ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS TIPS

Lima Upaya Menghilangkan Kelesuan dalam Menjalankan Aktivitas Sehari-hari

Published at 23 Jan 2019 16:03

Apa yang kamu rasakan ketika sedang mengerjakan sesuatu lalu rasa lesu seperti lelah, lemah, dan ngantuk pun tiba-tiba menyerang? yaps.. Cukup satu kata, KESAL! Bagaimana tidak, kamu jadi nggak bergairah dalam menghadapi tugas-tugas yang udah numpuk padahal sebelumnya kamu udah bertekad untuk menuntaskan semuanya, huh!

Ingat, kamu boleh aja lesu, lelah, atau lemah, tetapi jangan menyerah untuk mencoba lebih baik ya! "Merengeklah sekarang ketika masalah terberatmu hanya sekadar tumpukan soal. Siapa tahu rengekan lucumu akan mengantarkanmu ke cita cita mulia dari mimpi yang pernah menjadi teman tidur diatas bantal".

Nah, lantas gimana cara mengatasi problema-problema tersebut biar rasa lesu kamu hilang dan kamu tetap produktif di dalam keseharian kamu? Penasaran nggak? Kalau iya, lanjutkan membaca...

 

1. Istirahat yang Cukup

(image:steemit.com)

Istirahat merupakan saat di mana kamu untuk merefleksikan diri atas sehari penuh yang dihabiskan dengan berbagai kegiatan yang telah kamu lalui. Salah satu faktor yang menyebabkan kamu merasa lesu sepanjang hari ialah karena kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat. Biasanya alasan umum wakti istirahat dan tidurmu berkurang ialah begadang.

Kamu boleh saja bekerja dengan sangat keras dan belajar dengan sangat tekun, tetapi kamu harus ingat juga bahwa kesehatan kamu adalah segalanya! Jadi, mulai sekarang kamu harus istirahat yang cukup dan jangan sering begadang ya.

 

2. Sarapan

(image:Liputan6.com)

"Awali harimu dengan sarapan karena harapan tidak selamanya mengenyangkan" hehehe. Kalimat itu pas banget ya karena sebelum memulai aktivitas sepanjang hari, kamu harus sarapan terlebih dahulu. Sarapan berguna banget agar tubuh kamu mendapatkan asupan yang cukup untuk beraktivitas nantinya sehingga kamu lebih semangat memulai semua pekerjaan.

Akan tetapi, kamu jangan makan terlalu banyak atau berlebihan, ya! Makanlah secukupnya saja sebab kalau makan berlebihan, yang ada kamu justru mengantuk karena kebanyakan kalori. Oh iya, sarapan yang baik itu sebelum di atas pukul sembilan pagi. Pastikan juga makanan kamu berkombinasi ya, mulai dari karbohidrat, vitamin, protein, dan sebagainya.

 

3. Banyak minum Air Putih

(image:rumahzakat.org)

Nah, kalau untuk yang satu ini harus sesering mungkin ya. Air putih itu bagus lho untuk kesehatan kita. Selain itu, banyak minum air putih tidak membuatmu dehidrasi sehingga kamu tidak merasa lesu di sepanjang hari. Semakin kamu banyak minum air putih, maka kamu tidak akan kekurangan cairan. Satu lagi nih, air putih ternyata bisa meningkatkan daya konsentrasi kamu yang bisa membuat kamu tetap fokus dan konsentrasi.

 

4. Vitamin

(image:meramuda.com)

Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita baik dalam jumlah yang makro maupun mikro. Vitamin berfungsi untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan fit. Dengan mengonsumsi vitamin, tubuh kita akan lebih bersemangat untuk beraktivitas.

 

5. Olahraga

(image:cnnindonesia.com)


Hayo... siapa di antara kamu yang jarang olahraga atau bahkan sekarang udah nggak pernah lagi? Entah karena kesibukan yang semakin membumbung tinggi atau karena emang lagi malas-malasnya, yaa.. jangan dibiasakan seperti itu lho. Bagaimanapun juga kamu harus meluangkan waktu barangkali sedikit saja untuk berolahraga.

Nggak perlu langsung coba yang berat-berat dulu deh... Kamu bisa coba mulai dari jogging, bersepeda, berenang, atau yang lainnya yang menurut kamu gampang buat kamu lakuin. Selain untuk menambah mood, olahraga juga bagus untuk kesehatan jasmani kamu. Nggak nyesal deh kalau kamu rajin olahraga!

 

Nah, jadi gimana? Udah dapat pencerahan? Hehe.. Setelah kamu pahami, kiat-kiat di atas langsung di amalkan dengan ikhlas lho ya.

"Jangan menyerah. Menderitalah sekarang dan hiduplah sebagai juara nantinya". Muhammad Ali~

 

Penulis: Najmi Laily Barus

Editor: Ayu Desra Y

 

Related Article