Apakah Kamu Perfeksionis? Yuk Cek 4 Tanda-Tandanya!

01 Apr 2019

Dalam melakukan apapun, orang yang memiliki kepribadian perfeksionis selalu ingin hasil yang perfect. Mereka ingin semua yang direncanain berjalan dengan semestinya…

Kamu pernah nggak, kalau kamu punya tugas kamu pengennya dapetin hasil yang sempurna? Wajar sih… berharap untuk menjadi yang terbaik adalah suatu hal yang bagus.

Tapi… kalau perasaan itu malah menghambat kamu untuk memulai pekerjaanmu, dan kamu nggak mau menerima kegagalan… itu berarti kamu udah termasuk orang yang perfeksionis tuh.

“gimana sih kak caranya biar aku tau?”

Coba perhatiin ke-4 tanda berikut ini yuk!

 

1. Nggak Percaya sama Orang Lain

 

(image source: google.com)


Biasanya, kalau kamu memiliki obsesi untuk menjadi perfect kamu nggak akan percaya sama orang lain. Meskipun orang tersebut ingin membantu tugas-tugas kamu, kamu selalu nyepelein kinerjanya dan tetep kekeh kalau hasilmu pasti lebih bagus dibanding dia yang mengerjakan.

Hati-hati lho… jangan gampang meng-underestimate orang lain, karena roda selalu berputar, hehehe.

 

2. Selalu Berekspektasi yang Nggak Realistis

 

(image source: google.com)


Punya keinginan boleh, karena semua orang berhak punya mimpi. Tapi… yang realistis aja dong keinginannya.

Jangan yang aneh-aneh kayak “aku mau kurus dalam satu hari" ya nggak gitu juga. Yang ada kamu nantinya jadi stress sendiri kalau selalu nentuin standar yang tinggi di dalam diri kamu. Kamu juga manusia kok, pasti ada batasannya.

 

3. Always Controlling People

 

(image source: google.com)

Maksudnya adalah, kamu selalu menganggap orang-orang harus berada di dalam jangkauanmu setiap hari agar mereka memberikan apa yang kamu inginkan.

Contohnya nggak jauh-jauh deh… kalau kamu lagi kerja kelompok, kamu tiba-tiba jadi pengawas dadakan yang selalu mengawasi proses kerja mereka 24 jam non-stop, tujuannya biar kelompokmu dinilai sempurna gitu deh sama guru dan temen-temen.

 

4. Menganggap Kalau Nilai itu Segalanya

 

(image source: google.com)


Coba deh kamu inget-inget, pernah nggak kamu lagi mau ngerjain tugas terus bingung nyari ide karena menurut kamu itu semua jelek dan akhirnya kamu stress sendiri karena takut dapet nilai jelek. Kalau kamu sering kayak gitu, berarti kamu termasuk orang yang perfeksionis tuh…

Nah, itulah tanda-tanda kalau kamu merupakan seseorang yang perfeksionis…

Gimana? Apa kamu termasuk ke dalam orang-orang yang perfeksionis? Tulis jawabanmu di kolom komentar yuk!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019