Blog

ENS INFO

Kenapa yaa Banyak Orang Sulit Menemukan Passion?

Published at 21 Mar 2019 14:29

Apa kamu udah tau apa itu Passion? Seperti apa sih Passion dan kenapa banyak orang sukses memiliki Passion yang besar terhadap pekerjaannya…

Banyak loh orang sukses yang bilang kerjanya atas dasar passion, dan mereka menjadi yang terbaik dibidangnya, karena saat kamu sudah belajar atau bekerja karena passion, aktivitas yang kamu lakukan akan lebih bersemangat dan sepenuh hati..

Kenyataannya, menemukan passion itu memang nggak segampang membalikkan telapak tangan. Tapiii bukan berarti nggak bisa dilakukan, karena passion itu bukan ditemukan, lebih tepatnya dikembangkan. Caranya adalah dengan mengasah berbagai bakat dan minat.

Ada beberapa alasan yang menyebabkan seseorang itu sulit mengetahui dan mengembangkan passion-nya, kamu bisa baca ke-4 alasannya berikut ini ya…

 

1. Nggak Mau Terbuka Pada Hal-Hal Baru

Selama pengetahuan dan pandangan kamu sempit, kamu nggak bisa mencoba hal baru yang mungkin aja menjadi keahlian dan passion kamu. Kalau kamu terus begitu, ya, sampai kapan pun, kamu akan susah menemukan apa yang benar-benar menarik minatmu.

Jadi, gimana mau menemukan dan mengasah passion kamu, kalau memperluas zona nyaman aja nggak mau, iya ‘kan?

 

2. Terlalu Banyak Menyukai Sesuatu

Menurut, David Heart, seorang Human Resources expert di California, akan lebih baik bagi seseorang untuk menjadi ahli di satu bidang daripada bisa melakukan banyak hal tapi hanya dipermukaannya aja.

Sayangnya, cukup banyak orang yang berpikir dan beranggapan kalau orang yang bisa melakukan banyak hal malah dianggap keren. Padahal, terlalu menyukai banyak hal malah akan membuat orang tersebut semakin kesulitan dalam menemukan passion-nya.

 

3. Cepat Menyerah dalam Mengasah Minat dan Bakat

Perjalanan dalam menemukan dan mengasah passion memang panjang sekali lho. Hal tersebut adalah rangkaian trial and error yang berulang, jadi banyak eksperimen yang harus kamu lakukan.

Passion nggak bisa dibangun dalam semalam, nggak bisa dibentuk dengan instan kaya kamu masak mie instan…

Itulah kenapa, kegagalan pertama bukan tanda bahwa hal tersebut bukan passion kamu. Terlalu cepat meyerah malah akan membuat kamu lebih kesulitan mempertajam skill dan mengembangkan passion kamu.

Baca juga: Inilah 5 Cara untuk Menemukan Passion Kamu! Dijamin Nggak Bingung Lagi, Deh!

 

4. Sibuk Memikirkan Kesulitan Orang Lain

Terlalu sibuk melihat, memikirkan dan ingin meniru kesuksesan orang lain akan membuat kamu nggak melakukan apa yang benar-benar menarik buat kamu. Seringkali anak muda sekarang menjadikan hidup orang lain sebagai “LIFE GOAL. Padahal, belum tentu passion kamu dengan orang itu sama.

Percaya deh, apapun yang kamu lakukan, selama kamu percaya kalau itu adalah hal yang menarik dan baik untuk kamu, image keren itu akan muncul dengan sendirinya tanpa perlu meniru atau ‘ngekor’ orang lain.

 

Jangan sampai udah sejuah ini, kamu belum punya tujuan hidup, ya. Jangankan tujuan hidup, ditanya hobi kamu apa? Kamu bingung sendiri jawabnya, nggak tau hobi kamu apa.

Dan jangan berpikir “masih muda, berat banget sih ngomonginnya tujuan hidup! justru ini adalah golden age kamu untuk banyak mengeksplor hal-hal menarik di sekitar kamu. Kamu masih muda, kamu sehat, dan punya semangat yang masih menggebu-gebu. So, manfaatkanlah itu!

 

Penulis : Anggun Widaningsih

Editor: Sarah Farhana

Related Article