ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Nggak Suka Belajar di Rumah karena Ruangan Berantakan? Inilah 5 Cara Sederhana Menata Ruang Belajar yang Nyaman di Rumahmu..

Published at 28 Jun 2019 17:22

Energi lingkungan yang kondusif sangat dibutuhkan saat belajar. Kenapa? Karena dengan lingkungan yang kondusif dapat membuat belajar kamu menjadi efektif. Tapi gimana kalau lingkungan belajar di rumah kamu nggak nyaman? Bisa jadi karena barang-barang yang nggak tertata dengan baik dan rapi.

Maka dari itu… yuk coba 5 cara berikut ini untuk menata ruang belajarmu agar lebih nyaman..

1. Optimalkan Pencahayaan

Pasti kamu udah tau dong rasanya belajar di tempat yang nggak terlalu terang alias remang-remang? Ya, mata kamu jadi sakit dan pusing. Pencahayaan yang baik dan pas dapat memengaruhi fokus dan konsentrasi kamu dalam belajar.

Usahakan untuk memasang lampu di atas dan arahkan ke posisi meja belajar kamu. Jangan lupa untuk sesuaikan tingkat kecahayaannya ya, nggak terlalu terang maupun terlalu gelap, jadi yang pas-pas aja biar nggak mengganggu mata kamu, hehehe.

 

2. Luaskan Pandangan Mata

“Apa sih maksudnya?” maksudnya adalah kamu harus coba untuk mengatur barang-barang yang ada di kamar seminimalis mungkin. Ubah posisi meja dan kursimu agar ruangan terlihat lebih luas sampai nggak mengganggu pandangan mata kamu.

Kalau ruangan kamu keliatan sempit, pasti bakalan mengganggu belajar kamu. Nantinya, materi yang kamu pelajari nggak akan masuk.

 

3. Bersihkan Ruang Belajar

Kalau ruang belajar kamu kotor, kamu nggak akan nyaman dan nggak fokus belajar. Ruangan pasti jadi sumpek dan nggak sehat, apalagi kalau ada bau-bau yang nggak sedap. Maka dari itu, wajib banget buat kamu ngebersihin ruang belajar, Kawan ENS!



4. Pilih Meja dan Kursi yang Sesuai dengan Postur Tubuh

Nah, dalam pemilihan meja dan kursi juga nggak boleh sembarangan nih Kawan ENS. Kamu bisa pilih meja dan kursi yang sesuai dengan porsi tubuh kamu. Jangan terlalu tinggi atau terlalu pendek, asal kamu duduknya nyaman dan nggak pegal nantinya, hehehe.


5. Ciptakan Sirkulasi Udara

Nah ini penting banget, kalau ruang belajar kamu memiliki sirkulasi udara yang baik, pasti kamu akan betah berlama-lama di ruang belajarmu. Kamu juga bisa tambahkan lilin aroma terapi agar lebih nyaman. Tapi… kalau udah nyaman, jangan sampai ketiduran lho saat belajar, hehehe. 

 

So, itulah ke-5 cara untuk membuat kamu jadi betah belajar di rumah, gimana Kawan ENS, sudahkah kamu menata tempat belajarmu?  ^_^

Share ya supaya banyak temanmu dapatin manfaat lebih dari artikel ini…

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

 

Related Article