ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

6 Tips Sukses Menghadapi Ujian Akhir

Published at 19 Dec 2018 15:41

Nggak terasa sebentar lagi kamu akan memasuki ujian akhir. Ujian akhir adalah saat di mana kamu harus mengerahkan kemampuan kamu semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang memuaskan setelah memahami berbagai materi pelajaran yang diajarkan di sekolah. Akan tetapi, biasanya momen ujian akhir menjadi momen di mana kamu merasa takut untuk menghadapinya. Takut nggak bisa menjawab soal menjadi salah satu hal yang terus menghantui kamu.

Meskipun begitu, nggak mau kan usaha dan kerja keras kamu belajar selama ini sia-sia? Nah, di bawah ini adalah 6 cara yang bisa kamu lakukan agar sukses menghadapi ujian akhir tanpa ada rasa takut.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menghindari Panik Saat Ujian!

 

1. Membaca

(image:unsplash.com)

Membaca adalah kunci terhadap berbagai informasi yang ingin kamu dapatkan. Membaca adalah gudangnya ilmu pengetahuan. Membaca membantu kamu untuk memperoleh wawasan yang luas. Apalagi kamu membaca berbagai referensi buku pelajar. So, apabila kamu ingin sukses mengahadapi ujian, cara yang pertama ini wajib untuk kamu lakukan!

 

2. Membuat Mind Mappping

(image:thethinkingbusiness.com)

Materi yang banyak seringkali membuat kamu kesulitan dalam membaca dan memahaminya, bukan? Tapi, tips yang kedua ini bisa banget membantu kamu untuk mudah memahami dan mendapatkan informasi utama dari apa yang sudah kamu baca.

Kamu bisa melakukannya dengan membuat bagan-bagan dan menuliskan poin-poin utama dari materi yang kamu baca di kertas polos. Mudah, bukan?

 

3. Banyak Berlatih

(image:unsplash.com)

Ujian akhir segala pertanyaan yang harus kamu jawab dengan tepat. Jadi, setelah kamu membaca, jangan lupa untuk berlatih, ya! Kerjakanlah berbagai soal terkait dengan materi yang sudah kamu pelajari. Dengan mengerjakan berbagai soal, kamu bisa memprediksikan soal-soal apa yang akan kamu terima ketika ujian akhir nanti. Ingat, berlatih membuat kamu terlatih. Jadi, semangat berlatih!

Baca juga: Lakukan 5 Strategi Ini, Kamu Bakal Jadi Orang Pertama yang Mengumpulkan Lembar Jawaban!

 

4. Restu Orangtua

(image:hellosehat.com)

Yup! Yang nggak boleh kamu lewatkan ialah meminta restu orangtua. Mendapatkan restu mereka adalah sesuatu yang penting di dalam setiap langkah perjalanan yang kamu tempuh.

Bagaimanapun juga, berkat restu mereka, kamu sudah berada sampai di tahap sekarang. Jadi, jangan lupa meminta restu mereka agar hal yang akan kamu lewati berhasil.

 

5. Beribadah dan Berdoa

(image:unsplash.com)

Sebagai seorang manusia, selain berusaha kamu juga harus beribadah dan berdoa. Lakukan ibadah dan berdoalah kepada Tuhan agar kamu diberi kemudahan dalam melaksanakan ujian akhir.

Seberapa besar kamu berusaha, hasil akhir ada di tangan-Nya. Jadi, jangan lelah untuk beribadah dan berdoa, ya! Dengan melaksanakan ini, kamu sudah menyandarkan segala hasil kamu kepada Dia Yang Mahakuasa.

 

6. Percaya Diri

(image:unsplash.com)

Setelah semua sudah dilakukan, kamu harus percaya dengan kemampuan diri kamu bahwa kamu bisa melaksanakan ujian akhir dengan baik. kamu pantas mendapatkan yang terbaik!

 

Di atas adalah cara agar kamu bisa melaksanakan ujian akhir dengan baik. Jadi, sekarang jangan takut lagi ya untuk menghadapi ujian akhir ya ☺

Semangat!

 

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article