ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ANAK MUDA

Hati-hati… 5 Tanda Ini yang Membuktikan Kamu Seorang Overthinker!

Published at 28 Aug 2019 11:49

Hayo siapa di sini yang sering berpikir jauh alias overthinking? Overthinking emang sebuah kebiasaan, tapi kalau lama-lama bisa menjadi sebuah penyakit lho…

Kamu boleh kok berpikir jauh ke depan tentang masa depan kamu… itu bagus banget malah, tandanya kamu punya visi misi dalam hidup. Tapi masalahnya, yang sering dialami itu berpikir jauh tentang hal-hal negatif yang belum tentu bakalan terjadi. Nah, kebiasaan ini nih yang nggak baik buat dilakuin, kenapa? Karena bisa mengikis kepercayaan diri kamu, Kawan ENS!

Kebiasaan ini juga nggak memandang umur lho, bisa terjadi sama semua orang… mau anak muda ataupun orang dewasa. Mungkin kamu juga salah satu seorang overthinker nih… belum yakin? Coba cek tanda-tandanya berikut ini deh!

 

1. Lebih Sering Mikir Daripada Action

Kalau kamu emang seorang overthinker, mau ngelakuin sesuatu tuh terlalu banyak mikirnya deh, kamu bakalan lebih sering mikir daripada bertindak.

Padahal, kalau kamu terlalu banyak mikir, kamu bakalan kehilangan banyak kesempatan lho. Kalau kayak gini, biasanya kamu butuh pendapat temen-temen deket kamu kalau kamu mau melakukan sesuatu.

 

2. Merasa Takut dan Terlalu Khawatir

“Haduh kalau aku ngelakuin ini salah nggak ya?”, “kalau aku begini aku bakalan terlihat aneh nggak ya?” hayo siapa yang suka mikir kayak gitu? Hehehe.

Kalau kamu selalu mikir kayak gitu, nggak salah lagi deh… kamu emang punya kebiasaan overthinking. Kamu nggak bebas ngelakuin apa-apa karena takut dihujat orang lain Kawan ENS! Sebenernya, kamu nggak ada kewajiban bikin orang lain seneng sih. Ada kalanya kamu harus ngelakuin hal-hal yang kamu suka tanpa mikirin orang-orang.

 

3. Banyak Bertanya

Seorang overthinker juga sering banget bertanya akan suatu hal yang dia udah tau jawabannya. Tapi karena nggak percaya diri dan pikirannya selalu terganggu, mereka biasanya sering banget nanya-nanya hal yang jawabannya udah pasti.

Ya nggak apa-apa sih, sesekali boleh banget bertanya kalau kamu nggak yakin, tapi kalau karena kamu overthinking takut akan kesalahan, kamu bakalan mengganggu orang yang kamu tanyain lho…

 

4. Selalu Negative Thinking

Seberapa sering sih kamu punya pikiran negative? Kalau dalam sehari-hari kamu selalu negative thinking, kamu bisa dikategorikan sebagai orang yang overthinker, hehehe. Seorang overthinker emang hobi banget mikirin hal-hal negative yang belum tentu bakalan kejadian. Contohnya kamu selalu mikir kalau orang-orang nggak suka sama kamu.

Padahal nggak baik lho kayak gitu, banyak orang bilang kalau kamu suggest hal-hal yang buruk… hal itu beneran bakal kejadian sama kamu, hih serem banget kan?

 

5. Cuma Fokus Dengan Kelemahan Kamu

Salah satu tanda kamu orang yang overthinking, kamu bakalan fokus sama kekurangan kamu aja nih. Kamu terlalu fokus sama kekurangan diri kamu sampai lupa kalau kamu punya banyak kelebihan yang bisa kamu banggakan.

 

Dari ke-5 tanda di tersebut, ada yang kamu banget nggak nih? Kalau emang relate banget sama kamu, berarti kamu beneran seorang overthinker lho, hehehe.

Jangan lupa untuk share ke temen-temen kamu agar lebih bermanfaat ya… semoga membantu! 😊

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor  : Dede Nursalam

Related Article