiang di kepala kamu! Hehehe.

 

4. Pengelompokkan

Cara yang satu ini ialah kamu bisa mengelompokkan berbagai materi yang sedang kamu pelajari sesuai dengan bidangnya. Misalnya, pelajaran mengenai binatang, tumbuh-tumbuhan dan sebagainya merupakan kelompok dari mata pelajaran MIPA. Begitupun dengan kebudayaan, sejarah, dan lain sebagainya merupakan kelompok dari mata pelajaran Sosial alias IPS.

Selain itu, linguistik, sastra, dan sebagainya merupakan kelompok bahasa dan sastra. Jadi, di otak kamu pun sudah memiliki sistem untuk membedakan itu semua.

 

5. Jangan Malas!

Terakhir nih yang nggak boleh ketinggalan, jangan malas! Iya, kamu jangan malas. Karena sebanyak dan semenarik apa pun cara yang bisa dilakukan untuk menghindari lupa, kalau kamunya sendiri malas, ya nggak bisa dong!

Please! banget untuk yang satu ini harus kamu tanamkan dalam diri kamu bahwa kamu nggak boleh malas. Ingat, ya! Kunci sukses ada di tangan kamu. Semua itu kamu yang menentukan. So, jangan malas!

 

Kamu nggak mau kan dilupain? Sama, materi yang kamu udah pelajari juga sebenarnya nggak mau kalau dilupain sama kamu. Mereka maunya diingat karena itu semua bermanfaat untuk masa depan kamu.

Jadi, mulai sekarang kamu bisa menerapkan lima cara di atas agar kamu nggak lupa sama materi pelajaran kamu ya! Jadi, mari sama-sama mengingat dan mari sama-sama untuk tidak melupa!

Kalau kamu punya cara lain, yuk share di kolom komentar! Selamat membaca!

Baca juga: Sering Lupa? Hindari 5 Kebiasaan ini

 

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Sarah Farhana

Related Article