Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Public Speaking Dimanapun Kamu Berada!

08 Mar 2019

Di era sekarang ini, kemampuan berbicara di depan publik sangat dibutuhkan baik di lingkungan sekolah, maupun lingkungan perkuliahan. Coba kamu bayangkan kalau di dunia ini nggak ada kemampuan Public Speaking? Pasti kita semua akan ngomong asal-asalan tanpa di-filter di muka umum. Nggak akan kebayang deh akan jadi apa!

Nggak sedikit juga dari kamu yang malas banget untuk belajar Public Speaking, bisa karena faktor malu atau karena menganggap kemampuan ini nggak terlalu penting-penting banget buat kamu pelajari. Betul nggak?

Padahal kalau ditelusuri lebih lanjut, kemampuan berbicara di depan publik penting banget dalam kehidupan sehari-hari kamu, lho! Mau tau apa aja alasannya? Coba simak artikel ini yuk!

 

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Kamu

Sadar atau nggak, Public Speaking itu bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu lho! Dengan sering-sering berbicara di depan publik, kamu dapat menjadi lebih percaya diri karena yang melihat kamu itu nggak cuma satu atau dua orang aja, tetapi banyak! Semakin kamu percaya diri, semakin baik kemampuan Public Speaking kamu!

 

2. Mengasah Kemampuan Leadership

Tampil berbicara di depan umum itu butuh keberanian yang cukup tinggi lho! Karena ada sebagian orang yang pemalu alias demam panggung. Nah kalau kamu sudah berani untuk berbicara di depan banyak khalayak, kamu sudah punya aspek penting dalam leadership nih, hehehe. Kalau kamu mau jadi leader, coba kuasain dulu kemampuan Public Speaking kamu, ya!

 

3. Meningkatkan Kualitas Diri Kamu

Kalau kamu sudah memiliki skill untuk tampil berbicara di depan umum kamu sudah meningkatkan kualitas di dalam diri kamu lho! Semakin baik kemampuan Public Speaking kamu, semakin sering kamu diberikan kepercayaan oleh orang lain.

Kamu bisa diberi tanggungjawab untuk menjadi pembawa acara di suatu event. Peluang ini bisa kamu manfaatkan nih untuk kerja sampingan. Lumayan ‘kan masih sekolah/kuliah tapi udah punya uang jajan sendiri? Hehehe.

 

4. Membuat Orang Lain Nyaman Berbicara dengan Kamu

Biasanya kalau kamu sudah jago banget kemampuan Public Speaking-nya, kamu sudah memiliki intonasi dan nada yang tepat saat berbicara dengan lawan bicara kamu. Ibaratnya, kamu sudah memiliki gaya bicara saat ngobrol yang mudah dipahami oleh orang lain.  

Saat ngobrol, bahasan kamu juga menjadi lebih variatif dan biasanya lawan bicara kamu akan senang dan nyaman saat berbicara sama kamu, karena nggak kehabisan ide dan obrolan.

Baca juga: 7 Soft Skill yang sangat Universal Ini Harus Dimiliki Oleh Anak Muda!

 

5. Membuat Kamu Berpikir Kritis

Tau nggak sih? Kalau kemampuan Public Speaking itu dapat membuat kamu menjadi berpikir lebih kritis. Berpikir kritis itu bagaimana cara kamu menyelesaikan suatu masalah dengan cepat dan tepat. Public Speaking akan menuntut kamu untuk selalu berbicara dengan menarik.

So, otomatis kamu dilatih untuk berpikir dengan cepat apa saja kata-kata yang harus kamu keluarkan untuk membangun suasana detik itu juga. Hal tersebut membuat kamu berpikir kritis nantinya.

 

Itulah ke-5 alasan kenapa kamu harus belajar Public Speaking di dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, setiap orang bisa melakukan Public Speaking lho! tetapi tergantung dari diri kamu sendiri, ingin belajar atau nggak. Hehehe

 

Penulis: Sarah Farhana

 

Related Article

Yuk, join channel telegram resmi ENS bersama ribuan pejuang STAN lainnya.

Di channel ini akan ada info2 terbaru seputar STAN, trik&tips lulus STAN dan kita akan bagi2 Ebook gratis untuk persiapan USM STAN 2019