ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

5 Tips Ini Membantu Kamu Terhindar DO dari PKN STAN!

Published at 10 Nov 2018 17:16

Ancaman bagi mahasiswa PKN STAN yang nggak bisa taat peraturan adalah DO alias Drop Out, tanpa ampun. Ngeri banget ya dengernya? Tapi buat kamu calon mahasiswa PKN STAN nggak perlu takut. Karena ada beberapa alasan, kenapa sampai bisa kena DO.

DO itu sangat bisa dihindari kok, yang utama adalah kamu harus jadi mahasiswa yang rajin dan berperilaku baik. Selain itu juga ada beberapa tips yang bisa kamu coba buat ngebantu kamu terhindar dari DO di PKN STAN.

 

1. Jangan Malas Buat Jadi Pintar

 

Hal paling mendasar yang bisa bikin kamu terhindar dari DO adalah kamu harus bisa mendapatkan IP di atas standar. IP kamu di semester Ganjil nggak boleh di bawah 2,40 dan IPK saat semester Genap minimal 2,75. Belum lagi, nggak boleh ada nilai D di mata kuliah utama. Jadi, meskipun semua nilai yang lain A, kalau ada satu nilai D tetep DO.

 

2. Hindari Bolos

 

Satu semester ada 16 kali peretemuan. Syarat untuk bisa ikut ujian adalah minimal 80% kehadiran atau sekitar 13 kali. Nah, biasanya ada mahasiswa yang mengambil jatah bolos. Tapi lebih baik jangan kamu tiru ya! Kalau suatu hari kamu sakit atau ada keperluan lain, gimana? Sedangkan jatah bolos udah kamu ambil. Karena ada paradigma di kampus PKN STAN, kalau kamu sengaja bolos tanpa keterangan, kamu nggak akan mendapatkan nilai A di mata kuliah tersebut.

 

3. Jangan Telat

 

Jangan biasakan kamu telat masuk kelas, kalau nggak mau ditandai karena ada beberapa dosen yang lebih sensi sama mahasiswa yang telat daripada yang nggak masuk kelas.

 

4. Aktif di Kelas Dan Kerjakan Tugas Dengan Baik

 

Sering sering bertanya dan acungkan tangan di dalam kelas agar kamu terlihat aktif dan berpartisipasi dalam pembelajaran di kelas, jadi dosen juga bisa lebih kenal kamu. Hal ini bisa nambah nilai kamu kalau nilai akhirnya mepet-mepet banget.

Dan kamu harus bisa mengerjakan tugas dengan baik, jangan cuman asal copy-paste aja.

 

5. Jangan Mencontek Saat Ujian

 

Ketauan nyontek saat ujian, hukumannya langsung Drop Out. Termasuk kalau ujiannya berupa paper/makalah jangan melakukan plagiarisme karena dosen-dosen di PKN STAN udah banyak yang pake plagiarisme checker. Jadi jangan sekali-kali mencoba ya. PKN STAN itu sangat menjunjung tinggi kejujuran.

 

itu 5 tips yang bisa membantu kamu terhindar dari Drop Out di PKN STAN, sederhana kan? Semoga bermanfaat ya!   

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article