ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Lakukan 5 Hal Ini agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan

Published at 02 Jan 2019 16:09

Setelah sekian lama kemarau, akhir-akhir ini kita sudah masuk di musim penghujan. Tapi kita tetap nggak bisa memprediksi kapan tepatnya hujan akan turun, apalagi suka tiba-tiba aja gitu datangnya. Seperti kenangan, hmm.

Nah, perubahan cuaca yang seperti itu kadangkala membuat kondisi badanmu melemah bahkan sampai jatuh sakit berhari-hari. Nggak mau dong kalau kamu sakit?

Berikut ini adalah hal yang harus kamu lakukan di musim hujan agar tubuh kamu tetap sehat dan bugar.

 

1. Banyak Minum Air Putih


(image:unsplash.com)

Air putih itu sederhana, tapi menyehatkan. Air putih punya segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan kamu. Manfaat air putih antara lain mencegah dehidrasi, menyegarkan kulit, meningkatkan metabolisme di mana berfungsi untuk menghilangkan racun-racun di tubuh kamu, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan sebagainya.

Biasakan minum air putih sebanyak 2 hingga 3 liter dalam sehari. Kamu bisa biasakan minum air putih sebelum tidur dan bangun tidur. Selain itu, untuk kamu yang jarang minum air putih, kamu bisa mencobanya dengan terbiasa membawa botol minum kemanapun kamu pergi sehingga kamu selalu teringat untuk meminumnya. Tapi ingat ya, botol minumnya jangan sampai ketinggalan, nanti ditanyain mama, hehehe.

 

2. Olahraga

(image:unsplash.com)

Olahraga ini mesti banget kamu lakukan. Nggak mesti yang berat-berat jua. Kamu bisa jogging, bersepeda, bermain bulutangkis, atau olahraga ringan lainnya. Waktu yang diperlukan juga nggak perlu lama-lama, cukup 30 menit sudah baik untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kamu.

Artinya, dengan berolahraga, kamu melatih tubuh kamu untuk terus aktif secara fisik. Hal itu setidaknya membantu agar tubuh kamu tetap sehat dan tidak gampang jatuh sakit. Selain itu, dengan kamu berolahraga, tubuh kamu lebih siap untuk merespon perubahan cuaca yang terjadi secara tiba-tiba.

 

3. Atur Pola Makan

(image:unsplash.com)

Untuk kamu yang jarang banget memperhatikan pola makan, sekarang sudah saatnya untuk mengelolanya dengan baik. Berikan asupan gizi yang baik untuk tubuh kamu ya!

Kamu harus makan dengan teratur dan jangan sampai melewatkan harapan, eh sarapan maksudnya, hehehe. Sarapan bikin tubuh kamu siap untuk melaksanakan aktivitas di pagi hari.

Sarapan yang baik dilakukan sebelum sampai pukul 9 pagi. Selain itu, kamu harus memperhatikan betul bahwa makanan yang kamu makan adalah kombinasi yang baik dari berbagai zat dan vitamin. Jangan lupa untuk mengonsumsi sayur dan buah juga ya.

 

4. Istirahat yang Cukup

(image:unsplash.com)

Makanan tubuh yakni tidur. Setelah seharian beraktivitas, izinkan tubuhmu untuk mendapatkan haknya ya. Istirahat yang cukup membantu agar tubuh segar kembali sehingga siap untuk melaksanakan aktivitas selanjutnya. Selain itu, jangan sering begadang pula ya karena membuat waktu istirahat kamu semakin sedikit.

Baca juga: Ternyata Ada 5 Manfaat Tidur untuk Kebaikan Kinerja Otak-mu

 

5. Bawa Payung dan Jas Hujan

(image:unsplash.com)

Nah, yang satu ini juga penting banget untuk kamu bawa kemanapun kamu pergi. Kamu harus selalu sedia payung di dalam tas kamu. Selain itu, kalau kamu menggunakan kendaraan bermotor, kamu bisa membawa jas hujan. Jangan pernah malas untuk membawa keduanya. Nggak ada salahnya berkorban lebih.

Jadi, nggak apa-apa tas kamu lebih berat dan jok motor kamu lebih penuh sedikit menyimpan barang-barang tersebut. Bukankah mencegah sakit lebih baik dari pada mengobatinya?

 

Sekarang, kamu udah nggak perlu khawatir untuk memasuki musim hujan seperti saat ini. Kamu cukup melakukan 5 hal di atas agar memberikan dampak kepada tubuh kamu, yakni bisa tetap sehat bugar. Pokoknya, kamu harus sayang dan perhatian sama diri kamu sendiri, itu kuncinya.

 

Penulis: Najmi Laily Barus
Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article