ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Kenapa harus Membaca Materi Kuliah dulu Sebelum Kelas dimulai? Yuk Simak 4 Alasannya!

Published at 01 Mar 2019 13:06

Sejak masih di bangku SD sampai SMA, kamu pasti selalu mendengar seruan dari bapak ibu guru untuk membaca-baca buku pelajaran sebelum kelas dimulai. Tapi di bangku kuliah, nggak semua dosen akan mengingatkan mahasiswanya untuk melakukan hal tersebut.

Bukan berarti membaca materi sebelum kelas dimulai itu jadi nggak penting lho, malah sangat penting!

Tapi dosen menganggap kalau kamu sudah cukup dewasa dan punya inisiatif sendiri dalam membaca. Saat kuliah kamu dituntut untuk mandiri, nggak harus nunggu perintah dulu kalau mau melakukan sesuatu.

Misalnya, kalau ditanya dosen “ada yang mau ditanyakan?” kalau memang ada langsung ajukan, jangan malu-malu kucing, ragu, nggak berani atau nunggu ditunjuk dulu sama dosen baru “bersuara”.

Dan ada beberapa alasan kenapa kamu nggak boleh malas untuk membaca-baca materi kuliah sebelum kelas dimulai, yang harus kamu simak berikut ini!

 

1. Membuat Waktu Perkuliahan Lebih Efisien

Kalau kamu menyempatkan waktu untuk membaca materi perkuliahan sebelum mulai kelas. Kamu akan menghemat waktu untuk memahami apa yang disampaikan dosen selama di kelas.

Catatan kamu juga akan semakin efektif karena selama dosen menjelaskan materi, kamu sudah bisa untuk menganalisis, mana yang penting untuk dicacat dan mana yang nggak penting.

 

2. Kamu jadi Tahu, Bagian Mana dari Materi yang Kamu Nggak Pahami

Kalau kamu sudah tau ada bagian dari materi yang kamu nggak pahami, ketika di kelas kamu jadi tahu harus nanya apa sama dosen, kamu juga akan jadi lebih mudah berpartisipasi di kelas.

Selain itu, kalau kamu sudah tahu tentang gambaran materi yang akan disampaikan di kelas, kamu jadi bisa menjawab pertanyaan yang diajukan dosen. Tentu saja ini bisa bikin kamu mendapat nilai plus di mata dosen dan di mata teman-teman kamu.

 

3. Menunjukkan Rasa Hormat pada Dosen

Membaca materi sebelum perkuliahan dimulai adalah tanda hormat kamu terhadap dosen lho! Dosen akan merasa mata kuliahnya dihargai dan penting untuk dipelajari.

Mahasiswa yang meluangkan waktu untuk membaca materi kuliah duluan juga pasti akan lebih diperhatikan oleh dosen. Dan kalau kamu dapat perhatian dosen, kamu jadi bisa lebih dekat dengan dengan beliau. Percaya deh, akrab dengan dosen itu banyak untungnya lho!

 

4. Mendorong Keaktifan dalam Kerja Kelompok

Terkadang dosen menugaskan mahasiswanya untuk berdiskusi dalam kelompok. Nah, ini bisa jadi keuntungan tersendiri untuk kamu kalau kamu membaca materi dulu sebelum perkuliahan.

Kamu bisa lebih aktif berdiskusi dalam kelompok, jadi nggak bengong-bengong sendiri aja. Banyak yang beranggapan kalau dalam kerja kelompok, persiapan individu itu nggak penting, ya, karena ‘kan akan didiskusikan bersama.

Padahal itu salah besar! Kalau masing-masing anggota kelompok sudah membaca materi yang akan didiskusikan, kerja kelompok akan jauh lebih cepat dan efektif. Materi diskusinya jadi bisa dikembangkan lebih jauh. Jadi secara otomatis, kelompok kamu akan memberikan hasil yang lebih bagus dan outstanding. Setuju ‘kan?

 

Itulah ke 4 alasan kenapa kamu harus membaca materi terlebih dahulu sebelum perkuliahan dimulai. Banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan ‘kan?

Jadi, jangan ragu dan malas ya untuk membaca materi sebelum perkuliahan di mulai. Jangan lupa isi komentarmu di kolom komen ya! Selamat membaca!

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor: Sarah Farhana

 

Related Article