ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

6 Trik Hemat Untuk Anak Kos!

Published at 10 Dec 2018 15:00

Sebagai anak kos yang katanya harus mandiri dan mesti bisa mengerjakan berbagai hal sendiri, termasuk soal keuangan. Ketika memutuskan untuk jadi anak kos berarti kamu harus bisa dengan cermat mengatur keuangan kamu sendiri, iya ‘kan?

Sebagai anak muda yang sudah di-claim mandiri, kamu harus bisa sesekali membeli sesuatu yang kamu inginkan dengan tabungan kamu sendiri. Lagi pula malu dong kalau harus terus-terusan minta sama orangtua.

Kamu perlu 6 trik ini, agar kamu bisa berhemat dan sukses mengumpulkan uang.

 

1. Cari Tempat Kos yang Strategis

(image:mamikos.com)

Lokasi kos kamu dapat mempengaruhi pengeluaran kamu lho. Kamu harus cari tempat kos yang strategis atau dekat dengan kampus, agar kamu nggak perlu lagi mengeluarkan ongkos untuk ke kampus.

Tempat kos yang sedikit lebih mahal tapi dekat dengan kampus, itu lebih baik daripada tempat kos murah tapi jauh dari kampus. Selain kamu bisa menghemat ongkos, kamu juga jadi bisa menghemat tenaga dan waktu.

 

2. Bawa Uang Cash Sekucupnya ke Kampus

(image:bacaterus.com)

Kalau kamu ingin uang bulanan kamu masih tersimpan banyak sampai di akhir bulan, kamu harus membiasakaan diri membawa uang cash secukupnya. Ya, walaupun uang kamu di ATM masih banyak. Tapi membawa uang cash terlalu banyak di dompet akan membuat kamu tergoda untuk menghabiskanya, tergoda untuk beli segala macam yang kamu liat karena merasa masih ada uang!

 

3. Cari Hiburan Murah

(image:casciscus.com)

Mau berhemat bukan berarti nggak boleh refresing di waktu weekend. Tapi jangan coba-coba untuk menghabiskan waktu weekend dengan nongkrong di mall, bukan hemat yang akan kamu dapat tapi kamu akan kebobolan. Karena itu cobalah cari hiburan yang murmer alias murah meriah, seperti nobar (nonton bareng) di kosan, cemal-cemil sambil curhat atau kegiatan apapun yang kamu suka yang bisa kamu lakukan di kosan bareng teman-teman kamu.

 

4. Diet

(image:raudiya.blogspot.com)

Ini cewe banget biasanya, dengan diet secara nggak langsung kamu melakukan upaya penghematan uang untuk membeli makanan dan jajan. Otomatis kamu jadi nggak mengeluarkan uang terlalu banyak untuk makan. Bonusnya adalah berat badan kamu turun, lebih sehat, dan penampilan lebih kece! Tapi, jangan sampai diet lebay yang nyiksa badan kamu sendiri ya! Nanti malah akan berpengaruh pada kesehatan kamu.

 

5. Bikin Kutipan Motivasi

(image:pertamakali.com)

Nggak ada salahnya kok kamu menghipnotis diri kamu sendiri dengan qoutes bijak, misalnya “HEMAT PANGKAL KAYA. AKU HEMAT DI SAYANG CALON MERTUA”, lalu kamu tempel di dinding kamar kosan kamu. Atau bisa juga kamu menempel foto tempat wisata, tempat-tempat keren yang ingin kamu kunjungi, agar kamu semakin semangat untuk menabung karena ada target yang ingin kamu capai.

 

6. Prioritaskan Kebutuhan Kamu

(image:vebma.com)

Bedakan mana yang menjadi keinginan dan kebutuhan, kalau bulan ini kamu punya banyak pengeluaran untuk tugas kuliah, kamu harus memprioritaskan kebutuhan tersebut. Tunda dulu kebutuhan lain yang kurang penting sampai bulan depan. Hidup sendirian apa lagi di kota besar, harus membuat kamu pintar-pintar menentukan prioritas pengeluaran.

 

Nah, itu 6 trik yang bisa kamu coba, agar bisa lebih hemat dan lebih cermat dalam mengatur pengeluaran bulanan kamu sebagai anak kos. Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article