Blog

ENS TIPS

Gimana Cara Menjadi Mahasiswa Cum Laude? Yuk Cobain 7 Senjata Ampuh Yang Bisa Kamu Praktekin!

Published at 18 Jan 2019 16:11

Udah tau belum apa itu Cum laude? FYI, Cum laude berasal dari bahasa latin yang berarti dengan pujian. Cum laude adalah predikat yang diberikan pada ujian di perguruan tinggi yang meraih pencapaian akademik terbaik.

Lulus Cum laude merupakan cita-cita dan harapan semua mahasiswa baru. Bagaimana tidak?! Seperti merasakan kebahagiaan tersendiri ketika nama kamu dipanggil dengan bangga dan dinyatakan sebagai mahasiswa Cum laude, senang banget ya!

Tapi biasanya seiring mengikuti jalannya perkuliahan, hasrat untuk lulus Cum laude pun mulai pudar dan bukan lagi menjadi  tujuan utama, bahkan ada beberapa mahasiswa yang mulai berprinsip “yang penting lulus!” hehehe jangan dicontoh lho, ya!

Ingat ya, guys! Nilai perkuliahan bukan segalanya, jadi kamu nggak boleh menghalalkan segala cara untuk "menendang" nilai kamu setinggi mungkin. Dibalik itu, alangkah lebih bagus kalau kamu menanamkan niat untuk menggali ilmu dan wawasan lebih dalam di dunia perkuliahan. Tapi nggak ada salahnya kok kamu mengejar prestasi akademis kamu. Nah, ada cara-cara yang bisa kamu coba untuk bisa menjadi mahasiswa Cum laude. Yuk simak..

 

1. Memenuhi syarat Cum laude

Untuk menjadi mahasiswa Cum laude, tentunya kamu harus bisa memenuhi syarat Cum laude. Yang terpenting kamu harus memastikan kamu lulus semua mata kuliah, pantau nilai kamu agar bisa memenuhi target dan jangan sampai ada mata kuliah yang ngulang ya.

 

2. Syarat penilaian

Selain belajar dengan sungguh-sungguh dan berusaha menguasai ilmu dan skill yang dibutuhkan, kamu juga harus mengetahui syarat-syarat penilaiannya.

Misalnya, ada beberapa dosen yang menilai presentase nilai mata kuliah tertentu dipengaruhi oleh kehadiran penuh (tanpa absen), nilai kuis, dan pengumpulan tugas. Bisa aja, kan, nilai UTS dan UAS kamu mentereng tapi nilai kamu masih “B” karena kamu sering absen dan nggak ikut kuis di kelas, waduh sayang banget kan. Buat yang belum tahu nih, kuis adalah tes kecil yang biasanya diberikan dosen sewaktu-waktu, tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

3. Aktif di kelas

"Datang, Duduk, Diam" alias 3D adalah slogan yang harus banget kamu jauhi kalau kamu pengen jadi mahasiswa Cum laude. Menjawab pertanyaan yang diberikan dosen, bertanya, diskusi, sebenarnya bisa memberikan kamu point plus, lho. Jadi, kalau di kelas itu jangan malu-malu kucing tapi jangan asal bunyi juga lho ya!

 

4. Nongkrong di kantin

Apa hubungannya Cum laude dan nongkrong dikantin?!

Ingat! Kantin itu bukan cuman tempat untuk makan, nyemil dan haha-hihi aja ya. Di kantin, kamu bisa mengakrabkan diri dengan teman-teman dan para senior, bahkan alumni. Nah, ngobrol sama mereka juga bisa membuka wawasan kamu, dengan catatan topik pembicaraannya mengandung konten positif ya, guys! Hehe

Misalnya, kamu ngobrol tentang skill perkuliahan. Kadang mereka berbagi pengalaman dan ngasih tips-tips "tokcer" untuk menguasai materi kuliah. Kamu juga bisa tanya sama mereka, buku/bahan kuliah apa yang bisa jadi rekomendasi buat kamu, atau ada yang mau meminjamkan, kan asyik tuh gratis alias jadi bisa hemat! Hehe ^.^

 

5. Kejar poin ekstra

Biasanya ada beberapa dosen yang suka memberikan tugas yang bersifat “sunnah”. Maksudnya, tugas yang nggak wajib, kalau kamu mengerjakan dan hasilnya baik kamu akan dapat poin ekstra. Ini bisa kamu jadikan peluang untuk mendapatkan bonus nilai, juga kesempatan untuk mendapatkan ilmu lebih, tentunya.

 

6. Jangan hanya fokus di pelajaran yang sulit

Masalah ini yang buat kamu jadi "stuck" di titik itu aja dan juga menjadikan kamu gagal me-manage waktu kamu. Jangan sampai fokus kamu hanya dihabiskan untuk pelajaran yang sulit, sehingga di pelajaran lain kamu nggak begitu mementingkannya karena dianggap mudah. Ingat! Kamu harus memastikan bahwa semua mata kuliah itu penting dan harus kamu kuasai dengan nilai yang baik.

 

7. Upgrade wawasan dan update perkembangan berita

Kalau kamu bisa mengembangkan pelajaran yang kamu dapatkan di kelas dengan pengetahuan umum, kemajuan zaman dan teknologi, serta berbagai macam perkembangan berita. Dosen nggak akan segan untuk memberi nilai lebih, lho. Jadi kamu jangan cepat puas dengan penguasaan text book dan teori-teori dari bahan kuliah kamu aja ya.

Misalnya, kamu bisa coba cari contoh dari teori yang kamu baca, dan coba kaitkan dengan current issue. Kalau kamu bisa mempraktekkan hal ini di ujian dan essai, biasanya kamu akan mendapat nilai lebih. Wah, ternyata emang benar ya, usaha nggak akan mengkhianati hasil!

Itu lah, cara-cara yang bisa kamu coba kalau kamu berkeinginan untuk jadi mahasiswa Cum laude yang tentunya membuat bangga, nggak cuman diri kamu sendiri tapi juga orang tua kamu. "Ikhtiar menjalani, untung menyudahi", Setidaknya tulisan ini bakal bantu membakar semangat kamu untuk terus berusaha mendapatkan hasil terbaik di dunia perkuliahan.

 

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Ayu Desra Y

Related Article