ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Hati-hati… Inilah 4 Bahaya dari Cara Belajar SKS (Sistem Kebut Semalam)!

Published at 12 Jul 2019 17:16

Memasuki masa-masa ujian SPMB sekarang ini, masih ada nggak sih dari kamu yang pake strategi belajar Sistem Kebut Semalam (SKS)?

Biasanya nih ya, karena banyaknya deadline tugas-tugas atau nggak belajar dari jauh-jauh hari, SKS adalah jalan tengahnya. Biasanya meskipun ngantuk, orang yang belajar dengan cara SKS cuma butuh stok kopi hitam aja nih.

Tapi, walaupun terlihat sepele, belajar dengan cara ini punya efek samping yang bahaya lho…
Apa aja ya? Yuk simak ke-4 bahayanya berikut ini…

 

1. Bikin Cepet Lupa

Belajar dengan cara Sistem Kebut Semalam (SKS) justru bisa bikin kamu cepet lupa lho… karena sebenarnya belajar dengan tubuh yang kurang tidur amat sangat nggak efektif.

Salah satu fungsi tidur itu untuk menyegarkan otak… Jadi kalau waktu tidur kamu kurang, ingatanmu justru nggak berfungsi dengan baik, dan kemampuan kamu untuk membaca, memperhatikan, ataupun mengingat akan menurut secara signifikan.

 

2. Menambah Berat Badan

“Lho, kenapa bisa menambah berat badan kak?”

Kalau kamu kurang tidur, hal itu dapat mempengaruhi metabolisme tubuh kamu, dan menjadi pemicu hormon leptin dan ghrelin. Kedua hormon tersebut bisa bikin kamu menjadi cepat lapar dan selalu menginginkan makanan karbohidrat dan makanan manis-manis. Ujung-ujungnya, berat badan kamu jadi bertambah deh, dan yang lebih parah bisa memicu diabetes juga lho…

 

3. Menyebabkan Stroke

Dengan kamu belajar dengan Sistem Kebut Semalam, otomatis kamu kurang tidur, Kawan ENS. Menurut laporan dari Associated Professional Sleep Societies, orang yang tidurnya kurang dari 6 jam di malam hari 4 kali lebih berisiko kena stroke dibanding orang yang tidurnya lebih lama. Ngeri banget ‘kan?

 

4. Menghancurkan Mood

Sistem Kebut Semalam (SKS) juga membuat mood seseorang menjadi hancur. Karena begadang alias kurang tidur, bisa bikin kamu menjadi mood swing lho…

Coba kamu bayangin aja, mata udah ngantuk, tubuh udah capek, tapi kamu masih harus belajar atau ngerjain tugas. Jadi jelas aja mood kamu jadi naik-turun kayak rollercoaster.

 

So, gimana Kawan ENS? Masih tetep mau belajar dengan cara Sistem Kebut Semalam (SKS)?

Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu agar bermanfaat ya, Kawan ENS! Semoga membantu ^_^

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dede Nursalam

Related Article