Blog

ENS INFO

Kecerdasan Emosional (EQ) VS Kecerdasan Intelektual. Mana Lebih Baik?

Published at 12 Dec 2018 15:00

Terminologi Intelligence Quotient atau IQ adalah alat ukur yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Semakin tinggi hasil skor IQ kamu, berarti kamu memiliki kecerdasan Intelektual yang tinggi juga. Dan bikin bangga dong ya? Bangga lho bukan sombong, beda ya hehe.

Tapi selain kecerdasan intelektual, kamu tahu nggak kalau kamu juga harus memiliki kecerdasan yang lainnya, yaitu kecerdasan emosional. Tahu nggak kecerdasan emosional itu apa?

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengenali perasaan, memahami dan mengontrol perasaan diri kamu sendiri. Serta bagaimana respon yang akan kamu berikan berdasarkan pemahaman kamu terhadap orang lain.

Para ahli menyebutkan, kalau kecerdasan emosional nggak kalah penting dengan kecerdasan intelektual. Kecerdasan emosional bahkan bisa jadi prediksi yang lebih akurat untuk menentukan kesuksesan dan kualitas hidup kamu lho!

baca juga: Kamu Mau Sukses Semuda Mungkin? Yuk Seimbangkan IQ & EQ mu!

Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan kecerdasan intelektual untuk mengukur keahlian dan kemampuan kamu dalam suatu bidang tertentu, tapi kalau nggak diimbangi dengan kecerdasan emosional yang maksimal. Jalan kamu menuju kesuksesan nggak akan berjalan mulus sesuai dengan harapan kamu.

Ada beberapa alasan kenapa keceradasan emosional itu nggak kalah penting dari kecerdasan intelektual?

 

1. Kecerdasan Emosional yang Baik akan Memberikan Motivasi yang Kuat

Ini akan membuatmu jadi orang yang nggak insecure, menunda-nunda sesuatu, labil dan plin-plan dalam menghadapi berbagai hal. Kalau kamu nggak percaya dengan kemampuan diri kamu sendiri pasti kamu akan mengalami kesulitan untuk mencapai kesuksesan. Setuju nggak?

 

2. Kecerdasan Emosional Berpengaruh Pada Sudut Pandang

Semakin baik cara kamu dalam memahami emosi diri kamu sendiri dalam menghadapi situasi tertentu, maka akan semakin baik juga cara kamu mengontrolnya. Kalau kamu mampu mengontrol emosi, maka kamu akan lebih mudah mengendalikan stress yang tentunya akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan mental kamu.

 

3. Kecerdasan Emosional yang Tinggi akan Membuat Kamu Lebih Dipercaya

Ketika kamu memiliki emosi yang stabil, kamu akan terlihat lebih dewasa. Sehingga lingkungan kamu akan menaruh kepercayaan pada kamu, karena kamu bisa berpikiran terbuka, nggak gampang baper, dapat menyelesaikan konflik dengan kepala dingin dan dianggap bisa menjadi pemimpin yang bijaksana.

 

4. Kecerdasan Emosional yang Tinggi Mencerminkan Pemikiran dan Perilaku yang Positif

Pemikiran yang positif akan menjauhkan kamu dari mood swing dan depresi, selain itu pemikiran yang positif juga akan membuat kamu dan orang-orang di sekitar kamu lebih bahagia lho. Kamu percaya nggak sih kalau kebahagiaan itu nular? Kalau aku sih percaya hehe. Lagian siapa juga yang betah deket-deket dengan orang yang baperan dan gampang tersinggung, nggak asik banget iya ‘kan?

 

Ketika kamu sudah bisa mengkomunikasikan perasaan kamu dengan orang lain, kamu jadi bisa mengenali emosi orang-orang di sekeliling kamu, kamu jadi bisa lebih peka juga terhadap apa yang sedang dirasakan, dan begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Kuasai 4 Kemampuan Interpersonal Ini, Agar Mudah Bersosialisasi di Kampus!

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor : Dwi Andika Pratama

Related Article