Blog

ENS TIPS

Tanamkan 5 Hal Ini Agar Kamu Selalu Bahagia  

Published at 09 Jan 2019 17:05

Hayo ngaku siapa yang di sini suka merasa sedih, pilu, gundah gulana, dan sebagainya? Buat kamu yang sering merasa seperti itu, percaya deh itu merupakan hal wajar yang dialami manusia.

Kamu harus percaya bahwa segala macam sedih yang kamu rasakan hanyalah sementara. Jangan terlalu berlarut-larut dalam kesedihan, sebagai manusia kamu juga berhak untuk menentukan pilihan kamu, salah satunya kamu berhak bahwa kamu juga pantas berbahagia.

Buat kamu yang merasa sulit bahagia, coba deh mulai sekarang tanamkan hal-hal di bawah ini, siapa tahu hidup kamu menjadi lebih bahagia.

 

1. Tanamkan Pemikiran Bahwa Kamu Istimewa

(image:pexels.com)

Mulai dari sekarang, kamu harus menanamkan pemahaman kepada diri kamu bahwa kamu adalah sosok yang istimewa. Kamu istimewa dengan segala kelebihan dan hal yang kamu punya saat ini. Tanamkan pemahaman bahwa kamu berbeda dari yang lainnya.

Kamu adalah kamu dengan segala keunikan yang kamu punya sehingga diri kamu adalah kamu yang nggak dapat ditemukan pada diri orang lain. Dengan begitu, kamu telah belajar untuk menghargai dan menyayangi segala apa yang ada pada diri kamu saat ini.

 

2. Jangan Membandingkan Hidupmu dengan Orang Lain

(image:pexels.com)

Manusia adalah makhluk yang beraneka ragam, bukan seragam. Jadi, hal yang harus kamu tanamkan pula, yaitu jangan membandingkan hidup kamu dengan orang lain.

Kamu adalah kamu dan orang lain adalah orang lain. Kamu dan yang lainnya memiliki dan memilih jalan yang berbeda sesuai dengan keinginan sendiri-sendiri. Jangan merasa iri dengan pencapaian yang dilakukan oleh orang lain. Akan tetapi, jadikan itu sebagai motivasi bagi kamu untuk berusaha dan berkembang lebih baik.

Ibaratnya, nggak semua bunga yang ada di dunia ini bermekaran di waktu yang sama. Hargai semua proses yang kamu lewati sampai di tahap ini. Kelak, kamu pun akan tumbuh dan mekar di saat yang terbaik yang kamu punya.

 

3. Kamu Memang Layak Berbahagia

(image:pexels.com)

Kalau ditanya kenapa kamu harus bahagia, jawabnya karena kamu memang layak untuk mendapatkannya. Banyak orang mengingkan bahagia, tetapi itu bukanlah sesuatu yang instant untuk didapatkan.

Justru, bahagia itu diciptakan dari apa-apa yang telah kamu usahakan. Ketika kamu sudah bersusah payah dan berusaha semaksimal kamu, hasil akhirnya kamu akan mendapatkan kebahagiaan itu.

Salah satunya, kamu bahagia bahwa kamu sudah bisa melewati tahap-tahap itu dan sudah berada di posisi yang sekarang sehingga kamu memang layak untuk mendapatkan bahagia.

 

4. Bersyukur

(image:pexels.com)

Bersyukur memang tidaklah mudah. Sebagai manusia kadang kita merasa kurang mendapatkan apa yang kita inginkan. Namun, kamu tahu nggak sih bahwa hal yang bisa membuat kamu bahagia itu salah satunya dengan bersyukur.

Untuk bersyukur terhadap hal-hal yang besar, terlebih dahulu kamu harus beryukur terhadap hal-hal kecil yang telah Tuhan beri di dalam hidup kamu.

Bersyukur akan selalu membuat kamu merasa cukup dan selalu menerima segala apa pun yang telah Tuhan titipkan. Bersyukur membuat hati kamu lapang bahwa apa pun yang ada saat ini, adalah yang terbaik kamu punya.

 

5. Berpikir Positif

(image:pexels.com)

Kamu pasti sering dengar orang yang bilang “Jangan negative thinking gitu dong”.  Nah, maksudnya, kamu harus selalu berpikir positif terhadap segala sesuatu di hidup kamu. Jangan pernah menaruh curiga kepada apapun, apalagi secara berlebihan.

Itu nggak baik untuk kesehatan kamu dan pikiran kamu karena yang ada bisa membuat mood kamu jadi nggak banget. Kamu jadi kepikiran yang buruk-buruk sehingga menghabiskan energi terbaik kamu yang seharusnya digunakan untuk yang baik pula. Sebaiknya, kamu tetap berpikir positif dan melihat semuanya dari sisi yang baik.

 

Bahagia adalah kamu yang ciptakan, bukan orang lain. Jadi, jangan menggantungkan bahagiamu dengan orang lain dan jangan menunggu orang lain untuk membahagiakanmu. Yuk kita bahagia!

 

Penulis: Najmi Laily Barus
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article