ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

6 Keuntungan Membaca Saat Dijadikan Kegiatan Utama

Published at 29 Dec 2018 12:35

Sebagai kegiatan yang memberikan dampak positif, sudah sepatutnya membaca menjadi kebiasaan yang harus dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, dari berbagai sumber menyatakan bahwa minat baca masyarakat Indonesia masih rendah. Duh!

Rata-rata masyarakat Indonesia hanya membaca buku tiga hingga empat kali per minggu dengan durasi kurang dari 1 jam. Selain itu, setiap tahun hanya membaca sekitar lima hingga sembilan buku. Nah, kamu berapa?

Sebagai generasi millennials yang selalu update, kamu mestinya bisa terlibat di dunia literasi yang mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Cara sederhana yang bisa kamu lalukan adalah membaca buku sebanyak-banyaknya. Sebab membaca cara mengetahui dunia dan menulis adalah cara dunia mengetahui kita.

Nah, di bawah ini adalah keutungan yang bisa kamu dapatkan dengan sering membaca buku. Yuk disimak!

 

1. Menambah Pengetahuan Dan Wawasan

Keuntungan yang satu ini akan kamu dapatkan ketika membaca menjadi aktivitas utama kamu. Saat wawasanmu bertambah kamu bisa lebih banyak berinteraksi dari berbagai kalangan. Awalnya berat untuk membaca, tapi kalau dibiasakan akan ketagihan karena merasakan kenikmatan tiada tara.

 

2. Menambah Kosakata

Semakin sering kamu membaca, maka semakin banyak pula perbendaharaan kata yang kamu miliki dan ketahui. Terlebih lagiterdapat kosakata yang juga memiliki banyak padanan katanya. Hal tersebut nggak terlepas dari peran bahasa yang semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Biasanya, orang yang sering membaca akan semakin banyak memiliki perbendaharaan kata sehingga mencerminkan dirinya sebagai sosok yang terus belajar. Jadi, kamu harus banyak membaca untuk memperkaya kosakata yang kamu miliki ya.

 

3. Meningkatkan Kualitas Memori

Keuntungan yang ketiga dari kegiatan membaca ialah kamu bisa meningkatkan kualitas memori kamu. Beberapa riset membuktikan kalau membaca meningkatkan memori kamu, alias mencegah pikun.

Dengan membaca, otak kamu dilatih untuk menerima berbagai informasi dan mengingatnya. Selain itu, membaca juga dapat meningkatkan konsentrasi.

Jadi, dibandingkan kamu menghabiskan waktu untuk menonton televisi, bermain, dan sebagainya, lebih baik kamu mulai membiasakan diri untuk membaca berbagai buku, apalagi membaca buku yang kamu senangi.

 

4. Melatih Berpikir Kritis

Membaca ternyata bisa membuatmu berpikir untuk kritis lho. Semakin banyak dan sering kamu membaca, kamu akan dilatih untuk berpikir terhadap sesuatu.

Selain itu, kamu dilatih untuk dapat menganalisis permasalahan yang ada di dalam buku yang kamu baca dan dilatih untuk dapat memecahkan persoalan yang ada.

Semakin kamu berpikir kritis, maka kamu akan semakin peka terhadap berbagai persoalan yang ada di sekeliling kamu.

 

5. Memiliki Teman Diskusi

Sebagai makhluk yang bersosialisasi, kegiatan membaca juga dapat membuat kamu bisa memiliki banyak teman.

Kamu bisa saling berdiskusi atau bertukar pikiran dengan teman terhadap informasi-informasi yang sudah kamu dapatkan dari kegiatan membaca. Memiliki teman diskusi juga melatih kamu untuk memiliki pandangan yang luas terhadap berbagai hal.

 

6. Terlihat Keren

Siapa sih yang nggak mau terlihat keren? Pastinya kamu mau dong? Iya ‘kan? Nah, keuntungan yang kamu dapatkan karena sering membaca buku ialah dapat membuat kamu terlihat keren.

Kok bisa? Pasti bisa karena kamu sudah memiliki bekal pengetahuan yang banyak di otak kamu sehingga kamu nyambung ketika diajak ngobrol dengan orang lain. Orang lain akan mengagumi kamu sebagai sosok yang suka membaca sehingga pastinya ia nggak akan segan untuk mengajak kamu ngobrol lagi, hehehe.

Itulah 6 keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan membaca. Gimana? Mau dong mendapat semua keuntungan itu? Yup! Jawabannya adalah dengan membaca.

Semoga dengan membaca kamu juga bisa menularkan kebaikan ini kepada orang-orang disekitar kamu sehingga banyak orang yang juga beruntung seperti kamu. ☺  


Penulis: Najmi Laily Barus
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article