ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Ampuh! 4 Jurus jitu hadapi Teman yang Suka Nyontek

Published at 21 Jan 2019 16:56

Wah, udah mau UAS aja nih guys! Apa ada toxic yang menggangu konsentrasi kamu? So pasti ada dong ya. Hal yang paling menyebalkan ketika ujian adalah bertemu dengan teman yang hobi nyontek.  Waduh, ini termasuk toxic banget! Padahal kita udah susah payah belajar semalaman.

Toxic friend seperti ini harus banget kita hindari agar dia sadar kalau kebiasaannya ini sangat merugikan. Selain merugikan kamu yang dicontek, merugikan dia juga lho, kalau ketauan mencontek, bisa saja lembar jawaban si toxic ini langsung diambil guru, kan sedih. Coba deh agar suasana ujian tentram, yakinkan dirimu, kalau kamu bisa mengerjakan sendiri tanpa nyontek menyontek! Lalu mari kita sama-sama basmi toxic friend ini.. Nah agar kamu terhindar dengan toxic ini, yuk simak jurus jitu hadapi teman yang suka nyontek..

 

1. Pura-pura tidak dengar

Yups, si "dia" pasti kesal banget kalau kamu begitu! Salah satu yang membuat jera si tukang nyontek adalah dengan fokus mengerjakan ujian dan jangan dengarkan ketika dia memanggil kamu untuk meminta jawaban ujian dari kamu. Jika dia terus menerus meminta kamu untuk menoleh dan memberikan jawabanmu, kamu bisa menolak dan pura-pura tidak dengar. “hah berapa? Nggak ke dengeran” kamu bisa naikan sedikit volume suara mu, dan liat reaksi si penyontek. Hal ini juga bisa dijadikan kode agar guru pengawas tau aksi si "dia" ketika ujian. Pasti jera!

 

2. Duduk di Tempat Lain

Nyontek bisa jadi kebiasaan yang susah banget dihilangkan, oleh sebab itu kita harus menghindari si teman yang suka nyontek. Daripada terus ngedumel karena teman tidak bisa berubah, jadi kita bisa meminta guru untuk memindahkan kita ke tempat duduk yang lain, jauh dari si tukang nyontek. Untuk menjaga nama baik, kamu bisa datang sendiri ke ruang guru, lalu memohon untuk rolling tempat duduk, jadi bukan kamu doang yang pindah tempat duduk, teman satu kelas juga deh. Tempat duduk baru, pengalaman baru!

 

3. Minta Dia Buat Menghentikan Kebiasaannya

Hal yang paling jitu buat menegur teman yang suka nyontek saat ujian, atau buat tugas adalah kamu harus jujur sama dia kalau kamu tidak suka kalau dia menyontek dan dia harus menghentikan kebiasaan buruknya itu. Katakan padanya kalau kecurangan yang ia lakukan adalah perbuatan yang tidak baik. Orang yang nyontek sama dengan menipu dan merugikan orang lain.

 

4. Ajak Belajar Bersama

Nah Cara agar mencairkan suasana dari teguran point 3, kamu bisa mengajak dia untuk belajar bersama. Selain untuk memperbaiki suasana, hal ini bisa menambah keakraban kamu sama teman kamu lho! Kalau teman kamu paham, pasti sedikit demi sedikit kebiasaan menyonteknya akan hilang. Kamu bisa lakukan sharing materi pelajaran, memberikan masukan agar dia belajar lebih baik, membuat mind maps bersama, dan mengajak dia mengerjakan soal-soal bersama. Kalau damai gini kan jadi seneng liatnya..

 

Nah itu dia 4 cara jitu menghadapi teman yang hobi nyontek. Yang pasti jangan sampai teguran kamu itu membuat dia sakit hati ya.. Ajak dia untuk yakin dengan dirinya sendiri kalau dia mampu mengerjakan soal dengan hasil memuaskan tanpa contek menyontek. Yuk say no to Nyontek!

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor : Ayu Desra Y

Related Article