ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

Ternyata Inilah 3 Faktor Yang Dapat Memengaruhi Belajar Kamu!

Published at 20 Feb 2019 16:13

Sebagai seorang pelajar, kamu tau nggak sih apa saja tiga faktor yang dapat memengaruhi belajar kamu? Jangan-jangan selama ini kamu nggak sadar kalau sebenarnya yang sering kamu jumpai itu adalah faktor-faktor tersebut.

Secara psikologi, terdapat tiga faktor yang dapat memengaruhi belajar kamu lho! Faktor-faktor itu harus kamu kenali dalam kehidupan sehari-hari nih! Ketiga faktor itu turut memberikan pengaruh atau dampak bagi kamu di dalam kegiatan belajar yang sedang kamu jalankan seperti saat ini.

Mau tau apa saja ketiga faktor tersebut? ini dia jawabannya!

 

(image: google.com)

 

1. Faktor Internal

Faktor yang utama ini berasal dari dalam diri kamu lho! Dua aspek yang mencakup faktor ini yaitu aspek fisik dan aspek psiklogis. Aspek fisik berkaitan erat dengan kondisi tubuh kamu dalam belajar.

Misalnya, kalau tubuh kamu fit, sehat, bugar, dan kamu sering mengonsumsi vitamin, serta makanan dan minuman yang bergizi, maka kamu belajar dengan penuh konsentrasi, semangat dan giat. Iya kan?

Tapi, beda halnya kalau kondisi tubuh kamu sedang nggak sehat, mau ngapa-ngapain aja rasanya sulit, bukan? Apalagi untuk belajar, rasanya kamu ingin istirahat aja seharian di kamar, hehehe.

Kemudian, yang kedua ada aspek psikologis yang berkaitan dengan intelegensi, motivasi, minat, maupun bakat kamu. Memiliki pengetahuan yang tinggi tentu memudahkan kamu untuk memahami setiap materi pelajaran.

Begitupun motivasi yang membangun kamu. Misalnya, kamu belajar dengan sungguh-sungguh untuk membahagiakan orang tua, maka kamu akan belajar semaksimal mungkin karena itu adalah dorongan dari dalam diri kamu alias naluri kamu. Begitupun halnya kamu juga akan memberikan perhatian yang besar kepada minat (kecenderungan) dan bakat (kemampuan) kamu dalam suatu bidang.

 

2. Faktor Eksternal

Faktor yang kedua ini merupakan faktor yang berasal dari luar kamu sebagai seorang pelajar. Biasanya, faktor ini dipengaruhi oleh lingkungan, baik itu lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah.

Kamu tau nggak sih? Lingkungan rumah menjadi salah satu faktor yang turut memengaruhi belajar kamu lho! Kalau kamu berada di lingkungan keluarga yang baik yang mendukung semua proses kegiatan positif kamu, hal tersebut turut memengaruhi belajar kamu juga nih.

Apalagi jika prinsip keluarga kamu mengutamakan pendidikan sebagai hal yang utama, maka kamu akan terbiasa dan terpacu untuk belajar agar bisa sukses juga seperti yang lainnya.

Nggak hanya itu saja, kalau kamu bergaul dengan teman-teman yang bersemangat untuk belajar, maka kamu juga tertular untuk semangat belajar agar bisa menggapai mimpi seperti mereka. Selain main bareng, kamu juga mau dong kalau bisa sukses bareng-bareng hehehe.

Jadi, mulai sekarang kamu harus sering bergaul dengan teman-teman yang giat belajar nih. Semakin sering kamu bergaul dengan orang-orang yang baik, kamu juga dapat membawa kebaikan untuk diri kamu lho!

Selain itu, kalau kamu berada di lingkungan sekolah yang baik kamu akan mencontoh hal-hal yang baik dari lingkungan sekolah kamu, baik dari guru, teman-teman, serta karyawan-karyawan di sekitar sekolah kamu.

 

3. Pendekatan Belajar

Selain faktor internal dan eksternal di atas, pendekatan belajar juga jadi salah satu faktor yang memengaruhi belajar kamu nih. Kamu bisa memulai dengan menghapal, meringkas materi pelajaran, meniru contoh, dan bertanya.

Kamu biasanya menggunakan pendekatan belajar yang seperti apa nih? Tapi, apa pun pendekatan yang kamu lakukan, yang penting kamu bisa memahaminya, bukan memahami dia ya! Tapi memahami isi materinya, hehehe.

 

Bagaimana? Sekarang kamu udah kenalan kan sama ketiga faktor itu? Ketiga faktor itulah yang turut memengaruhi kamu dalam belajar.

Jadi, sekarang kamu sudah tau kan kalau bukan hanya ada faktor dari dalam diri kamu aja yang turut memengaruhi kamu dalam belajar, tetapi juga faktor-faktor dari luar diri kamu juga turut berkontribusi.

Sekarang tinggal kamu yang harus pintar-pintar mengelola faktor itu dengan baik dan semaksimal mungkin agar belajar kamu semakin baik dan ciamik.

Selamat membaca! ^_^

Baca juga: 3 Solusi Masalah dalam Belajar!

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Sarah Farhana

 

Related Article