Blog

ENS INFO

Ada 6 Jenis Sifat (Kecederungan) Manusia. Kamu Termasuk yang Mana?

Published at 24 Nov 2018 15:00

Setiap manusia memiliki bakat dan minat. Tentunya kedua itu berbeda pada setiap orang. Kamu dan temanmu pasti punya bakat dan minat yang berbeda. Karena bakat merupakan sifat dasar bawaan yang dibawa sejak lahir, sedangkan minat merupakan dorongan yang kuat dalam diri seseorang untuk melakukan suatu hal yang dikendakinya atau diinginkannya.

Minat emang nggak selalu identik dengan bakat tapi minat dan bakat ini bisa saling berkaitan, karena minat merupakan faktor utama yang dapat mengarahkan dan mengembangkan bakat bawaan yang kamu punya.

Ada sifat yang dipengaruhi oleh minat kamu dalam keseharian. Tak banyak orang menyadari ini. Penting untuk diketahui agar kamu bisa mengontrol diri dari 6 sifat kecenderungan ini.

Yuk disimak, biar kamu tau apa sifat kecenderungan kamu?

 

1. Realistic

Orang yang realistis bisanya orang yang praktis dan konkret. Suka menangani masalah melalui tindakan-tindakan nyata dari analisis dengan teori-teori, selain itu juga lebih cocok dengan kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik, tidak cocok di bidang seni dan cocok untuk bekerja di bidang teknik dan keuangan.

 

2. Investigative

Orang yang investigative sangat analitis dan rasional. Berlawanan dengan realistis yang lebih suka hal-hal konkret, orang investigative lebih suka dengan hal-hal yang abstrak. Bisanya sangat teoritis dan pemikir, contohnya senang baca buku dan mudah untuk memahaminya.

 

3. Artistic

Orang yang artistik adalah orang yang kreatif dan inovatif. Suka dengan kebebasan berekspresi. Biasanya cocok dengan kegiatan di bidang seni.

 

4. Social

Orang dengan sosial biasanya terlihat perhatian, penolong, dan senang membantu orang lain. Lebih mementingkan orang lain dan suka berinteraksi. Cocok dengan pekerjaan sosial, seperti perawat atau psikolog.

 

5. Enterprising

Orang yang berminat dalam hal enterprising sering menggunakan kemampuan verbal untuk memimpin, mengarahkan, dan mempersuasi orang lain. Biasanya cocok pada bidang banker, pengusaha, manager dan lain sebagainya.

 

6. Conventional

Orang yang conventional biasanya orang yang super rapih, teratur, berorientasi pada hal-hal detail dan lebih suka dengan hal-hal yang tertata dan tertarik pada data-data. Sangat cocok pada bisang akuntan, ahli statistik, administrasi, dan lain sebagainya.

 

Gimana udah tau kamu termasuk yang mana?

Kalau udah, pasti kamu akan semakin menyadari mengenai “apa yang kamu suka dan mampu kamu lakukan”.

Jadi kamu udah mulai bisa mengembangkan minat dan bakat kamu, serta akan menjadi lebih jelas pendidikan maupun pekerjaan apa yang nantinya akan kamu tekuni.

Tentunya semua itu disertai dengan pemahaman tentang kekuatan dan kelemahannya, sehingga akan membantu kamu untuk menentukan pilihan yang tepat dan menyiapkan diri untuk masa depan kamu dari sekarang.

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article