ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Cek Varikokel Kamu Sebelum Daftar Sekolah Kedinasan!

Published at 08 Nov 2021 13:30

CEK VARIKOKEL SEBELUM DAFTAR SEKOLAH KEDINASAN!



image source: unsplash.com

 

Halo G-ENS! Apa kabar?

Tau nggak sih?

Varikokel menjadi topik pembahasan yang cukup serius lho, khususnya di kalangan pria apalagi yang ingin melaksanakan tes kesehatan pada seleksi TNI, AKMIL, AKPOL atau Sekolah Kedinasan seperti STIN, SSN, STMKG, STAN dan sekolah kedinasan lainnya.

Varikokel menjadi masalah yang serius karena merupakan salah satu persyaratan yang menentukan kelulusan peserta dalam seleksi yang diikuti. Jadi kalau kamu memiliki Varikokel bisa kemungkinan kamu akan gagal dalam tes kesehatan tersebut.

Tes Varikokel ini bertujuan untuk mengecek kondisi testis peserta apakah ada Varises pada pembuluh darah testis tersebut. Untuk prosesnya, peserta harus melepas seluruh celana mereka, lalu dokter akan mengecek apakah ada Varikokel pada testis mereka. 

Bukan hanya itu loh G-ENS cara saat pemeriksaan nanti. Ada 2 cara yaitu diperiksa langsung oleh dokter seperti yang udah Minens jelaskan sebelumnya. Lalu, yang kedua hanya ditanya oleh dokter apakah kamu terjangkit varikokel.

APA ITU VARIKOKEL?

Varikokel adalah pembengkakan pembuluh vena yang terjadi di dalam skrotum. Varikokel cukup mudah untuk dideteksi karena Varikokel akan tampak secara fisik di skrotum pria.

PENYEBAB VARIKOKEL

Varikokel disebabkan katup vena yang tidak berfungsi dengan baik di bagian skrotum, yang menyebabkan darah mengendap di dalam pembuluh vena. Jika tidak ditangani, dapat menyebabkan pembengkakan.

Berikut beberapa hal yang dapat menimbulkan Varikokel:

  • Sering menggunakan celana ketat
  • Gelombang elektromagnetik, bagi orang yang bekerja di tower GSM 
  • Berhubungan dengan reaksi nuklir
  • Stress berlebihan pada penderita 
  • Suhu daerah testis terlalu panas
  • Daerah testis sering berkeringat. Varikokel mulai muncul pada umur 15 sampai 25 tahun.

CARA MENGOBATI VARIKOKEL

Varikokel sebenarnya tidak membutuhkan pengobatan apabila tarafnya belum menimbulkan rasa sakit. Kamu cukup mencegahnya dengan menjauhi hal-hal yang dapat membuatnya menjadi semakin buruk.

Kalau keadaannya semakin buruk, kamu bisa melakukan operasi G-ENS. Tujuan dilakukannya operasi adalah guna menutup vena yang terkena dampak untuk mengarahkan aliran darah ke dalam pembuluh darah normal.

Nah, itulah Varikokel yang harus kamu ketahui. Kamu mungkin sedikit kaget ada pemeriksaan tes seperti itu. Tapi, nggak semua sekolah kedinasan ya G-ENS! Maka dari itu jauhi penyebabnya ya! Pastikan kamu tidak terjangkit Varikokel, karena bisa menyebabkan kamu gagal pada saat seleksi nanti. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Lafa Zidan

Editor  : Sarana

Source :

https://www.bloggerkoplo.com/2020/09/adakah-tes-varikokel-dan-tes-ambien-di-tes-kesehatan-spmb-pkn-stan.html

https://www.alodokter.com/varikokel

Related Article