ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Introvert dan Berpotensi Menjadi Profesi

Published at 15 Oct 2018 16:22

Kamu suka merasa nggak nyaman saat bersosialisasi? Lebih nyaman menyendiri karena bisa lebih berekspresi dan percaya diri?

Nggak apa-apa kok, bisa jadi kamu tergolong Introvert. Eits... tapi bukan berarti introvert itu berbeda dengan manusia lainnya lho.

Sebenarnya orang dengan kepribadian introvert sama saja dengan kita, mereka tetap bisa bersosialisasi, meski memang terlihat pemalu.

Hal ini disebabkan orang introvert cenderung memproses sesuatu secara internal (in to out). Karena berpikir sebelum berbicara dan lebih memilih apa yang perlu diungkapkan pada orang lain atau nggak.

Berbeda dengan ekstrovert yang lebih bersifat spontan dan tampak percaya diri mengungkapkan pendapatnya.

Introvert bisa didefinisikan sebagai orang dengan karakter yang pendiam, pemalu, nggak terlalu nyaman untuk bergaul dengan banyak orang, lebih suka bekerja sendiri, dan kurang percaya diri. 

Kalau kamu merasa sama dengan definisi introvert, kamu nggak usah minder, karena kepribadian seperti mu itu memiliki kelebihan yang kamu sendiri nggak tau.

Seperti peneliti yang handal, penjaga rahasia yang baik, dan penyabar, yang membuat temanmu di kantor menjadi nyaman akan kehadiranmu.

Ohiya ngomong-ngomong soal kepribadian introvert yang diam-diam tapi banyak kelebihannya, ini dia 5 jurusan kuliah, yang cocok buat kamu dan masa depan..

  

1.    Akuntansi

Kalau kamu tertarik dengan soal keuangan dan bagaimana cara mendapatkannya tanpa perlu terlibat dengan banyak orang, maka ini adalah jurusan terbaik untuk kamu.

Biasanya akuntansi masuk ke dalam fakultas ekonomi dan bisnis. Kamu nggak usah bingung untuk mencari, karena di setiap kampus sudah banyak dibuka kelas akuntansi.

Di PKN STAN ada Jurusan D3 Akuntansi lho. Kalau kamu minat bisa jadi sekarang di bimbel PKN STAN Terbaik. Supaya ada persiapan yang matang.

Sebagai Akuntan, kamu tetap bisa mendapatkan penghasilan besar dengan hanya duduk di belakang komputer. Apalagi kalau kamu lulusan Akuntansi PKN-STAN. Ya, enak, ada ikatan dinas. 

 

2.    Desain Grafis

Kalau kamu termasuk orang yang menghabiskan waktu di depan komputer buat main games.

Coba deh gunakan waktumu itu, untuk mendesain atau menggambar sesuatu melalui kecanggihan komputer.

Di dunia kampus, desain grafis berada di fakultas seni rupa dan desain, biasanya masuk ke jurusan desain komunikasi visual (DKV).

Jurusan Ini cocok banget buat introvert, karena bidang ini nggak membutuhkan banyak interaksi. Walaupun tetap ada interaksi sosial dalam ruang lingkup pekerjaan ini.

Seperti konsultasi dengan klien atau teman kerja untuk membuat website, mendesain logo, kebanyakan waktu kamu akan bekerja sendiri.

 

3.    Analisis Keuangan

Persis seperti akuntansi, kamu akan menghitung dan menganalisis soal keuangan dengan menghabiskan waktu kerja sendiri.

Ini adalah pekerjaan yang tepat untuk introvert yang menyukai bursa saham, dan menikmati melakukan investasi.

Karena pekerjaan ini berfokus pada fakta dan angka, dan bukan orang lain, introvert akan sangat senang di bidang ini.

 

4.    Komputer/Teknik Informatika

Kalau kamu menyukai komputer dan teknologi, ini adalah salah satu bidang lain yang mungkin kamu suka. 

Dengan pekerjaan ini, kamu lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer, coding, membuat program, dan segala aspek teknik yang berhubungan dengan komputer dan TI.

Kalau dalam dunia kampus, pekerjaan ini termasuk ke dalam fakultas sistem informasi atau teknologi informatika.

Hal terbaik adalah kamu hanya membutuhkan sebuah komputer untuk melakukan pekerjaan ini,dan kamu dapat bekerja sendiri dan dimana saja. Asik?

 

5.    Menulis

Menulis (writing/creative writing) mungkin adalah yang paling cocok untuk para introvert. Menghabiskan waktu sendiri, dengan pikiran dan imajinasi.

Menghasilkan inspirasi secara natural untuk bahan menulis. Fakultas sastra bahasa yang pas buat kamu yang minat di bidang menulis.

Dari puisi, ke cerita pendek, lalu ke novel, kamu dapat menghasilkan ini semua dengan waktu kamu sendiri.

Bisa aja, kamu jadi penulis bestseller, yang dilirik sama produser film terus novel kamu di jadiin film deh, kaya itu tuh ekhem

 

Jadi nggak usah khawatir buat introvert yang diam-diam ternyata banyak kelebihannya, kamu bisa sukses melalui caramu sendiri kok. Yang pasti, cintai diri mu, tekuni minat mu dan terus lah berusaha!

 

Jadi, jurusan apa yang kamu ambil?

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article