ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

PKN STAN Sudah Ada MoU dengan LTMPT Tentang Nilai UTBK!

Published at 21 Dec 2020 12:05

Sabtu, 12 Desember 2020, LTMPT melaksanakan live streaming di channel YouTube LTMPT OFFICIAL. Live streaming tersebut membahas tentang “Sosialisasi Daring SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021.”

Dalam streaming tersebut, Prof. Budi P. Widyobroto selaku Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT mengatakan bahwa beberapa Lembaga Kementerian seperti Kementerian Keuangan dengan sekolah kedinasan PKN STAN, pendaftarnya harus memiliki nilai UTBK. 

Kemudian, pada Rabu, 16 Desember 2020 pagi ini, LTMPT Official kembali mengadakan live streaming Webinar di Zoom dan channel YouTube LTMPT OFFICIAL yang berjudul “Sosialisasi Daring SNMPTN-UTBK-SBMPTN 2021”.

Prof. Budi P. Widyobroto selaku Ketua Pelaksana LTMPT, kembali menjelaskan bahwa nilai UTBK digunakan oleh PTN, PTS, dan Sekolah Kedinasan itu tergantung dari hak masing-masing Perguruan Tinggi tersebut. Sedangkan yang sudah ada MoU dengan LTMPT adalah sekolah kedinasan PKN STAN.

Dalam live streaming tersebut, Prof. Budi P. Widyobroto menekankan kalau adik-adik yang ingin mendaftar ke PKN STAN harus memiliki nilai UTBK. 

Nah, untuk kamu yang ingin daftar ke PKN STAN, nilai UTBK yang akan digunakan yaitu TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA Soshum (Tes Kompetensi Akademik). Dari subtes-subtes yang dilakukan akan diekstrak yang sesuai dan digunakan untuk penilaian oleh PKN STAN. Perlu diingat juga kalau jumlah nilai dan lain-lain merupakan kewenangan dari PKN STAN. 

MATERI TPS DAN TKA SOSHUM YANG ADA DI UTBK 2021

  • Geografi
  • Sejarah
  • Sosiologi
  • Ekonomi 

KOMPONEN-KOMPONEN YANG ADA DI UTBK 2021!

  • Materi Tes: Terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).
  • Metode Tes: Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 
  • Kelompok Ujian: Saintek atau Soshum atau Campuran
  • Pelaksanaan Tes: Tes dilaksanakan dalam 2 gelombang. 14 hari dan 28 sesi (2 sesi setiap hari).
  • Hasil Tes: Setiap peserta akan diberikan hasil tes secara individu (lihat ketentuan di web resmi LTMPT).
  • Kesempatan Tes: Setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti tes 1 (satu) kali.

 

Q & A SEPUTAR PENDAFTARAN PKN STAN DENGAN NILAI UTBK!

Q: Min, pendaftaran PKN STAN dengan nilai UTBK itu valid nggak sih?

A: Sejauh ini, informasi tentang nilai UTBK menjadi persyaratan masuk STAN sudah dirilis oleh LTMPT Official, dan dikatakan sudah ada MoU antara PKN STAN dengan LTMPT. 

 

Q: Kalau sudah pernah diterima di SNMPTN masih bisa ikut UTBK dan mendaftar PKN STAN nggak Min?

A: Menurut jawaban dari Help Desk LTMPT, peserta yang sudah lolos SNMPTN tidak bisa mengikuti UTBK-SBMPTN 2021 dan mendaftar sekolah kedinasan yang terintegrasi dengan sistem LTMPT. Peraturan ini diberlakukan untuk peserta SNMPTN di tahun 2019, 2020, dan 2021. 

 

Q: Apakah peserta yang lolos PTN tapi bukan dengan jalur SNMPTN masih bisa mengikuti UTBK-SBMPTN?

A: Peserta lolos yang bukan berasal dari SNMPTN, masih bisa mengikuti UTBK-SBMPTN tahun 2021 tanpa mengundurkan diri dari kampus asalnya. 

 

Q: Min, kalau misalnya nilai UTBK nya pakai nilai TKA Soshum, apa kabar yang Saintek?

A: Untuk hal tersebut, peserta dari Saintek bisa mengikuti IPC atau Ilmu Pengetahuan Campuran. Saat ini LTMPT kembali membuka IPC, tapi kesempatan tesnya cuma satu kali. 

 

Q: Berarti nilai UTBK nya harus gede dong min kayak masuk PTN?

A: Untuk bobot penilaiannya nanti akan ditentukan oleh pihak PKN STAN ya gengs. Karena itu merupakan wewenang dari PKN STAN. 

 

Q: Min, kalau lulusan tahun 2020 UTBK nya kan cuma TPS, berarti harus ikut UTBK lagi dong di tahun 2021 untuk dapat TKA?

A: FYI nih gengs, kalau nilai UTBK itu hanya berlaku satu kali di tahun tesnya. Jadi, jika kalian ingin mendaftar di tahun 2021, harus mengikuti UTBK lagi ya!

 

So, prepare yourself and fighting ya gengs!

 

Penulis: Sarah Farhana

Source: LTMPT Official

Related Article