ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Fokus Ujian Nasional atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN?

Published at 01 Dec 2018 11:14

Di penghujung kelas 12 pasti kamu akan disibukkan dengan berbagai ujian di sekolah dan ujian atau tes di luar sekolah untuk persiapan tes masuk perguruan tinggi,  yang waktunya berdekatan.

Terutama untuk kamu yang ingin masuk PKN STAN yang pasti harus belajar ekstra untuk bisa siap di tes tertulis tapi di satu sisi juga harus fokus untuk Ujian Nasional. Pasti pusing ya?

Tapi nggak perlu dipusingkan kok tapi dijalani, hehe. Ini cuman soal pembagian waktu aja kok. Kalau kamu bisa mengatur waktu dengan baik, kamu pasti bisa menjalankan keduanya dengan baik. Jadi nggak perlu khawatir, kamu bisa coba tips berikut ini untuk mengatur waktu kamu.

 

1. List Materi

 

(image:hildaikka.com)

Untuk materi SPMB PKN STAN kamu perlu banget untuk menlist materi mana yang sudah kamu kuasai dan mana yang belum. Dengan begitu kamu bisa lebih dulu fokus dan mempelajari materi yang belum kamu kuasai saja terlebih dahulu.

 

2. Gunakan Waktu di Sekolah dengan Maksimal

(image:brilio.net)

Waktunya fokus dan menggunakan waktu kamu di sekolah dengan baik. Biasanya menjelang ujian nasional, pelajaran yang diujikan akan diprioritaskan dibandingkan dengan yang lain. Inilah saatnya kamu fokus sepenuhnya pada materi yang akan diujikan dan menargetkan goals materi kamu untuk hari tersebut di sekolah.

 

3. Berani untuk Berkata TIDAK

(image:blog.jobsmart.co.id)

Hal yang ingin kamu capai dengan temanmu pasti berbeda, kamu ingin masuk PKN STAN? tapi temanmu tidak. Jadi, kalau temanmu masih sering mengajak kamu bermain sepulang sekolah atau di waktu luang, kamu mesti berani untuk tegas menolak ajakan temanmu. Kamu punya target yang harus kamu capai. Jangan sampai fokusmu teralih ya!

 

4. Istirahat yang Cukup agar Tetap FIT

(image:blog.frameatrip.com)

Sepulang sekolah kamu bisa istirahat dulu, makan dan minum yang cukup dan kamu juga bisa jogging sekitar 10-20 menit untuk menjaga stamina dan berlatih untuk persiapan tes kebugaran. Kalau sudah cukup istirahat dan olahraga pasti kamu akan merasa lebih fresh dan siap untuk belajar.

 

5. Hindari Begadang

(image:medan.tribunnews.com)

Pasti kamu sering memilih untuk begadang kalau belajar, memang terkadang membantu tapi kalau keseringan juga nggak baik lho terutama untuk kesehatan kamu. Dan nanti kamu nggak akan fokus dan ngantuk di sekolah.

Coba untuk mulai tidur lebih awal sekitar jam 22.00 WIB dan bangun lebih pagi lagi. Kamu bisa coba mengulas materi di sekolah atau latihan soal SPMB, biasanya pelajaran yang di baca ketika pagi hari akan mudah untuk dicerna dan dihafalkan.

 

6. Selalu Optimis!

(image:intisari.grid.id)

Ini penting banget untuk kamu lakukan, kamu harus selalu berpikiran positif dan jangan pesimis dan berpikir kalau kamu nggak bisa melewati semua ujian yang kamu hadapi. Karena ketika kamu berusaha semaksimal mungkin, pasti kamu akan mendapat hasil yang maksimal juga.

 

Sudah siap keduanya ya, STANERS?!!

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article