ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

Mau masuk STAN tapi masih suka nyontek? Ini dampak negatifnya!

Published at 02 Oct 2018 14:56

PKN STAN merupakan salah satu perguruan kedinasan yang menjunjung tinggi integritas dan kejujuran. Oleh karena itu, terdapat aturan drop out jika ketahuan mencontek atau mendapatkan nilai atau IPK dibawah ketentuan

Artinya, kamu yang suka mencontek semasa sekolah atau kuliah, udah gak bisa lagi menerapkan kebiasaan buruk itu jika mau masuk stan. Selain itu, kebiasaan mencontek punya dampak buruk loh. Apa aja sih efek negatifnya di kehidupan kita?

 

1. Menjadi Bodoh

Terbiasa mencontek menjadikan seseorang terbiasa mencapai targetnya secara instan. Sehingga, tidak ada keinginan untuk mempelajari materi baru dengan cara belajar atau menyelesaikan masalah sendiri.

Ketika kebiasaan ini sudah menjamur, maka sikap dan tingkah laku kita hanya berfokus untuk mencari jalan pintas saja

 

2. Tidak percaya diri

Dengan terbiasa mencontek, secara tidak langsung mengakibatkan kita menjadi tidak mempercayai diri sendiri. Sehingga, kita terbiasa bergantung pada orang lain. Padahal, jika ujian SPMB nanti semua soal-soal setiap peserta akan berbeda, sehingga tidak akan ada celah untuk mencontek kepada peserta lain

 

3. Terbiasa mencontek menjadikan kamu sebagai calon koruptor

Siapa bilang koruptor itu hanya mencuri uang saja? Mencuri nilai atau hasil orang lain juga merupakan salah satu bentuk korupsi loh. Dengan kamu terbiasa tidak jujur melakukan ujian atau hal lain, maka kebiasaan ini akan terus menjalar hingga tua kelak

 

4. Menganggap hal yang salah itu wajar

Apakah kamu menganggap tindakan mencontek itu lumrah, atau tindakan seperti pungli adalah hal yang wajar? Jika iya, maka kamu telah melazimkan hal yang tidak lazim. Karena, pada dasarnya mencontek itu merugikan diri sendri dan orang lain. 

 

5. Mudah labil

Terbiasa mencontek mengakibatkan kita tidak memiliki pendirian, sehingga mudah dihantui perasaan labil. Ketika mencontek dan mendapatkan hasil yang memuaskan, barulah kita merasa percaya diri dan ini mengakibatkan ketagihan.

Tapi, jika kita mencontek dan mendapatkan hasil yang tidak memuaskan, pasti deh timbul pikiran di benak kita, kenapa tidak dikerjakan sendiri saja.

Jadi, masih mau nyontek? Yuk mulai jujur pada diri sendiri mulai dari sekarang

Related Article