ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Lakukan 6 Aktivitas ini Agar Liburanmu Semakin Menyenangkan

Published at 26 Dec 2018 16:32

Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hatiku gembira. Hayo, siapa yang bacanya sambil nyanyi, hehehe. Yup, itu adalah sepenggal lirik dari lagu yang dinyanyikan oleh Tasya kamila. Sesuai dengan lirik itu, kini kamu sudah memasuki waktu liburan nih.

Setelah sekian waktu kamu belajar di sekolah, mengikuti berbagai aktivitas, mengerjakan banyak tugas, kini adalah saat di mana kamu menikmati waktu libur kamu.

Rasa lelah dan jenuh yang kamu rasakan selama ini pastinya membuatmu membutuhkan waktu untuk bersenang-senang dan menyegarkan pikiran agar kamu kembali bersemangat untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya.

Kalau kamu merasa bingung untuk mengisi waktu liburanmu dengan aktivitas apa, kamu bisa mencoba enam aktivitas di bawah ini agar waktu liburan kamu semakin menyenangkan.

 

1. Travelling

Buat kamu yang senang jalan-jalan, segeralah manfaatkan waktu liburan kamu untuk pergi ke tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi tersebut. Ingat lho, jalan-jalan nggak mesti jauh dan mahal.

Kamu bisa manfaatkan tempat-tempat wisata di sekitar kamu. Sebagai contoh, kamu bisa pergi ke kota tua, ke museum, atau tempat-tempat yang lainnya yang nggak merogoh kocek yang dalam buat kamu.

Akan tetapi, kalau kamu sudah mempunyai rencana ingin mengunjungi kota tertentu. Nah, sekarang adalah waktu yang pas untuk berkunjung ke kota impian kamu.

Nikmati segala kemungkinan yang bisa kamu dapatkan di sana sehingga bukan hanya sekadar jalan-jalan saja yang bisa kamu dapatkan, tentunya pengalaman dan juga wawasan. Temukanlah hal-hal yang baru dan mengasyikkan selama di sana!

 

2. Membaca buku

Buat kamu yang sudah membeli buku dari jauh-jauh hari dan belum punya waktu untuk membacanya, sekarang ambillah buku tersebut dan mulai membacanya.

Ciptakan kondisi yang nyaman saat kamu membaca buku tersebut ya. Membaca buku di waktu liburan dapat membuat kamu terus memperoleh informasi dan wawasan.

 

3. Menonton film

Buat kamu yang juga sudah memiliki sejumlah film tapi belum sempat untuk menontonnya, sekarang kamu bisa menonton film-film yang sudah kamu lewatkan tersebut.

Coba cek kembali film-film apa saja yang ada di laptopmu yang belum sempat ditonton. Kalau kamu merasa sepi untuk menontonnya sendiri, kamu bisa mengajak teman-teman kamu untuk berkumpul dan menonton film bersama.

Selain kamu menikmati film, kamu juga tentunya menikmati kebersamaan kamu dengan temna-teman terdekat kamu. Menyenangkan bukan?

 

4. Ikut kegiatan sosial

Buat kamu yang ingin memiliki pengalaman berbeda di waktu liburan, kamu bisa mengikuti kegiatan sosial lho.

Kegiatan sosial bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki jiwa sosial tinggi dan sudah punya banyak pengalaman dalam bidang volunteer. Akan tetapi, kegiatan sosial diperuntukkan bagi kamu yang punya semangat untuk membangun lingkungan dan semangat untuk peduli terhadap banyak orang.

Melalui kegiatan ini turut mengasah kepekaan kamu sebagai generasi bangsa yang nantinya akan membangun bangsa menjadi lebih baik lagi.

Kamu akan lebih banyak belajar dari kehidupan orang lain dan itu berdampak untuk jiwa sosial kamu. Percaya deh, pengalaman ini akan jadi sekian pengalaman yang mengesankan dan nggak akan pernah kamu lupakan seumur hidup!

 

5. Belajar bahasa asing

Waktu liburan kamu juga bisa manfaatkan dengan meluangkan untuk belajar bahasa asing. Mengingat perkembangan industri semakin pesat, kamu nggak mau dong tertinggal dengan yang lainnya?

Salah satu yang bisa kamu lakukan ialah memperkaya pengetahuan bahasa kamu dengan belajar bahasa asing. Dijamin seru karena kamu akan bertemu dengan orang-orang baru dan pengalaman yang baru.

 

6. Membuat Rencana

Selain kelima aktivitas di atas, hal yang bisa kamu lakukan saat liburan ialah membuat plan atau rencana mengenai hal-hal apa saja yang akan kamu lakukan setelah masa liburan berakhir.

Membuat plan atau rencana akan menjadikan kamu semakin terarah dan fokus tentang tujuan kamu, dengan begitu kamu nggak terlena akan liburan kamu saat ini, sebab kamu sudah memiliki rencana yang harus dilakukan ke depannya.

 

Enam aktivitas di atas adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat liburan. Kamu bisa melakukannya untuk kembali menyegarkan pikiran kamu dan memanjakan diri kamu.

Waktu liburan adalah saat yang tepat bagi kamu untuk memberi reward pada diri sendiri terhadap berbagai kesibukan yang telah kamu jalankan selama ini. Jadi, ciptakan liburanmu yang menyenangkan ya dengan melakukan berbagai aktivitas di atas tersebut. Happy holiday!

 

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Dwi Andika Pratama

Related Article