ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Inilah 5 Manfaat Gap Year yang Kamu Belum Ketahui!

Published at 30 Aug 2019 11:28

“Aduh nyesek banget deh nggak lolos SPMB PKN STAN tahun ini”.

Nggak lolos SPMB PKN STAN emang nyesek banget Kawan ENS, tapi bukan berarti hidup kamu berakhir sampe situ aja.  Waktu juga semakin berjalan, kamu juga harus cepet-cepet mengambil keputusan untuk langkah kamu selanjutnya.

Kalau mengalami kondisi kayak gitu biasanya banyak yang berniat untuk Gap Year dulu alias menunda kuliah. Tapi, rata-rata orang-orang selalu meng-underestimate seseorang yang Gap Year. Mereka berpikir kalau orang yang Gap Year itu malas kuliah dan orang yang pasrahan. Sebelum berpikir kayak gitu, mending kamu pantengin dulu deh 5 manfaat Gap Year yang kamu nggak tahu berikut ini!

 

1. Kamu Bisa Punya Waktu Lebih untuk Mengenal Passion Kamu

Kamu pasti sering denger kasus-kasus mahasiswa yang nggak ngelanjutin kuliahnya karena salah jurusan atau nggak ada passion di jurusan itu. Nah, salah satu manfaat dari Gap Year adalah bisa meminimalisir kamu salah jurusan Kawan ENS! Karena kamu udah memiliki banyak waktu untuk mengenal apa passion kamu, hehehe.

 

2. Persiapan Kamu Lebih Matang untuk SPMB PKN STAN

Kalau kamu mengambil Gap Year kamu pasti bakalan lebih matang untuk mengikuti tes SPMB PKN STAN. Kamu pasti udah paham banget apa aja ketentuan-ketentuan yang harus disiapkan saat SPMB nanti. Kamu juga udah belajar dengan kurun waktu yang lama untuk menghadapi SPMB PKN STAN... So, kemungkinan kamu lolos besar banget deh peluangnya!

 

3. Bisa Menghabiskan Waktu Lebih Banyak Sama Keluarga

Nggak ada salahnya kok menunda kuliah! Dengan kamu menunda kuliah kamu, kamu juga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga kamu Kawan ENS! Pasti pengen kan punya waktu untuk keluarga? Apalagi kalau kamu mau kuliah yang tempatnya jauh dari rumah. So, kalau kayak gini, Gap Year pilihan yang tepat kamu!

 

4. Punya Kesempatan untuk Kerja Paruh Waktu

Kalau kamu Gap Year karena masalah biaya, nggak usah khawatir Kawan ENS! Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bekerja paruh waktu, atau membuka usaha kecil-kecilan. Selain bisa menambah biaya kamu untuk melanjutkan kuliah, ini juga bisa jadi bekal buat kamu di dunia pekerjaan nanti lho!

 

5. Lebih Banyak Waktu untuk Belajar Hal-hal Baru

Saat kamu Gap Year, pasti kamu punya banyak waktu luang yang bisa kamu gunakan sebaik-baiknya. Kamu bisa manfaatkan waktu luang kamu buat belajar hal-hal baru nih. Kamu juga bisa manfaatin kesempatan ini buat belajar hal-hal yang kamu sukai yang nggak kamu dapetin di sekolah. Inget ya... pelajari hal-hal yang positif dan hindari yang negatif hehehe.

 

So, jangan takut untuk Gap Year ya! Jangan menganggap seseorang yang menunda kuliah itu malas dan gampang putus asa, karena mereka pasti punya alasannya lho!

Semangat para pejuang Gap Year!

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor : Dede Nursalam

 

 

Related Article