ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Hati-hati… 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Menjadi Orang Yang Tangguh!

Published at 13 Aug 2019 10:39

Kadang, kamu selalu merasa kalau kamu orang yang lemah dan bermental tempe. Istilahnya kalau kena angin langsung terbang, hehehe. Bisa dibilang… kamu juga nggak suka sendirian, kamu selalu butuh didampingi, dan nggak berani menghadapi dunia.

Hmm, tapi ada kalanya kamu harus berubah menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh dong Kawan ENS! Kamu nggak bisa terus-terusan mengandalkan orang lain. Karena akan ada saatnya kamu benar-benar sendirian dan nggak ada orang yang bisa memahami kamu.

Mendingan, belajar menjadi orang yang tangguh dengan cara-cara berikut ini yuk!

1. Jangan Mengeluh

Sebagian orang nggak bakalan nyaman sama orang yang suka ngeluh lho Kawan ENS. Orang yang suka ngeluh bakalan keliatan lemah banget. Nggak mau kan dibilang lemah?

Nah kamu harus berhenti mengeluh nih mulai dari sekarang… kamu harus coba menghadapi semua hal yang nggak kamu suka dengan lapang dada. Percaya aja kalau semuanya itu yang terbaik buat kamu dan pasti ada hikmahnya.

 

2. Stop Membesar-besarkan Hal Kecil

Karena udah dewasa, nggak usah lagi deh membesar-besarkan hal kecil. Kalau kamu kayak gitu, kamu bakalan terlihat seperti anak kecil yang lagi merengek. Hal ini bukannya bikin kamu terlihat tangguh malah terlihat lemah Kawan ENS!

Orang yang lemah itu bakalan mempermasalahin hal-hal yang sepele. Misalnya, marah yang nggak terkendali karena nggak dibeliin barang yang kamu mau. Nah karena kamu pastinya udah dewasa, jadi mendingan stop deh membesar-besarkan hal kecil!

 

3. Berhenti Mencari Pembelaan dari Orang Lain

Jangan selalu menganggap diri kamu benar dengan mencari pembelaan dari temen dekat atau saudara kamu ya Kawan ENS! Kamu harus ngilangin sifat kekanakanmu itu kalau kamu mau terlihat tangguh.

Kamu pasti tau kan kalau hidup itu nggak selamanya selalu benar, pasti ada benar dan salah. Perlu diinget juga nih, kalau salah dan benar itu relatif, tergantung dari persepsi individu masing-masing. Lebih baik kamu belajar menerima pendapat orang lain tentang kamu.

 

4. Stop Bergantung dengan Orang Lain

Emang sih kita itu makhluk sosial yang pasti butuh bantuan dari orang lain, tapi yang sewajarnya aja Kawan ENS! Jangan sampe kamu menggantungkan hidup kamu di hidup orang lain. Toh semua orang punya porsinya masing-masing, punya bagian apa yang harus mereka lakuin juga. Hidup mereka nggak cuma tentang kamu dan harusnya kamupun begitu.

Jadi mulailah belajar mandiri dan percaya pada diri kamu kalau kamu bisa kok sendiri!

 

5. Jangan Ikut-ikutan Teman

Ini nih yang sering terjadi. Kamu sering banget ikut-ikutan temen. Temen kamu nggak masuk kamu nggak masuk, temen kamu nggak makan kamu ikut nggak makan, kalau temen kamu nyebur kamu mau nyebur juga nggak?

Kadang hal kayak gini yang bikin kamu jadi kelihatan lemah di depan orang lain. Karena ikut-ikutan temen, kamu jadi kayak nggak punya pendirian lho… hmm gimana mau jadi pribadi yang tangguh kalau kamu masih terpaku sama temen-temen kamu?

 

Udah pada siap jadi pribadi yang tangguh belum? Kalau udah, langsung praktekin cara-cara tersebut ya!

Jangan lupa untuk share ke temen-temen kamu agar lebih bermanfaat, semoga membantu! 😊

 

Penulis: Sarah Farhana

Related Article