7 Tips untuk Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

29 Jan 2019

Tidak ada orang yang bahagia jika di-cap "membosankan", and to be honest, hal itu sangat menggangu kualitas pertemanan. Padahal pertemanan merupakan sarana di mana kita bisa mengenal karakter orang satu sama lain. Tidak dipungkiri, memiliki banyak teman dapat membawa energi positif bagi hidup kamu dan membuat hari-hari kamu lebih berwarna.

Nah, untuk "memancing" orang agar bersedia menjadi teman kamu dengan tulus, kamu harus punya modal awal nih, guys. Penasaran apa aja modal awalnya? Siapin pulpen, kertas, dan jangan lupa kopi-mu ya. Keep In View!:

 

1. Selalu tersenyum :)

(image:unsplash.com)

Disini, senyum itu hukumnya WAJIB! Senyum yang kamu pancarkan dari wajah kamu menandakan bahwa kamu orang yang ramah dan baik dengan orang lain. Senyum juga menandakan bahwa kamu orang yang hangat dengan siapa pun sehingga tak jarang orang lain pun akan membalas senyum kamu.

Dijamin deh ketika suatu waktu kamu memberi senyum kepada orang lain, maka ketika kalian bertemu kembali orang itu pun akan memulai senyum kepada kamu juga. Karena sebaik-baik wajah yang gampang di kenang itu adalah wajah yang sedang tersenyum~

 

2. Ingat dan sapa orang

(image:wikihow.com)

Nah, yang ini penting untuk kamu lakukan, yaitu mengingat dan menyapa nama orang yang kamu ajak bicara. Ketika kamu bertemu dengan orang lain, kemudian menyebut namanya dan menyapanya, kamu dianggap sebagai orang yang perhatian dan pengingat yang baik lho. Hal tersebut memberi nilai plus tersendiri buat kamu di mata mereka..

Apalagi, kalau kamu menyapa orang lain terlebih dahulu, kamu dianggap sebagai orang yang ramah dengan siapa pun. Kalau sudah seperti itu, yakin deh banyak yang mau temenan sama kamu. jadi, kalau kamu ketemu sama teman yang kamu kenal, jangan pura-pura nggak lihat dan nggak mau nyapa ya, hehehe.

 

3. Sopan dan Ramah

(image:wikihow.com)

Di mana pun dan ke mana pun kamu pergi, kamu harus tetap sopan dan ramah! Entah sopan dan ramah dengan orang yang lebih muda, sebaya, maupun yang lebih tua, intinya kamu harus sopan dan ramah kepada siapa pun.

Nilai-nilai tersebut harus kamu tanamkan selalu di diri kamu ya. Nilai-nilai itu menunjukkan bahwa kamu memiliki kepribadian yang baik kepada semua orang tanpa mengenal usia. Senjata tertajam untuk menghadapi orang-orang adalah bersikap sopan~

 

4. Rendah hati

(image:uwstory.wordpress.com)

Kamu tahu kan kalau orang yang sombong itu tidak disukai oleh banyak orang dan cenderung dijauhi dalam lingkup pertemanan. Maka dari itu, kamu harus menjauhi sifat sombong dan beralih menjadi sosok yang rendah hati di hadapan siapa pun. Jangan pernah merasa bahwa diri kamu lebih baik, lebih hebat, maupun lebih tinggi dibandingkan dengan siapa pun.

Orang yang rendah hati akan terpancar aura keindahannya dari dalam dirinya karena itu yang membuatnya lebih bersinar. Kalau kamu sudah rendah hati, pasti banyak yang senang berteman dengan kamu karena kamu tidak pernah membandingkan dirimu dengan orang lain.

 

5. Jadi pendengar yang baik

(image:meramuda.com)

Kamu pernah jadi tempat curhat teman kamu? Kalau iya, tandanya kamu telah menjadi pendengar yang baik untuk dirinya. Kamu jadi orang yang dipilih untuk menjadi support system-nya terhadap segala langkah yang sedang ditempuhnya.

Mereka juga nggak akan sungkan untuk meminta kamu mendengarkan segala ceritanya yang lain di hari berikutnya karena kamu telah menjadi orang yang nyaman untuknya dalam berbagi cerita. Kalau sudah begini, selamat ya! Kamu jadi orang yang dipercaya ☺

 

6. Suka menolong

(image:bincangsyariah.com)

Kamu bisa menjadi pribadi yang menyenangkan kalau kamu sering menolong sesama. Namun, ingat ya bahwa apa yang kamu lakukan bukan semata-mata mengharapkan imbalan dari orang lain, melainkan murni karena keihklasan diri kamu sendiri untuk membantu. Kalau kamu baik dan suka menolong, orang lain pun suatu saat nggak akan menolak apabila sewaktu-waktu kamu membutuhkan pertolongan mereka. Bahkan, tanpa kamu mintai pertolongan pun mereka akan menawarkan diri langsung kepada kamu.

 

7. Humoris

(image:selipan.com)

ng yang humoris punya tempat tersendiri bagi orang lain. Keberadaannya mampu memberikan suasana kedekatan yang hangat dan akrab. Apalagi, keberadaanya juga membuat orang lain terhibur. Orang yang humoris adalah tipe orang yang supel dan menyenangkan bagi semua orang. Di point ini, kamu nggak diwajibkan kok untuk jadi pribadi yang humoris. Untuk kamu yang belum terbiasa, mungkin humor yang kamu keluarkan malah jadi "garing", hehe...

 

Nah, di atas adalah 7 tips agar kamu bisa menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain. Kalau kamu sudah berhasil menyenangkan orang lain, maka akan banyak orang lain juga yang akan menyenangkan diri kamu. Tetapi, satu hal yang harus selalu diingat, tetap jadi diri kamu sendiri ya dengan segala kebaikan-kebaikan yang kamu punya.

"Ingat bahwa isyarat pertemanan, tidak peduli seberapa kecil, selalu dihargai." - H. Jackson brown Jr

 

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Ayu Desra Y

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019