ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Biar Nggak Gampang Nyerah, Kamu Harus Punya 5 Sikap Ini Saat Belajar Bahasa Inggris!

Published at 20 Sep 2018 15:38

Bagi sebagian orang di Indonesia, bahasa Inggris masih menjadi sosok yang mengerikan. Selain dianggap susah, masih banyak yang menganggap bahwa belajar bahasa inggris hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang pintar saja. Tapi sebetulnya semua pasti bisa kok asalkan ada keinginan untuk belajar. ini dia 5 sikap belajar yang harus kamu miliki saat kamu sedang belajar bahasa Inggris. Here we go!

 

1. Sadarilah Bahwa Kesalahan Adalah Hal Wajar

Banyak orang yang terhambat proses belajarnya karena mereka takut membuat kesalahan saat berbahasa Inggris. Baik itu kesalahan yang dibuat secara lisan maupun tertulis. Jika kamu termasuk orang yang takut membuat kesalahan saat belajar bahasa Inggris, sadarilah bahwa kesalahan yang muncul saat proses belajar sangatlah wajar. Bersahabatlah dengan kesalahan. Mengapa? Karena justru saat kita tahu bahwa kita membuat salah, maka secara otomatis kita juga tahu mana yang benar. Dengan mengetahui mana yang benar, maka kita akan memperbaiki diri sehingga bahasa Inggris kita akan menjadi semakin baik dari hari ke hari.

 

2. Milikilah Perasaan Percaya Diri

Siapapun kamu, di kota manapun kamu tinggal dan dilahirkan, kendaraan apapun yang kamu miliki, jenjang pendidikan apapun yang sudah kamu tuntaskan, percayalah bahwa Tuhan telah menciptakan kamu dalam bentuk dan potensi yang sebaik-baiknya. Percayalah dengan segala potensi yang Tuhan berikan ke dalam dirimu, termasuk potensi untuk mempelajari hal-hal baru seperti bahasa Inggris. Dengan memiliki perasaan percaya diri yang baik, proses belajar bahasa Inggrismu akan menjadi lebih menyenangkan. Kamu nggak akan mudah menyerah saat menghadapi tantangan belajar yang kamu temui. Kamu juga akan merasa yakin bahwa cepat atau lambat kamu akan bisa menguasai bahasa Inggris.

 

3. Bersabarlah Menjalani Proses

One thing to keep in mind: Nggak ada sesuatu yang instan. Ya, yakini bahwa semua hal yang ada di dunia ini membutuhkan waktu, apalagi sebuah proses pembelajaran. Kalau kamu berharap untuk bisa bahasa Inggris dalam waktu semalam dengan cara membaca buku-buku pembelajaran bahasa Inggris, maka kamu sedang bermimpi. Menikmati proses belajar menjadi faktor yang penting untuk tetap bersemangat dalam belajar bahasa Inggris.

Good things take time, right? Ada tahapan proses yang mau nggak mau memang harus kita lalui. Ada proses belajar, proses uji pemahaman, proses latihan, proses evaluasi, dan lain sebagainya. Sekali lagi, suka nggak suka atau mau nggak mau, proses ini harus dilalui. So, daripada harus membenci prosesnya, let's enjoy the ride!

 

4. Jagalah Pikiran Positif

Kita adalah satu-satunya orang yang bisa mengendalikan pikiran dan emosi yang ada di dalam diri kita. Pikiran akan menentukan sikap dan langkah kita dalam belajar. Namun, permasalahan yang muncul adalah biasanya ada saja pikiran-pikiran dan perasaan-perasaan negatif yang menggerogoti semangat belajar bahasa Inggris kita.

 

5. Janganlah Malu untuk Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan adalah peribahasa penuh makna yang sangat tepat kita gunakan dalam proses belajar. Mengapa demikian? Ya, karena dalam proses belajar bahasa Inggris, saya yakin bahwa kita akan menemui masalah. Misalnya ada kata yang nggak kita tahu artinya, ada tata bahasa yang masih kita ragu konteks penggunaannya, dan lain sebagainya.

Jika kita malu bertanya pada orang yang lebih tahu, tentu kita akan berkutat pada permasalahan itu dalam waktu yang lama. Kebanyakan orang malu saat harus bertanya karena takut jika mereka dianggap bodoh. Padahal, saya yakin dengan bertanya pada orang yang tepat, kita bisa semakin mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kita, loh. Milikilah mentor yang tepat.

 

 

 

Sumber:

https://www.hipwee.com/list/biar-nggak-gampang-nyerah-kamu-harus-punya-5-sikap-ini-saat-belajar-bahasa-inggris/

 

Related Article