ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

Gak suka dengan mata pelajaran tertentu? Ini cara menghadapinya!

Published at 06 Oct 2018 11:20

Pasti banyak dari anda yang tidak menyukai satu atau lebih materi pelajaran. Misalnya matematika atau fisika. Lalu, bagaimana cara menghadapi pelajaran yang tidak disukai? Apakah harus belajar lebih keras atau dibiarkan saja?             

       

1. Belajarlah untuk menyukai topic yang anda benci walaupun diawali dengan berpura-pura

Kita pasti sering mendengar nasihat dari setiap gur atau dosen untuk mengingat atau mempelajari semua yang diajarkannya karena itu akan sangat berguna. Mereka akan mengatakan betapa hebatnya pokok bahasan tersebut dan mencoba meyakinkan bahwa itu penting secara logis. Itu sebenarnya bukan masalah serius yang kita alami.   

Misalnya saja saya membenci matematika, dan itu adalah hal penting. Namun, sebagian besar pekerjaan di dunia ini menggunakan matematika, tapi tetap saja di alam bawah sadar saya membencinya. Logika bukanlah solusi untuk membenci sesuatu karena kemungkinan, keputusan anda untuk membencinya tidak masuk akal.            

Mungkin cara termudah adalah dengan “berpura-pura” menyukai subjek tersebut. Dengan cara itu anda akan bisa menyukai subjek tersebut sedikit demi sedikit tanpa harus berpura-pura lagi.  

 

2. Carilah alasan untuk anda menyukai subjek yang anda benci

Cintai subjek untuk apa yang ingin anda lakukan dengan hal tersebut. Misalnya saja saya membenci matematika, namun saya menyukai pemrograman. Saya tidak akan mungkin sukses dalam pemrograman tersebut jika saya tetap membenci matematika.      

Jika anda menyukai subjek lain yang berkaitan dengan subjek yang anda benci, maka berusahalah menghilangkan kebencian itu, maka perlahan-lahan anda akan merasa bahwa subjek yang anda benci tersebut akan terasa menyenangkan karena anda menyukai subjek lain yang berkaitan dengan yang anda benci tersebut.   

Sebenarnya sulit menemukan alasan relevan secara pribadi untuk menikmati subjek, tapi ini adalah salah satu alasan yang cukup kuat yang dapatanda coba.           

       

3. Bereksperimen dengan mencari sumber lain.

Ini adalah salah satu ilihan yang cukup kuat untuk anda. Terkadang seorang siswa atau mahasiswa membenci suatu topic hanya karena cara guru atau dosen yang menjelaskan topic tersebut tidak menyenangkan. Jika anda bergantung pada pengajar saja, anda tidak akan dapat mengetahui cara belajar yang cocok dengan anda.       

Jika anda tidak mencoba mempelajari dengan cara sendiri, tidak mengherankan jika anda tidak menyukai topic tersebut. Jika anda tidak menyukai suatu topic, carilah sumber lain yang dapat menjelaskan dengan cara yang lebih menyenangkan dan mudah dimengerti walaupun diluar lingkungan sekolah.   

Misalnya, jika anda tidak menyukai kelas sejarah karena membosankan, anda bisa menemukan sumber sejarah yang bisa menjelaskan dengan cara yang jauh lebih menyenangkan seperti di internet, bahkan itu bukan satu-satunya jalan. Ada komik, novel grafis, lagu dan hal lain nya yang bisa menjadi sumber yang dipercaya. Belajar sejarah tidak hanya harus menjadi ceramah yang membosankan.    

 

4. Meminimalisir dan Prioritas

Bila anda benar memprioritaskan kelas anda, anda dapat menghilangkan sebagian besar tantangan yang anda hadapi dengan subjek yang anda benci. Alih-alih harus selalu berusaha keras, anda aan belajar utnuk melakukan sedikit usaha sambil tetap mendapat nilai yang menurut anda aman.

 

5. Rencana Aksi

Prioritaskan segala sesuatau sebelum anda mencoba dan memecahkan subjek masalah yang anda benci. Dengan memprioritaskan kelas anda, anda akan mengetahui seberapastres yang harus anda selesaikan dalam memecahkan masalah ini.   

Hilangkan dulu sementara subjek yang belum anda perlukan. Anda tidak perlu mencintai sebuah subjek jika anda memiliki sebuah subjek penting yang harus diselesaikan. Setelah memprioritaskan, cobalah untuk mencari batas minimum yang dapat anda kerjakan sambil tetap mengerjakan subjek tersebut sampai anda merasa puas dengan hasilnya.          

Setelah itu anda perlu mencari sumber baru untuk menyelesaikan masalah kebencian anda terhadap suatu subjek. Anda ahrus berfikir bahwa apa yang anda hadapi leih baik dari pada yang dihadapi orang lain. Carilah sumber informasi yang menggunakan sesuatu yang anda sukai. Jika anda berusaha cukup keras, anda akan menemukan sumber itu. Sumbernya tidak harus berhubungan sempurna dengan subjek, hanya saja harus terkait erat.               

Akhirnya, anda dapat menemukan alasan relevan secara pribadi untuk menikmati pelajaran ini. Ini bisa memakan waktu berbulan-bulan. Sebenarnya hal itu tidak akan terjadi, anda tidak perlu mencarinya secara aktif, hanya saja ingatlah bawa anda menarinya. Jika anda memiliki ide baru, maka temukanlah jalan dari ide tersebut. Bagian terbaik dari itu adalah memungkinkan anda menjelajahi berbagai hal yang benar-benar anda nikmati.       

Related Article