ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Inilah 3 Faktor Seseorang Mengalami Social Anxiety Disorder, Apa Aja Sih?  

Published at 25 Mar 2019 16:39

Halo kawan ENS…

Dalam artikel sebelumnya, udah dibahas tentang Social Anxiety Disorder (SAD). Kamu pasti udah paham “Apa itu Social Anxiety Disorder”.

Tapi rasanya nggak lengkap kalau nggak membahas faktor-faktor apa aja yang dapat memicu Social Anxiety Disorder dalam diri seseorang.

Maka dari itu… kamu bisa mempelajari faktor-faktor pemicu Social Anxiety Disorder dengan membaca poin-poin berikut ini.

 

1. Keturunan/Gen Keluarga

 

(image source: gooogle)


Social Anxiety Disorder
dapat terjadi karena kamu memiliki gen kuat dari keluarga yang mengalami hal serupa.. Jadi, kalau kamu mengalami Social Anxiety Disorder karena dari gen keluarga, hal tersebut bisa kamu ketahui saat kamu masih kecil lho…

 

2. Lingkungan

 

(image source: google.com)


Nggak cuma dari gen aja nih…

Beberapa dari seseorang juga mengalami Social Anxiety Disorder (SAD) karena dari faktor lingkungan sosial. Biasanya mereka memiliki trauma yang disebabkan oleh teman-teman di lingkungan sosialnya. Trauma itu dapat terjadi karena mereka pernah di-bully atau pernah memiliki pengalaman yang memalukan di lingkungan mereka… misalnya pelecehan seksual.

 

3. Diri Sendiri

 

(image source: google.com)


Percaya nggak kalau Social Anxiety Disorder (SAD) itu bisa terjadi karena diri sendiri?

Penyebabnya ya karena mindset kamu… kamu selalu memikirkan hal-hal negatif tentang diri kamu. Kamu selalu berpikiran kalau diri kamu itu buruk di mata orang lain. Ujung-ujungnya kamu jadi kehilangan kepercayaan diri kamu. Kamu jadi insecure terus deh bawaannya...

 

Nah, itulah ke-3 faktor-faktor penyebab seseorang mengalami Social Anxiety Disorder… Perlu diingat ya! Social Anxiety Disorder (SAD) berbeda dengan sifat pemalu ataupun ansos (Anti Sosial) karena SAD itu ngaruh banget pada keselamatan seseorang lho!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article