ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Belajar Soshum Sosiologi: Penyimpangan Sosial (Pengertian, Dampak, Ciri-ciri)

Published at 16 Mar 2021 15:55

Hai, hai, hai

Let’s go kita belajar bareng lagi gengs!

Untuk materi kali ini, kita belajar Soshum Sosiologi ya… 

Kisi-kisi materi sosiologi banyak banget nih gengs. Salah satunya ada Penyimpangan Sosial. Pasti kalian udah pernah belajar tentang Penyimpangan Sosial. Masih pada inget nggak nih? Kalau kamu udah lupa sama materinya gawat banget nih! 

Coba kita ulik bareng-bareng ya... check this out!

 

APA ITU PENYIMPANGAN SOSIAL?

Penyimpangan Sosial merupakan perilaku seseorang yang dianggap sebagai hal tercela, tidak bermoral, dan jauh dari batas toleransi.  Ada beberapa pengertian Penyimpangan Sosial dari para Ahli, antara lain: 

  • James Vander Zanden
    Perilaku menyimpang menurut James Vander Zanden adalah perilaku yang dianggap sebagai hal tercela di luar batas-batas toleransi oleh sejumlah besar orang.
  • Robert M.Z. Lawang 
    Robert M.Z. Lawang berpendapat, penyimpangan sosial adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem itu untuk memperbaiki perilaku tersebut.
  • Paul B. Horton
    Menurut Paul B. Horton, perilaku penyimpangan merupakan setiap perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat.

 

ADA  5 TEORI DARI PENYIMPANGAN SOSIAL

  • Teori Labelling
    Dalam teorinya, Edwin M Lemert berpendapat bahwa seseorang melakukan penyimpangan karena adanya proses “labelling/cap/julukan yang diberikan orang-orang sekitar, sehingga mendorong seseorang untuk melakukan penyimpangan. 

  • Teori Differential Association
    Edwin H Sutherland berpendapat bahwa penyimpangan bersumber pada pergaulan yang berbeda. Biasanya perilaku tersebut dipelajari dalam lingkungan sosialnya. Misalnya: penggunaan narkotika.

  • Teori Struktur Sosial
    Menurut Robert K Merton, struktur sosial menciptakan keadaan yang menyebabkan pelanggaran aturan sosial. Struktur sosial menekan orang-orang tertentu ke arah penyimpangan. Contohnya adalah membuat surat keterangan palsu agar bisa diterima menjadi anggota militer. 
  • Teori Fungsi
    Dalam teorinya, Emile Durkheim berpendapat faktor seseorang melakukan penyimpangan orang itu berbeda-beda. Bisa jadi karena faktor keturunan, lingkungan fisik dan sosial. 
  • Teori Konflik
    Karl Marx berpendapat bahwa penyimpangan terjadi karena adanya kelompok yang berkuasa dan dikuasai. Biasanya konflik dipicu oleh pertentangan ekonomi. 



CIRI-CIRI TERJADINYA PENYIMPANGAN SOSIAL

Menurut Paul B. Horton ciri-ciri Penyimpangan Sosial sebagai berikut: 

  • Penyimpangan harus bisa didefinisikan
    Sesuatu bisa dikatakan menyimpang jika dapat dinilai berdasarkan kriteria tertentu dan diketahui apa penyebabnya.
  • Penyimpangan dapat diterima, maupun ditolak
    Ada kalanya penyimpangan dapat diterima oleh masyarakat, misalnya berbohong. Sedangkan yang ditolak oleh masyarakat yaitu pembunuhan, perampokan, dan sebagainya.
  • Penyimpangan Relatif dan Mutlak
    Semua orang pernah melakukan tindakan menyimpang. Tapi perilaku itu masih dalam batas-batas tertentu yang bersifat relatif untuk orang lain. Namun, kalau ada yang melakukan penyimpangan mutlak, seiring berjalannya waktu akan berkompromi dengan lingkungannya. 
  • Penyimpangan terhadap budaya nyata atau budaya ideal
    Budaya ideal merupakan aturan hukum berlaku yang dibuat dalam kelompok masyarakat. Pada dasarnya, tidak ada seseorang yang patuh dengan peraturan resmi, karena terjadinya kesenjangan antara budaya ideal dan nyata. 
  • Adanya norma-norma penghindaran dalam penyimpangan 
    Norma-norma penghindaran adalah pola perilaku yang dilakukan oleh orang untuk memenuhi keinginan mereka tanpa harus menentang nilai-nilai tata kelakuan secara  terbuka. Norma-norma penghindaran merupakan bentuk penyimpangan yang bersifat melembaga. 

 

FAKTOR PENYEBAB PENYIMPANGAN SOSIAL

Faktor penyebab Penyimpangan Sosial terdiri dari dua faktor, antara lain:

  • Faktor Internal: Faktor Internal disebabkan oleh tingkat kecerdasan, usia, jenis kelamin, dan kedudukan seseorang dalam keluarga.
  • Faktor Eksternal: Faktor Eksternal disebabkan oleh kehidupan rumah tangga/keluarga, pendidikan di sekolah, pergaulan, dan media massa. 


DAMPAK YANG TERJADI DARI PENYIMPANGAN SOSIAL

  1. Dikucilkan oleh masyarakat 
  2. Dijauhi oleh pergaulan
  3. Bentuk perbuatan yang dosa, bisa merugikan diri sendiri
  4. Merusak akal sehat
  5. Mengganggu keamanan sekitar
  6. Merusak tatanan nilai, norma, moral, dan budaya 
  7. Merusak masa depan diri sendiri
  8. Menimbulkan beban sosial, psikologis, dan ekonomi keluarga


So, itulah materi Soshum Sosiologi seputar Penyimpangan Sosial! Semoga pelajaran singkat ini bisa bermanfaat untuk UTBK kamu ya! Semoga membantu^^

 

Artikel ini dikutip dari beberapa sumber. 

Related Article