ENS Indonesia

Please wait...

Blog

SEPUTAR PKN STAN

PKN STAN ITU APA SIH? YUK PELAJARI DULU!

Published at 11 Nov 2020 16:10

Halo, para pejuang PKN STAN!

Tahun 2020, PKN STAN resmi nggak buka pendaftaran. Tapi jangan khawatir! Hal itu bukan akhir dari segalanya kok. Untuk kamu yang udah melewati batas umur, jalur kesuksesan bisa dari pintu mana aja hyung! Kalau batas umur kamu masih cukup, kamu bisa mempersiapkan SPMB PKN STAN kamu lebih matang lagi deh, dan untuk kamu yang masih belum tau apa itu PKN STAN, yuk kita bahas bareng-bareng! Check, check!

 

Sejarah PKN STAN

PKN STAN atau yang sebelumnya dikenal dengan STAN merupakan perguruan tinggi yang berdiri di bawah naungan Kementerian Keuangan. Kata PKN merupakan singkatan dari Politeknik Keuangan Negara, sedangkan STAN seperti yang sudah diketahui, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Dulu, saat nama kampus ini masih bernama STAN, program pendidikannya terdiri dari Diploma I, Diploma III, dan Diploma IV. Tetapi, saat menjadi PKN STAN, program pendidikan yang ditawarkan nggak cuma sebatas itu aja lho! Sekarang di PKN STAN kamu udah bisa melanjutkan program pendidikan ke S-2 dan S-3 terapan.

 

Program Studi yang ada di PKN STAN

Diploma I (D-I)

  • Program studi Pajak
  • Program studi Kebendaharaan Negara
  • Program studi Kepabeanan dan Cukai

Diploma III (D-3)

  • Program studi Akuntansi
  • Program studi Penilaian (Pajak Bumi dan Bangunan)
  • Program studi Pajak
  • Program studi Kebendaharaan Negara
  • Program studi Manajemen Aset
  • Program studi Kepabeanan dan Cukai

Diploma IV (D-IV)

  • Program studi Akuntansi

 

Program Studi Non Reguler

  • Program studi D-III Pajak (menggunakan kurikulum khusus)
  • Program studi D-III Akuntansi (menggunakan kurikulum khusus)
  • Program studi D-IV Akuntansi (tugas belajar)

 

Jenjang Pendidikan di PKN STAN dan Jangka Waktunya Masing-masing

Diploma I (D-I)

Untuk kamu yang tertarik masuk ke jenjang pendidikan Diploma I (D-I) di PKN STAN kamu akan menjalankan kuliahmu selama 1 tahun alias 2 semester. SKS yang harus kamu capai itu sekitar 32 SKS.

Di D-I ini, kamu akan membuat Tugas Akhir (TA) berbentuk laporan karya ilmiah/laporan kerja praktik sebagai syarat kelulusan kamu. Setelah lulus gelar yang akan kamu dapat adalah Ahli Pratama (A.P).

 

Diploma III (D-III)

Di jenjang Diploma III (D-III) kamu akan menjalankan kuliah selama 3 tahun alias 6 semester. Total SKS yang harus kamu ambil dan selesaikan itu sekitar 112 SKS.

Persyaratan kelulusanmu tetap sama seperti jenjang D-I dan D-II, yaitu Tugas Akhir (TA). Gelar yang akan kamu dapatkan nantinya adalah Ahli Madya (A.Md).

 

Diploma IV (D-IV)

Meskipun namanya sama-sama Diploma, tetapi Diploma IV ini beda dari yang lain lho! Total SKS yang harus kamu ambil dan selesaikan setara dengan jumlah SKS pada S1, yaitu 144 SKS. Di jenjang Diploma, kamu akan menjalankan masa-masa kuliah sekitar 4 tahun. 

Untuk kamu yang menyelesaikan pendidikan di jenjang Diploma IV, kamu dapat langsung melanjutkan pendidikan ke S2.

“loh kok bisa?” karena gelar yang kamu dapat setara dengan S1, yaitu Sarjana Terapan (S.ST).

 

Perlu Diingat!

Pada jenjang Diploma, kamu akan dibekali dengan lebih banyak praktik dibanding teori, karena diharapkan dapat meningkatkan skill kamu sehingga mampu bersaing di dalam dunia industri.  

Sedangkan untuk jenjang Strata, kamu akan dibekali dengan banyak teori dibanding praktik. Tujuannya, agar kamu mengenal program studi yang kamu minati, dan itu menjadi bekal agar kamu dapat berpikir sistematis.

 

Strata 2 (S2)

S2 merupakan jenjang pendidikan lanjutan dari S1. Sebelum kamu melanjutkan S2 kamu harus menyelesaikan pendidikan di Diploma IV dulu ya! Biasanya, jenjang pendidikan S2 dapat ditempuh dalam waktu 1,5-2 tahun. Syarat kelulusan untuk mendapatkan gelar S2 kamu harus membuat tesis. Nantinya, gelar yang akan kamu dapatkan adalah Magister.

 

Strata 3 (S3)

S3 merupakan jenjang pendidikan paling tinggi di perguruan tinggi. Sebelum melanjutkan S3, kamu harus mendapatkan gelar S2 dulu ya! Biasanya jenjang S3 dapat ditempuh dalam kurun waktu 3,5-7 tahun. Syarat kelulusannya, kamu harus merancang disertasi. Gelar yang akan kamu dapat adalah doktoral.

 

Bagaimana? Udah paham ‘kan? Nah, sekarang jangan lupa persiapkan diri kamu untuk daftar kuliah di PKN STAN ya! Semoga membantu!:))

 

Baca juga: 

https://ens-stan.com/blog/dinamika-pkn-stan-sudah-tahu

https://ens-stan.com/blog/simak-inilah-alasan-kenapa-pkn-stan-tidak-membuka-pendaftaran-mahasiswa-baru-di-2020

 

Penulis: 

Sarah Farhana

Related Article