Ada apa dengan Plagiarisme?

27 Mar 2019

Plagiarisme itu apa sih?
Mungkin dari kamu udah tau tentang plagiarisme, atau mungkin ada juga yang belum tau sama sekali arti dari plagiarisme.

Yuk kita pelajari…

Plagiarisme atau yang sering disebut sebagai plagiat, merupakan kegiatan menjiplak karya orang lain tanpa mencantumkan sumber pemiliknya dan yang lebih parah lagi kalau dia sampe ngaku-ngaku itu karyanya…

Plagiat itu termasuk ke dalam pelanggaran lho… bahkan bisa dibawa ke ranah hukum. 

Pasti kamu pernah punya teman yang suka menyontek deh, iya nggak?
Nah, menyontek itu sama aja kayak plagiat, sama-sama mencuri ide/karya orang lain.

Sebenernya, ada nih bahasa keren dari plagiarisme/plagiat, namanya “copypaste” kamu pasti udah nggak asing lagi kan sama kata itu. Istilah copypaste ini sering banget ditemuin di lingkungan kampus… kalau di lingkungan sekolah, gimana?

Kebiasaan plagiat ini udah membudaya banget, nggak sedikit juga kasus-kasus yang penyebabnya dari plagiat… contohnya nggak usah jauh-jauh deh, kamu pernah ‘kan denger lagu-lagu di Indonesia yang nadanya mirip banget sama lagu di luar negeri?                             

Biasanya plagiarisme ini terjadi kalau kamu lagi banyak tugas, terus terlalu malas untuk mikir, dan nggak mau berusaha. Pengennya simple aja, ujung-ujungnya plagiarisme yang jadi jalan keluarnya deh…

 

So, kalau kamu udah tau plagiarisme itu nggak baik dan terlarang, kamu harus hati-hati ya dalam membuat sesuatu. Pokoknya, sebelum kamu menciptakan sebuah karya, kamu harus telusuri dulu tuh keberadaannya, hehehe.

Kamu bisa coba nerapin prinsip ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi), karena itu nggak termasuk plagiarisme dan jauh berbeda dari plagiat.

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019