Blog

ANAK MUDA

5 Teknik Belajar Anak Zaman Now

Published at 27 Nov 2018 16:04

Perkembangan teknologi yang sudah sangat pesat ini, pengetahuan tentang apapun itu bisa langsung kamu ketik, klik dan clingg, muncul deh hal yang kamu kepoin. Ada beberapa kekurangan maupun kelebihan teknologi untuk perkembangan belajar kamu lho.

Kelebihannya, kamu jadi mudah untuk menemukan jawaban melalui google, dan kelemahannya, dengan kemudahan yang ada kamu jadi malas membaca buku pelajaran dan cari cara yang lebih instan, yaitu googling. Benar ‘kan?

Pasti kamu lebih suka yang instan-instan kan? Ya ‘kan? Sebagai anak zaman now yang lahir di era digital kita harus pintar menggunakan teknologi, jangan asal main copas dapat nilai 100, tapi diminta isi soal di depan kelas, cuma bisa bengong kaya kambing ompong. Jangan kaya gitu ya!

Agar kecanggihan teknologi membuat kamu lebih cerdas, gunakan smartphone kamu dengan smart yuk! Mau tau gimana teknik belajar yang cocok buat kita wahai anak jaman now? Yuk simak.

 

1. Tanya Mbah Google

(image:jurnalponsel.com)

Sebagai aplikasi pencarian terbesar di dunia, google sukses memberi kemudahan manusia untuk mencari segala informasi. Tinggal ketik dan klik, ketemu deh jawaban sesulit apapun itu.

Tapi jangan keasikan ngetik, select lalu copy paste ya! Kamu juga mesti memahami materi yang kamu copy paste itu. Gunakanlah kemudahan google ini, sebagai teknik belajar kamu, kamu bisa memanfaatkan google sebagai pengganti buku, karena banyak membaca itu jendela dunia loh.

 

2. Belajar lewat Youtube

(image:koinworks.com)

Jangan cuma nonton vlog orang yang pamer kekayaan atau pamer pacar aja, tapi gunakan juga video tutorial atau video edukasi lain di youtube sebagai referensi dan menambah wawasan kamu.

Selain lewat Mbah Google, kamu bisa belajar melalui video tutorial youtube. Di youtube kamu bisa terhibur dengan visual-visual yang ada, baik video atau animasi yang dipadukan dengan musik atau effect tertentu yang bikin belajar kamu makin fun.

 

3. Diskusi via Group Chat (FGD)

(image:proyekaudiobook.wordpress.com)

Kalau dulu, mengerjakan tugas kelompok pasti kita akan kumpul dulu sehabis kelas dan biasanya mengerjakan bareng di rumah salah satu anggota kelompok. Nah di era dgitalisasi ini kita dimudahkan dengan adanya media sosial yang memiliki platform diskusi, yaitu “multiple chats” atau “group”.

Jadi pembagian tugasnya bisa melalui group chat, lalu hasilnya bisa dikumpulkan dan direvisi oleh ketua kelompok. Mudah kan? Dengan diskusi ini, juga bisa memudahkan kamu untuk berdiskusi soal PR atau materi pelajaran lainnya lho. Jadi makin pinter deh.

 

4. Mencatat lewat Color Note

(image:Ilustrasi catatan dinding/Pixabay)

Kalau kamu malas mencatat di buku, kamu bisa menulis pelajaran melalui color note. Color note merupakan aplikasi note/catatan yang bisa dialih fungsikan sebagai kertas digital yang bisa digambar-gambar atau diwarnai.

Nah kalau bosen atau capek nulis di kertas, kamu bisa sok-sokan chatting sama orang, padahal sih lagi nyatet pelajaran, bagus kan pencitraannya. Hehe. Selain itu dengan color note kamu bisa mengasah kreativitas kamu dengan membuat catatan kamu seciamik mungkin.

 

5. Tinggal jepret, selesai

(image:sridevihandayani.wordpress.com)

Ketika guru atau mentor selesai menjabarkan penjelasannya di papan tulis, kebanyakan dari kamu pasti sudah siap dengan HP kamu untuk mengambil foto. Mencatat menjadi hal yang semakin jarang dilakukan, kecuali kalau guru kita mewajibkannya atau ada larangan membawa smartphone ke sekolah. Tapi jangan sekali-sekali foto materi pas ada guru ya, yang ada HP kamu kena sita.

 

Itu dia 5 teknik belajar yang cocok buat anak zaman now. Dibanding kamu menggunakan untuk hal unfaedah, mending gunakan smartphone kamu untuk belajar. Kalau kamu kurang puas dengan teknik belajar tanpa tatap muka seperti yang 5 hal diatas, kamu bisa belajar dengan bertatap muka bersama pengajar yang berkompeten dan berpengalaman di bimbel PKN STAN terbaik. Yuk perbanyak ilmu!

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article