ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Kata Siapa Nabung itu Susah? Nabung itu Mudah Kalau Pake ke 5 Cara ini!

Published at 27 Jun 2019 16:42

Dari kecil, banyak dari kamu yang susah banget buat nabung. Kayak nabung itu hal tersulit yang harus kamu lakukan, bener nggak?

Sebenarnya, nabung itu nggak susah kok… mungkin karena kita aja yang nggak terbiasa dan nggak tau caranya, hehehe.

Tapi, coba deh kamu bayangin, kalau kita nggak mulai mencoba nabung dan nggak megang tabungan sama sekali, bakalan susah deh! Mungkin efeknya nggak sekarang, tapi nanti kalau kamu udah dewasa.

Sedangkan, kalau kita nabung dari sekarang, nggak usah dari kecil deh… dari sekarang aja, pasti seiring berjalannya waktu tabungan kita jadi banyak ‘kan? Ibarat pepatah “Sedikit Demi Sedikit, Lama-lama Menjadi Bukit.”

Kira-kira gimana ya caranya biar nabung jadi mudah?

Coba cek caranya berikut ini…

 

1. Jangan Menabung dengan Uang Sisa

(Image Source: Google.com)


“Apa sih maksudnya?”

Maksudnya adalah… kalau kamu mendapatkan uang, pisahkan uang yang ingin kamu tabung (atau kamu bisa langsung tabung ke suatu tempat yang susah untuk kamu ambil).

Biasanya cara ini lebih ampuh! Karena kalau kita menabung uang di awal, uang yang kita pegang tinggal setengah, otomatis kita bakalan menghemat dong, hehehe.

Lain halnya kalau kamu menabung dengan uang sisa. Tetap menabung sih… tapi pasti seadanya dan nggak sesuai target yang kamu mau. Ibaratnya kayak “yang penting aku nabung”.

 

2. Jangan Sering-sering Makan di Tempat Mahal

 

(Image Source: Google.com)

Ini salah satu faktor kenapa uang kamu sering banget habis dan nggak bisa ditabung. Ya itu! Karena sering makan mahal… dikit-dikit mampir ke restoran atau ke tempat kopi yang sekali makan/minum bisa Rp50.000.

Sebenernya nggak apa-apa sih makan mahal, tapi dijadwalin dong… kamu boleh makan mahal 2 atau 3 kali dalam sebulan. Kalau setiap hari, ya wajar aja kalau kamu susah nabung huhuhu.

 

3. Jangan Gengsian

 

(Image Source: Google.com)

Nah ini nih yang sering dialami anak muda kalau udah ada niat menabung. Pasti godaan dari temen-temen banyak banget! Padahal di rumah udah mikir “Ah, hari ini aku harus hemat nggak boleh beli-beli yang mahal-mahal” terus tiba-tiba temen ngajakkin ke mall kelas A buat belanja, hmmm… kalau kamu orang yang gengsian pasti kamu tetap bela-belain ikut belanja meskipun kamu harus berhemat.

Jangan begitu ya Kawan ENS… nantinya kamu nggak akan pernah bisa menabung kalau kamu masih gengsian dan gampang goyah. Kamu bisa jujur ke temen-temen kamu kalau kamu lagi mau nabung, kalau temen-temen kamu baik dan pengertian, pasti mereka akan mengerti kok!

 

4. Atur Wishlist Belanja Kamu

 

 

(Image Source: Google.com)

 

Kalau kamu lagi nabung, coba deh atur wishlist belanja kamu. Misalnya, bulan depan kamu mendapat jatah uang jajan, dari bulan sebelumnya kamu udah harus list barang-barang kebutuhan kamu yang harus kamu beli. Inget ya, yang kamu “butuh” bukan yang kamu “ingin”.

Kenapa harus kayak gitu? Agar menghindari kamu menjadi konsumerisme. Kalau kamu nggak list barang-barang yang kamu benar-benar butuh, pasti kamu juga membeli barang-barang yang nggak perlu. Biasanya cewek nih yang sering banget beli barang-barang yang sebenernya mereka nggak butuh itu, tapi karena barang itu lucu, hehehe.

 

5. Buat #20RibuChallenge

 

(Image Source: Google.com)

 

Serius deh, cara ini ampuh banget buat nabung! Sistemnya itu, setiap hari kamu harus menyisihkan uang pecahan Rp20.000 yang warna hijau. Inget ya, yang warna hijau! Nggak boleh dicampur-campur. Buat kamu yang suka tantangan, ini menantang banget sih, karena pasti nggak setiap hari kita dapet kembalian Rp20.000 hijau.

Selain membantu kamu buat nabung, cara ini juga bisa membantu kamu buat menjadi orang yang berkomitmen lho! Hehehe.

 

Nah, itulah 5 cara nabung yang mudah dilakukan. Gimana, Kawan ENS? Cukup membantu ‘kan?

So, mulai sekarang harus membiasakan diri untuk menabung ya, karena kebutuhan semakin mahal, hehehe.

 

Penulis: Sarah Farhana

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article