ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Wajib Dicoba 4 Metode Belajar Efektif, Nggak Perlu Baca Materi Pelajaran Berulang Kali!

Published at 29 Nov 2018 15:00

Salah satu cara sederhana untuk mendapatkan infomasi dari materi pelajaran adalah membaca. Kebanyakan orang membaca materi pelajaran berulang-ulang kali, supaya bisa mengingat lebih baik materi pelajaran tersebut.

Kamu begitu kalau belajar?

Kalau iya, ternyata itu bukan cara yang efektif untuk belajar lho!

Menurut psikologi yang dilakukan Henry Reodiger dan Mark McDaniel dari Washington University di Amerika Serikat, belajar dengan cara membaca berulang-ulang ternyata nggak efektif.

“Kenapa kok membaca berulang-ulang bukan cara belajar yang efektif?”

Karena ketika kamu membaca materi untuk pertama kalinya, kamu akan menyerap banyak informasi baru, tapi ketika kamu membaca materi tersebut untuk kedua, ketiga atau keempat kalinya kamu akan membacanya dengan sikap “udah tau nih isinya apaan!” jadi kamu nggak akan memproses bacaan tersebut secara mendalam seperti pertama kali kamu membacanya.

Supaya belajar kamu lebih efektif kamu bisa coba 4 metode belajar efektif yang disarankan oleh McDaniel!

 

1. Visualkan materimu

(image:muhammadnoer.com)

Kamu suka menggambar? Coba deh, terapkan hobi kamu ini saat belajar dengan cara membuat diagram atau mind map materi yang sedang kamu pelajari.

Dengan memvisualisasikan materi pelajaran, kamu jadi melakukan belajar secara active learning, yaitu menciptakan pemahaman kamu sendri.

Ini akan jauh lebih efektif daripada passive learning, yaitu ‘memakan mentah-mentah’ materi yang kamu pelajari.

Lagi pula ini akan memudahkan kamu ketika harus menjalani ujian open book, kamu hanya tinggal mengeluarkan mindmap yang sudah kamu buat, nggak perlu repot lagi.

 

2. Sering-sering Latihan Soal

(image:varid-id.blogspot.com)

Salah satu teknik belajar yang baik adalah membaca materinya sekali lalu perbanyak latihan soalnya, bisa dari pertanyaan yang sudah ada di buku, atau pertanyaan yang kamu buat sendiri.

Latihan soal dapat membuat otak kamu memahami materi pelajaran dengan lebih efektif, sehingga kamu akan lebih memahami materi pelajaran kamu dengan lebih mendalam.

 

3. Hubungkan Hal yang Kamu Pelajari dengan Kegiatan Sehari-hari

(image:m.mediaindonesia.com)

Metode ini akan membuat kamu menjadi lebih paham tentang materi yang sedang kamu pelajari. Misalnya, kamu sedang belajar pelajaran biologi tentang neuron. Untuk bisa menghantarkan listrik dengan lebih cepat, neuron butuh lapisan bernama myelin.

Agar kamu bisa lebih paham, coba bayangkan sebuah selang air yang dibolongi, air mengalir di dalamnya akan bocor, sehingga selang nggak bisa menyemprotkan air dengan kencang. Sama halnya dengan neuron, kalau myelin ‘bocor’ atau rusak berarti neuron nggak bisa menghantarkan listrik dengan cepat.

Gampang kan?

 

4. Jangan SKS!

(image:deadlinewar.blogspot.com)

Tau dong SKS? Yup, Sistem Kebut Semalam! Banyak penelitian membuktikan bahwa mengingat banyak hal dalam satu waktu malah akan membuat kamu nggak bisa ‘mencerna’ hal-hal tersebut dengan baik. Akibatnya kamu akan mengingat materi tersebut nggak optimal.

 

Jadi, cara belajar yang baik adalah membaca-baca materi pelajaran kamu secara berkala. Belajar setiap hari, misalnya dengan durasi tertentu 20 menit. Yang penting jangan belajar dadakan dan memaksakan diri belajar untuk belajar banyak berbagai macam materi pelajaran dalam satu waktu karena nggak efektif dan nggak akan optimal juga.

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article