ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

CHECK! INILAH TAHAPAN-TAHAPAN DALAM SELEKSI AKPOL!

Published at 09 Oct 2020 14:17

Halo, Kawan ENS!

Profesi seorang Polisi sering diminati oleh banyak orang. Mungkin kamu adalah salah satunya! Untuk menjadi seorang Polisi, bisa melalui beberapa cara nih, salah satunya adalah menjadi Taruna Akademi Kepolisian (AKPOL).

Nah, kalau kamu mau masuk AKPOL, pastinya harus melewati tahapan-tahapan seleksinya dong! Kira-kira apa aja sih tahapan-tahapan seleksinya? Yuk simak pembahasannya berikut ini!

1. Tingkat Daerah 

- Pemeriksaan Administrasi Awal 

Tahap pemeriksaan administrasi awal merupakan tahap uji pemeriksaan akan kelengkapan administrasi pendaftar sekaligus mengukur tinggi dan berat badan.

- Pemeriksaan Kesehatan Tahap 1

Pemeriksaan medis pada tahap ini merupakan tahap pertama pemeriksaan medis yang mencakup kesehatan luar.

Pemeriksaan Psikologi

Pemeriksaan psikologi tahap yang dilakukan di tingkat daerah ini adalah kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi guna mengungkap karakteristik individu sesuai nilai dan syarat yang ditetapkan.

Uji Kesamaptaan Jasmani A

Ujian Kesamaptaan A ditujukan untuk mengukur kondisi jasmani seseorang melalui Ujian Kesamaptaan dengan materi lari selama 12 menit.

Uji Kesamaptaan Jasmani B

Uji Kesamaptaan Jasmani B merupakan tahapan lanjutan dari Uji Kesamaptaan A, pada tahapan ini calon taruna akan diuji dengan materi Pull UP (pria) chinning (wanita), Ujian Sit Up, Push Up dan Shuttle Run.

- Ujian Renang

Ujian renang merupakan ujian terakhir kesamaptaan tingkat daerah sedangkan materi ujiannya adalah renang sepanjang 25 meter.

- Pemeriksaan Antropometri 

Tahap selanjutnya setelah ujian renang adalah pemeriksaan Antropometri. Antropometri merupakan metode penilaian status gizi melalui pengukuran berbagai dimensi tubuh.

- Uji Akademik

Ujian akademik merupakan tes akademik pada tingkat daerah yang mencakup materi tes Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia dan Matematika.

Pemeriksaan Kesehatan Tahap 2 

Pemeriksaan Kesehatan Tahap 2 adalah uji kesehatan calon Taruna Akpol yang meliputi pemeriksaan kesehatan dalam dan laboratorium. 

Pemeriksaan Kesehatan Jiwa 

Ujian kesehatan jiwa ditujukan untuk mengetahui kesehatan jiwa calon Taruna Akpol.

Pemeriksaan Administrasi Akhir 

Seleksi pemeriksaan administrasi akhir ini adalah tahapan administrasi terakhir di tingkat daerah.

- Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Daerah

Tahapan ini merupakan tahapan akhir di tingkat daerah untuk menentukan kelulusan calon Taruna Akpol untuk dikirim menuju seleksi di tingkat pusat Akpol Semarang. 

 

2. Tingkat Pusat

Pemeriksaan Administrasi Awal

Ujian untuk memeriksa kelengkapan administrasi pendaftar yang lulus tingkat daerah.

Pemeriksaan Kesehatan

Kegiatan pemeriksaan Kesehatan tingkat Pusat, dengan materi pemeriksaan meliputi tahap 1 dan tahap 2 dan kesehatan jiwa yang ada di tingkat daerah.

Pemeriksaan Psikologi & Penelusuran Mental Kepribadian (Wawancara)

Serangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan dan pengolahan data psikologi, untuk mengungkap karakteristik individu berdasarkan nilai dan persyaratan yang ditetapkan, serta penelusuran mental kepribadian dengan metode wawancara.

- Uji Kesamaptaan Jasmani, Renang dan Antropometri

Ujian untuk mengukur kondisi jasmani seseorang melalui ujian kesamaptaan jasmani, terdiri dari kesamaptaan A, kesamaptaan B, renang dan antropometri seperti pada tingkat daerah. 

- Pengujian Akademik

Ujian akademik tingkat pusat terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademik) dan TOEFL. Pelaksanaan ujian akademik tingkat Pusat menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Pemeriksaan Penampilan

Serangkaian kegiatan untuk melakukan pemeriksaan Penampilan Calon Taruna/i Akademi Kepolisian.

Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Pusat

Pengumuman Calon Taruna/i Akademi Kepolisian yang lulus tingkat Pusat untuk dikirim mengikuti pendidikan.

 

So, itulah tahapan-tahapan seleksi pada AKPOL! Gimana nih Kawan ENS? Kamu udah siap menjadi bagian dari Taruna AKPOL 2021 belum? Share di kolom komentar ya! 

5 Sekolah Tinggi Ikatan Dinas Ter-favorit di Indonesia Check!

10 Sekolah Kedinasan yang Pendidikannya Nggak Dipungut Biaya

 

Penulis: Sarana

Related Article