6 Cara Mengatur Waktu yang Efektif yang Dapat Mengubah Hidup Kamu!

13 Mar 2019

Banyaknya kegiatan menyulitkan kamu dalam membagi waktu. Apalagi untuk kamu yang kelewat aktif, yang dalam 1x24 jam hanya berkutat dengan aktivitasmu. Setiap kegiatan menarik pasti kamu ikutin, mulai dari bimbel, sekolah, ekskul, pramuka, OSIS, les berenang, olahraga, ngerjain tugas segala macam deh.

Hal tersebut menyebabkan kamu jadi susah banget ngatur waktu, ya ‘kan? Apalagi kalau sampai prestasi akademikmu menurun. Butuh langkah-langkah yang tepat untuk mengatur waktu dengan efektif nih. Bagaimana caranya?

Yuk simak ke-6 cara berikut ini!

 

1. Membuat Jadwal Harian

Step ini penting banget harus kamu lakukan dalam mengatur waktu nih. Kamu bisa buat jadwal harian kamu di buku harian, notepad di laptop, atau di smartphone kamu. Kamu juga bisa susun jadwal-jadwal kamu di sticky notes berwarna agar kamu lebih semangat menjalaninya. 

Kalau kamu membuat jadwal dalam bentuk tulisan atau gambar, akan meminimalisir kamu untuk lupa. Jadi kamu akan ingat terus deh!

 

2. Hindari Multi-Tasking

Aktivitas kamu memang banyak, tapi sebisa mungkin hindari multi-tasking ya! Cara membagi waktu yang baik nggak harus mengerjakan kegiatan dalam satu waktu sekaligus. Malahan jadwal kamu jadi berantakan nantinya dan nggak terselesaikan semuanya.

So, multi-tasking nggak disarankan dalam mengatur waktu dengan baik ya!

 

3. Tentukan Prioritas Kamu

Menentukan priotitas itu penting. Kamu jadi tau apa yang harus cepat-cepat kamu kerjakan, kegiatan mana yang harus segera kamu lakukan, kegiatan apa yang harus kamu tunda dulu, dan mana yang nggak penting-penting banget.

Kalau kamu sudah tau apa prioritas kamu, jadwal kamu akan lebih tertata. Kamu nggak akan kelabakan lagi kalau memiliki kegiatan yang banyak seharian.

 

4. Don’t be a Procrastinator

Jangan menjadi procrastinator ya! Alias jangan suka menunda-nunda sesuatu. Kalau kamu sering menunda-nunda apa yang harus kamu selesaikan, jadwal kamu akan menjadi kacau dan berantakan nantinya.

Memang jika menunda hanya sekali nggak akan kelihatan efeknya dan potensi jadwalmu berantakan itu sedikit. Tapi kalau sudah menjadi kebiasaan? Yang niat awalnya cuma sekali malah jadi berkali-kali deh.

 

5. Disiplin

Dalam mengatur waktu, kamu diwajibkan untuk disiplin. Disiplin dalam artian kalau jadwalmu hari ini untuk mengerjakan tugas, kamu harus mengerjakan tugas tersebut. Jangan kamu gunakan waktunya untuk main bersama teman-teman.

Kamu harus belajar bilang “tidak” ya! Kalau kamu cheating dalam menggunakan waktu kamu, sayang banget kan? Waktu kamu jadi kebuang untuk hal-hal yang nggak terlalu penting.

 

6. Manfaatkan Waktu Luang Semaksimal Mungkin

Kamu harus banget memanfaatkan waktu luang kamu. Saat akhir pekan misalnya. Gunakan waktu liburan kamu untuk hal-hal yang lebih santai seperti main dengan teman-teman, berdiskusi ringan, kumpul bersama keluarga.

Manfaatkan waktu luangmu semaksimal mungkin. Kalau bisa lepaskan segala hal yang membuat kamu stress. Kamu bisa melanjutkan segala kegiatanmu saat weekday nanti.

 

Itulah ke-6 cara bagaimana mengatur waktu yang baik. Semoga cara-cara ini dapat membantu kamu dalam mengatur waktu ya! Selamat membaca!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dwi Andika Pratama

 

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019