ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

5 Tipe Peserta SPMB PKN STAN, Kamu Termasuk yang Mana?

Published at 01 Dec 2018 11:43

Politeknik Keuangan Negara STAN masih menjadi yang terfavorit untuk para calon mahasiswa setiap tahunnya, dengan jumlah pendaftar mencapai ratusan ribu peserta dan terus bertambah juga setiap tahunnya. Berbagai macam alasan muncul, banyak dari mereka beralasan salah satunya, “kuliahnya gratis dan prospek kerjanya jelas”.

Sehingga banyak yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke PKN STAN setelah lulus SMA, tapi di balik ‘ketertarikan’ para peserta terhadap PKN STAN ternyata latar belakang para peserta kenapa memilih PKN STAN itu beragam lho dan dapat digolongkan menjadi 5 tipe.

Wah, kamu termasuk salah satunya nggak ya? Yuuuk disimak aja!

 

1. PKN STAN Lovers!

PKN STAN Lovers ini memang sudah bercita-cita dan niat banget kuliah di PKN STAN. Paling semangat memantau informasi terupdate mengenai SPMB PKN STAN dan mulai sibuk mempersiapkan diri dari sekarang, iya sekarang! Sekarang banget nih!

Demi menjadi mahasiswa PKN STAN. Tipe ini akan membuktikan kalau kerja keras dan usaha akan membuahkan hasil yang optimal, walaupun harus bersaing dengan ratusan ribuan orang dan melewati tahapan seleksi yang panjang.

baca juga: Kenapa PKN STAN Menjadi Rebutan Ratusan Ribu Calon Mahasiswa Setiap Tahunnya?

 

2. Korban Sosialisasi

Ada juga kelas 3 SMA tapi masih belum tau mau melanjutkan kuliah kemana, bahkan belum tau PKN STAN itu apa. Sampai akhirnya ada sosialisasi ke sekolah mengenai kampus PKN STAN, setelah itu baru tau deh dan segala keunggulannya yang menggiurkan. Yang masih luntang lantung belum tau mau kuliah dimana, pasti langusng jatuh hati deh sama PKN STAN, mulai gesit cari info terutama tentang penerimaan calon mahasiswa baru.

 

3. Backup Plan Kids

Tipe ini merupakan orang-orang yang ‘asal masuk’. Jadi, mereka punya referensi beberapa kampus yang akan dituju dan berniat kuliah di salah satu kampus tersebut. Semua tes akan diikuti dari mulai SBMPTN, SPMB, sampai UM di kampus-kampus negeri dan swasta. Jadi, ikut SPMB PKN STAN itu memang bukan prioritas.

Tipe ini nggak terlalu menggebu-gebu dan akhirnya bisa mengerjakan ujian dengan tenang. Karena nggak sedikit lho yang gagal ujian itu karena terlalu cemas dan takut nggak bisa mengerjakan dengan baik, yang akhirnya malah bikin blank ketika ujian.

 

4. ‘Ngekor’ Teman

Ngekor teman alias ikut-ikutan mood teman, karena banyak teman-teman yang ikutan SPMB PKN STAN terus latah deh akhirnya ikutan juga. Kalau masuk, ya syukur. Kalau nggak, ya cari yang lain, hehe. Ada nggak teman kamu yang begitu? Atau kamu nih salah satunya dari tipe ini?

 

5. Patuh Orangtua

Kamu pasti paham kalau orangtua selalu ingin yang terbaik untuk anaknya, ketika orangtua menginginkan untuk masuk PKN STAN pasti bukan tanpa alasan, pasti orangtua kamu tau kalau PKN STAN memang yang terbaik untuk kamu, nggak cuman pas menempuh pendidikan aja tapi setelah pendidikan kamu selesai.

Walaupun awalnya kamu akan merasa dipaksa, tapi pada akhirnya kamu akan merasa bersyukur karena telah dipaksa oleh orangtua. Kamu akan menyadari dan merasakan sendiri kalau ternyata kampus PKN STAN memang top dan baik buat kamu.

 

Nah, kira-kira itu tipe-tipe peserta SPMB PKN STAN. Kamu termasuk yang mana nih STANERS?!

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article