ENS Indonesia

Please wait...

Blog

MOTIVASI

5 Pelajaran Hidup dari Serial Dragon Ball yang Patut Kamu Tiru

Published at 17 Oct 2018 16:52

Mengakulah jika kita pernah menghabiskan masa kecil dengan menonton kartun atau anime. Bahkan mungkin sampai sekarang pun kita tetap suka melakukannya. Salah satu anime yang dulu cukup populer dan sering tayang di stasiun televisi adalah Dragon Ball.

Anime tersebut menceritakan tentang petualangan Son Goku serta teman-temannya dalam mencari Dragon Ball, bola ajaib yang sanggup mengabulkan apapun keinginan yang dimiliki. Nyatanya anime yang yang pernah menemani pagi kita itu mengajarkan beberapa pelajaran hidup yang bisa kita aplikasikan.

 

1. Ikuti jalan hidupmu

Penting untuk diingat bahwa kita dapat menjadi diri sendiri dan meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan melakukan apa saja yang kita sukai. Kita mungkin akan sampai pada titik di mana kita perlu mengikuti sesuatu yang telah disiapkan untuk kita bahkan mungkin bertentangan dengan apa yang kita coba, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Kita dapat berkembang dengan keunikan yang kita miliki karena kita tidak harus menjadi seseorang yang berbeda hanya karena orang lain menginginkannya.

Seperti Gohan yang tidak mengikuti jejak ayahnya, Goku, yang menjadi seorang petarung dan lebih memilih untuk fokus pada pendidikannya. Walau terkadang dia masih akan tetap ikut bertarung jika bumi terancam keselamatannya.

 

2. Tidak ada kata terlambat jika ingin berubah

Selalu ada waktu agar dapat berubah menjadi orang yang lebih baik. Entah apakah kita ingin mulai rutin berolahraga, menjalin hubungan baru atau mengubah beberapa kebiasaan buruk yang kita miliki. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit disiplin, beberapa motivasi dan keinginan diri sendiri untuk berubah. Tidak pernah mudah untuk membuat perubahan pada diri sendiri, tetapi hal itu bisa saja menjadi sangat berarti bagi orang lain di sekitar kita.

Piccolo sendiri awalnya merupakan musuh Goku dan teman-temannya. Namun seiring berjalannya waktu, Piccolo dapat berubah menjadi sosok yang lebih baik dan sekarang malah menjadi teman mereka.

 

3. Selalau berada disisi teman

Berada di sisi teman merupakan sesuatu yang sangat penting. Dukung mereka dalam tiap usaha mereka. Tidak harus dengan sesuatu yang besar atau berlebihan, cukup berada di sisi teman di saat mereka membutuhkan bahu untuk bersandar dan mengeluh. Teman baik sulit didapat jadi pastikan untuk menjaga mereka. Jika kita selalu ada untuk mereka, mereka pun akan melakukan hal yang sama untuk kita.

 

4. Terkadang masa lalu merupakan kunci untuk menuju ke masa depan

Belajar dari kesalahan dan lihatlah ke masa depan. Tidak ada yang pasti di dunia ini dan hal itu bisa menjadi hal yang menakutkan. Tetapi jika kita tetap positif dan tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali, kita akan baik-baik saja. Kita tidak dapat mengubah beberapa hal.

Namun, kita dapat mengubah cara kita untuk memutuskan bagaimana harus menyikapi hal tersebut. Terkadang pengalaman buruk yang ingin kita lupakan malah dapat menjadi pelajaran berharga untuk kita.

 

5. Rasa bangga dapat menjadi pedang bermata dua

Kebanggaan adalah sesuatu yang baik untuk dimiliki. Ketahuilah nilai diri sendiri dan banggalah dengan apa yang dapat kita lakukan. Tetapi terlalu banyak rasa bangga dapat membuat kita menjadi keras kepala, dan mungkin akhirnya kita malah menolak bantuan bahkan di saat kita benar-benar membutuhkannya karena kita yakin kita dapat mengatasi semuanya sendiri. Terkadang tetap rendah hati dan berkorban merupakan hal terbaik yang harus dilakukan.

Semua penggemar serial Dragon Ball tentu tahu betapa besar rasa bangga dan harga diri yang dimiliki oleh Vegeta. Dan terkadang karena hal itu membuat dia menjadi angkuh dan tidak mau menerima uluran tangan orang lain. Dia merasa jika dia dapat melakukan segala hal tanpa butuh bantuan orang lain padahal dia memiliki banyak teman untuk membantu.

 

Sumber: 

idntimes.com

Related Article