ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Belajar Bahasa Inggris Susah? Terapkan 5 Sikap ini Biar Nggak Gampang Nyerah

Published at 24 Oct 2018 15:38

Kamu termasuk orang yang suka atau nggak sama Bahasa Inggris? Sebagian orang Indonesia terutama pelajar dan mahasiswa Bahasa Inggris itu dianggap ‘menakutkan’. Banyak yang bilang susahlah, ribetlah, nggak ngertilah. Ya gimana mau ngerti kalau kamu udah takut duluan dan males buat serius belajar bahasa inggris.

Padahal Bahasa Inggris itu penting loh, dengan bisa Bahasa Inggris kamu bisa mendaftar beasiswa studi di luar negeri dan ikut program pertukaran pelajaran. Belum lagi kalau kamu udah memasuki dunia kerja yang berhubungan dengan Bahasa Inggris. Wah mesti bisa tuh!

Nah, untuk memudahkan kamu belajar Bahasa Inggris, kamu perlu menanamkan sikap ini saat belajar bahasa inggris. Apa saja?

 

1. Kesalahan adalah Hal yang Wajar

Kamu harus menyadari kalau belajar adalah proses dari nggak tau menjadi tau, dari nggak bisa menjadi bisa.

Jadi sangat wajar kalau kamu melakukan kesalahan saat proses belajar, dengan melakukan kesalahan kamu akan tahu mana yang benar. Dengan begitu kamu akan memperbaiki diri, sehingga kemampuan bahasa inggris kamu akan menjadi semakin baik lagi dari sebelumnya.

 

2. Sabar Menjalani Prosesnya

Faktor yang penting dalam belajar adalah menikmati prosesnya karena segala sesuatu pasti membutuhkan waktu, termasuk proses pembelajaran.

Mulai proses mendapatkan pemahaman, latihan, dan evaluasi yang kamu mesti lalui terlebih dulu untuk mendapatkan dapat hasilnya. Kalau kamu berharap bisa Bahasa Inggris dalam waktu semalam dengan hanya membaca itu artinya kamu sedang berkhayal, karena mustahil bisa terjadi.

 

3. Miliki Rasa Percaya Diri

Kalau kamu memiliki rasa percaya diri yang baik, pasti kamu nggak akan mudah menyerah saat menghadapi tantangan belajar yang kamu hadapi. Kamu yakin kalau kamu mampu menguasai Bahasa Inggris. Percayalah semua orang memiliki potensi menguasai keahlian, termasuk kamu. Namun tergantung kamu mau menggali sedalam apa potensi yang kamu punya itu.

 

4. Jangan Malu Bertanya

Saat mengalami kesulitan dalam proses belajar, jangan malu bertanya kepada orang yang lebih paham. agar kamu nggak membuang waktu banyak untuk menyelesaikan kesulitan itu. Kebanyakan orang nggak mau bernyata karena malu dan takut dianggap nggak mampu. Padahal kalau kamu bertanya ke orang yang tepat, kamu bisa mengembangkan kemampuan bahasa inggris kamu.

 

5. Selalu Berpikir Positif

Pikiran dan perasaan negatif tatkala muncul dan menurunkan semangat kamu dalam belajar Bahasa Inggris. Tapi kamu harus bisa mengendalikannya, karena hanya diri kamu yang mampu mengendalikan pikiran dan perasaan, bukan orang lain. Dan itulah yang menentukan sikap dan langkah apa yang kamu ambil dalam belajar bahasa inggris.

Baca juga: 5 Cara Ini Bikin Belajarmu Excited Terus

 

So, jangan pernah menyerah dalam melakukan sesuatu, tetap berpikir positif dan terus belajar berulang kali, dan terapkan 5 sikap ini dalam belajar Bahasa Inggris agar tak pantang menyerah. One thing to keep in mind “I can do it!”.

 

Penulis: Anggun Widaningsih
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article