ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Inilah 5 Faedah Berpikir Kreatif untuk Kehidupanmu

Published at 25 Oct 2018 15:28

Kreativitas bisa kita kembangkan pada diri kita sejak dini. Sebab, di kehidupan nyata, kreativitas sangat dibutuhkan. Banyak pengusaha muda yang mengedepankan kreativitas untuk meraih kesuksesan, bukan hanya penggiat seni, dalam berbagai bidang pun butuh kreativitas.

Contoh dalam bidang jasa, ojek yang biasanya kita pesan dengan tepukan tangan dan teriakan “Bang, Ojek”, sekarang sudah bisa kita pesan dengan sekali klik dan ketikan jari, nggak perlu jalan ke pangkalan ojek, dan abang ojek datang menghampiri rumahmu. Hal ini salah satu cara kreativitas memanfaatkan teknologi yang semakin lama, semakin canggih.

Apa lagi bagi kamu anak zaman now yang lahir di era platform. Semakin ke sini teknologi semakin canggih, kamu bisa manfaatkan gadget untuk menjadi lebih kreatif.

Kenapa sih harus banget kreatif? Ini dia 5 alasan kamu harus berfikir kreatif..

 

1. Penghubung Beberapa Bidang

Kreativitas adalah seni membuat koneksi dan mengajarkan kita bahwa segala sesuatu di alam semesta terhubung. Dengan kata lain, kreativitas mengumpulkan ide-ide bersama dan menampilkannya dengan cara yang belum pernah ada.

Salah satunya melihat sekeliling dan menjelajahi dunia di sekitar, semua yang dilihat dan didengar menjadi saling terkait sehingga dapat menciptakan sesuatu yang benar-benar baru.

Contohnya seperti Endorsement di Instagram, banyak selebgram muda yang mendapat penghasilan dari mengiklankan produk. Kok bisa? Ya, karena mereka jago memanfaatkan media sosial dengan konsisten membuat konten.

Memberikan konten yang menghibur dan layout yang rapi, dengan itu audience tertarik dan followers kamu bakal nambah terus, dari situ kamu bisa manfaatkan followers kamu untuk ajang endorsment product lain.

 

2. Kreativitas Membuat Kita Lebih Menghargai Proses

Dalam Kreativitas lebih mengedepankan ‘proses’ daripada ‘hasil’. Kamu lebih pilih mana? Buru-buru hasil dengan berantakan atau alon-alon asal kelakon (pelan-pelan tapi jadi hasil yang memuaskan) ?

Contoh sebagai pembuat konten, atau seniman kreatif, kita nggak boleh hanya fokus pada hasil akhir pekerjaan, juga pada kuantitas pertumbuhan dan kemajuannya.

 

3. Menjadi Pribadi yang Kuat dan Fleksibel

Kreativitas mengajarkan kita nggak melarikan diri dari kritik, melainkan bangga dengan kegagalan karena kedua hal ini dapat membuatmu jauh lebih berkembang.

Berpikir selalu ada cara bila opsi pertama tak mendatangkan hasil yang diharapkan. Pentingnya bersikap fleksibel agar lebih cepat mendapat hasil yang diinginkan.

 

4. Menciptakan Pemikiran yang lebih Positif

Menurut penelitian yang dilakukan, telah ditemukan hubungan yang kuat antara kreativitas dan suasana hati yang baik. Orang cenderung lebih kreatif ketika mereka bahagia karena dapat berpikir secara luas. Meningkatnya mood positif memungkinkan kita untuk melihat lebih banyak solusi.

 

5. Kreativitas Memberi Rasa Kebebasan

Bicara kreatif, nggak ada yang namanya salah atau benar. Dengan berpikir kreatif kamu akan mencoba hal-hal baru dan berani untuk mengambil risiko. Jadi, kreativitas memberikan kebebasan dalam segala hal.

 

Itu dia 5 Faedah Berpikir Kreatif yang bermanfaat untuk kehidupanmu. Bukan hanya untuk menciptakan karya-karya yang out of the box, namun dapat membuat diri kita menjadi lebih berani karena dapat mencoba hal-hal yang baru.

Gimana Creative People setuju aja atau setuju banget?

 

 

Penulis : Dewi Shinta N

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article