ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Ingin Menambah Relasi di Lingkungan Kampus? Cukup Lakukan 5 Hal Ini!

Published at 18 Feb 2019 17:03

Relasi sangat penting di lingkungan pertemanan kamu, baik lingkungan rumah, lingkungan sekolah maupun lingkungan kampus. Mengapa? Karena relasi dapat menambah ruang lingkup pertemanan, dan menambah wawasan kamu, lho!

Bagi kamu calon mahasiswa baru, perlu diingat nih! jika kamu ingin memiliki banyak relasi jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang ya! Tetapi sebaliknya, kamu harus menjadi mahasiswa yang aktivis di kampus agar memiliki relasi yang luas.

“caranya gimana sih kak?”

Nggak usah pake bingung, kamu cukup simak ke-5 poin di bawah ini ya!

1. Mengikuti Berbagai Kegiatan/organisasi di Kampus

 

(image: unsplash.com)

 

Kenapa? Karena kamu akan bertemu banyak teman-teman baru yang belum kamu kenal sebelumnya, hal itu akan menjadi kesempatan kamu untuk menambah pertemanan kamu nih, hehehe.

Selain itu, kamu juga akan belajar hal-hal baru seperti mengurus event, menyelesaikan masalah, dan mengatur waktu yang baik. Kalau kamu mengikuti semua kegiatan di kampus, kamu nggak akan rugi kok! Karena skill-mu akan bertambah nantinya!

 

2. Murah Senyum

 

(image: unsplash.com)

 

Menjadi seseorang yang murah senyum sangat penting untuk menambah relasi lho! Kalau kamu nggak pernah senyum dan selalu memasang muka yang jutek, teman-teman kamu juga nggak akan berani untuk nyapa kamu atau sekedar mengajak ngobrol.

Nah, kalau sampai seperti itu gimana relasi kamu akan bertambah? Yang ada teman-teman kamu berpikir kalau kamu merupakan seseorang yang “senggol bacok” alias seseorang yang nggak suka diganggu gugat. Rugi banget ‘kan?

 

3. Jangan Apatis alias Cuek

 

(image: google.com)

 

Semakin dewasa, kamu harus mengurangi sifat apatis kamu nih! Pada dasarnya setiap manusia selalu butuh bersosialisasi dan saling membantu satu sama lain.

Kalau kamu memiliki sifat yang apatis alias nggak suka membantu orang lain, gimana orang lain ingin membantu kamu? So, mulai sekarang coba untuk peduli dan peka terhadap sekitar kamu, ya!

 

4. Memiliki Hubungan yang Baik dengan Dosen

 

(image: google.com)

 

Pada saat kuliah nanti, nggak ada salahnya lho membina hubungan baik dengan dosen. Kamu bisa mulai dari hal-hal kecil seperti bertanya tugas kepada dosen, dan inisiatif  menawarkan bantuan saat dosen kamu membutuhkan bantuan.

Tetapi harus diingat, nih! Kamu harus melakukan hal-hal tersebut dengan tulus, lho ya! Jangan karena hanya sekedar “carmuk” alias cari muka aja. Karena diam-diam dosen juga tahu lho mana yang benar-benar tulus dan mana yang hanya pencitraan, hehehe.

Nantinya, kamu akan mendapatkan kepercayaan dari dosen dan hal tersebut sangat bermanfaat untuk relasi kamu!

 

5. Menjaga Etika

 

(image: google.com)

 

Etika sangat diperlukan dimanapun kamu berada. Kalau kamu nggak bisa menjaga etika, kamu akan sulit untuk menambah relasi lho! Percaya atau nggak, hal tersebut sudah sering terjadi di kota-kota besar, hehehe.

Perlu diingat ya! Meskipun kamu memiliki otak yang cerdas tetapi kamu nggak punya etika, sama saja seperti makan sayur kol tanpa garam! Nggak akan menarik dan nggak sempurna.

 

Nah, itulah 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk menambah relasi! Yang paling penting, kamu harus selalu melakukan hal-hal yang positif, ya! Nggak sulit ‘kan?

Selamat mencoba! ^_^

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article