ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

3 Cara Memaksimalkan Potensi dalam Menguasai Mata Pelajaran Favorit

Published at 04 Mar 2019 10:50

Kalau ditanya mata pelajaran apa yang menjadi favorit kamu, pastinya kamu udah bisa jawab dong, ya? Mata pelajaran apa pun yang kamu senangi, kamu harus paham kalau hal yang mungkin kamu anggap sepele ini sesungguhnya adalah salah satu langkah penting dalam menentukan masa depan kamu, lho! How so?

Ketika kamu memperoleh nilai tinggi di mata pelajaran tertentu, pasti teman-temanmu sering berkonsultasi dan meminta bantuan kamu dalam mengerjakan tugas-tugas dalam mata pelajaran tersebut, dong? Dan teman-temanmu tahu kalau bidang itu adalah bidang yang “kamu banget”, artinya kamu sudah mulai mengetahui dimana letak kemampuan dan potensi seperti apa yang bisa kamu kembangkan.

Mungkin, ekspektasinya seperti ini, kamu pasti akan merasa kalau mata pelajaran favorit kamu itu bisa menjadi pilihan jurusan bahkan jalan karir yang nantinya ingin kamu tempuh, iya nggak?

Nah, makanya kalau kamu sudah mengetahui mata pelajaran apa yang menjadi favoritmu dan sangat termotivasi untuk memperdalam pengetahuan dan mengasah potensi yang kamu punya dalam bidang tersebut dari sekarang, kamu bisa coba ikuti langkah-langkah ini!

 

(image: google.com)

 

1. Minta Umpan Balik dari Guru Kamu Secara Personal

Jangan merasa puas begitu saja ketika mendapatkan nilai ulangan bagus. Pencapaian akademik yang bagus bukan berarti kamu sudah berhasil mencapai ujung perjuangan kamu. Malahan ini baru titik permulaan kamu dalam jalan panjang menuju kesuksesan.

Ada baiknya kamu mencoba untuk meminta umpan balik yang lebih berfaedah dari sekedar angka-angka di atas kertas. Guru kamu pasti akan dengan senang hati memberikan sudut pandangnya terhadap kamu yang memiliki ketertarikan yang mendalam dalam mata pelajaran tersebut.

Gurumu nggak akan ragu untuk berbagi saran dan masukan tertentu mengenai apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengembangkan diri, karena gurumu pastinya sudah memahami kelebihan dan kelemahan kamu selama mengikuti kelasnya.

 

2. Ikut Ekstrakurikuler atau Kegiatan Lain yang Berkaitan dengan Mata Pelajaran Tersebut

Percaya deh, yang namanya ekskul itu berfaedah banget untuk mengasah soft skill dan membantu kamu dalam mencari tahu minat, bakat dan potensi kamu yang terpendam. Makanya, jangan sampai nyesel gara-gara kamu menyia-nyiakan masa sekolah dengan nggak aktif mengikuti kegiatan ekskul sama sekali!

Ekskul di sekolah kamu nggak ada yang berhubungan dengan mata pelajaran favorit kamu? Nggak masalah! Di luar sana, banyak banget channel yang bisa kamu manfaatkan untuk menyalurkan hobi dan potensi kamu, seperti kursus, perlombaan, komunitas pelajar, sampai forum media sosial yang dibentuk atas dasar minat yang sama. Jadi, jangan takut kalau sampai nggak ada teman untuk berbagi.

 

3. Jadilah “Ahli” dalam Topik Tertentu

Apa pun mata pelajaran yang kamu senangi, pasti kamu memiliki ketertarikan khusus dalam suatu topik tertentu. Ketika kamu ingin menjadi ahli dalam bidang topik tersebut, tentu kamu harus bisa mendalami pembahasannya secara mendalam.

Baca buku pelajaran dan mengerjakan PR aja nggak cukup untuk mempelajari secara mendetail. Kamu harus aktif mencari ilmu-ilmu lain di luar ranah akademik seperti berita terkini yang relevan sampai forum diskusi mengenai topik spesifik yang menarik minat kamu. Apalagi dengan bertukar pikiran dapat menambah wawasan kamu dari berbagai sudut pandang yang objektif.

Baca juga: Gak suka dengan mata pelajaran tertentu? Ini cara menghadapinya!

 

Kepandaian kamu dalam suatu mata pelajaran memang sering kali dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa oleh teman-teman kamu.

Tapi, jangan sekali-kali gunakan keahlian kamu dan pengetahuan yang kamu punya untuk ajang pamer, ya. lebih baik kamu berbagi ilmu yang kamu miliki yang nantinya akan bermanfaat buat orang lain, hehehe.

 

Penulis: Anggun Widaningsih

Editor: Sarah Farhana

Related Article