ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

6 Cara Fokus Belajar Tanpa Mikirin Pacaran!

Published at 22 Nov 2018 15:00

Nggak bisa dipungkiri di usia kamu sekarang ini memiliki ketertarikan terhadadap lawan jenis sangat besar. Eyes contact sama yang kece sedikit aja langsung naksir, disenyumin yang cakep sedikit langsung melting. Padahal itu hal biasa aja, kamu aja yang baper. Nah!

Sering merasa baper? dan bikin kamu berpikir untuk ingin menjalin suatu hubungan lebih dari sekedar teman, yaitu pacaran.

Tapi, ya sebenernya nggak penting-penting banget buat dipikirkan. Karena masih banyak banget hal penting yang mesti kamu pikirkan daripada sekedar “pengen punya pacar”.

Banyak yang beranggapan kalau punya pacar itu bikin semangat belajar? Gimana, kamu setuju nggak?

Poin plusnya cuman satu, jadi semangat belajar, poin minusnya? Sepertinya lebih dari satu.. Kamu juga pasti sering dong denger temen atau sahabat kamu yang punya pacar curhat tentang kegalauannya menjalani hubungan pacaran.

Misalnya, semalaman mikirin pacar nggak kasih kabar sampai lupa mengerjakan PR, sampai nggak fokus belajar padahal besok ada ujian, cuman karena mikirin “si pacar kemana?” kok nggak bilang lagi dimana, ngapain, sama siapa? Yaaaampun! Itu pacar atau pos satpam “harap lapor 1x24 jam”. Hehehe.

Kebanyang kan? Berapa puluh menit waktu berharga kamu kebuang buat hal yang nggak penting-penting banget sebenernya. Iya nggak sih?

Untuk kamu yang pengen fokus belajar tanpa mikirin pacaran bisa coba 6 cara ini:

 

1. Bergaul dengan Sesama Jomblo

Bergaul dengan teman yang memiliki pacar pasti secara nggak langsung akan mendorong kamu memiliki keinginan yang sama, begitu pun kalau kamu bergaul dengan temen-teman jomblomu pasti hal yang akan kamu sharing nggak soal pacaran atau soal cowok. Memilih jomblo untuk fokus belajar, itu bagus kok. Berarti kamu nggak menyia-nyiakan masa depanmu. Tapi bukan berarti teman yang punya pacar kamu jauhin ya!

 

2. Cari Kegiatan yang Positif

Disela-sela waktu belajar kamu bisa isi waktu kamu dengan kegiatan positif, kamu bisa mencari hobi baru dan menyalurkannya melalui kegiatan-kegiatan positif atau kamu juga bisa gabung di komunitas sesuai dengan minat kamu. Pasti seru banget kan?

 

3. Kurangi Nonton Drama Percintaan

Ini kegiatan waktu luang yang harus kamu hindari, ya mungkin unutk sementara waktu sampai tekad kamu untuk berpacaran sudah lenyap ditelan bumi. Karena pasti kalau kamu nonton drama romantis pasti kamu bakalan baper deh, adegan di dalam film kadang bisa mempengaruhi pikiran kamu untuk merasakan hal yang sama.

 

4. Pikirkan Konsekuensi Buruk Pacaran

Nggak selalu kok pacaran itu soal yang indah-indah aja, pasti ada aja galaunya. Misalnya, kamu lagi berantem sama pacar kamu pasti pikiran kamu akan kemana-mana. Kamu nggak akan fokus belajar dan susah untuk menghafal materi pelajaran kalau pikirian dan perasaan kamu lagi nggak enak. Iya kan?

 

5. Minta Dukungan Sahabat

Cerita sama sahabat kamu kalau kamu ingin fokus belajar dan nggak memikirian “urusan hati” dulu. Jika kamu punya support dari orang terdekat pasti kamu akan menjadi lebih kuat menghadapi kesendirian di tengah-tengah temanmu yang sudah memilik pacar.

Terus gimana nih kalau misalkan pacar kamu ternyata udah punya pacar? Ya nggak apa-apa, senggaknya kalau sahabat kamu tau tujuan kamu, dia nggak akan pamer kemesraan dengan pacarnya di depan kamu.

 

6. Harus memiliki cita-cita

Setiap orang pasti punya cita-cita termasuk kamu. Jadikanlah cita-cita kamu sebagai motivasi untuk giat belajar. Apa lagi kalau kamu bercita-cita pengen masuk PKN STAN dan menjadi punggawa keuangan negara, udah pasti kamu harus banget fokus belajar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan masuk PKN STAN.

 

Jadi, Gimana udah mantap buat ngejomblo?

 

Penulis : Anggun Widaningsih
Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article