ENS Indonesia

Please wait...

Blog

UNCATEGORY

Mau masuk STAN? Yuk perbanyak membaca!

Published at 01 Oct 2018 15:51

"ANDA INI ADALAH TIANG NEGARA INDONESIA. DAN SEBAGAI TIANG SUDAH SEHARUSNYA MEMILIKI KARAKTER YANG KUAT. BILA ANAK STAN KEHILANGAN KARAKTER, MAKA BEGITU JUGA NEGARA INDONESIA.” Pernyataan tegas tersebut disampaikan oleh Bu Sri Mulyani pada kesempatannya mengajar kuliah umum di PKN STAN di bulan april 2017 lalu. Begitulah pandangan Bu Menteri Keuangan terhadap kampus PKN STAN. Lulusan kampus yang memang dijuluki sebagai kampus para calon punggawa keuangan ini, memang diharapkan untuk memiliki kemampuan yang kompeten dan baik untuk nantinya mengabdi kepada kementerian negara.

“YOU THINK, YOU LEARN, YOU READ.” LAGI KATA BU SRI MULYANI.

Beberapakali, Bu Sri juga kerap menyinggung pentingnya anak STAN untuk terus memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan, dari berdiskusi, belajar dan membaca buku. Ya, Bu Sri menekankan bahwa penting sekali bagi mahasiswa/I untuk membaca buku demi memperdalam ilmu pengetahuan yang dimiliki.

 

1. Merangsang perkembangan otak

Dengan membaca, kamu sudah melatih dan merangsang otak pada daerah neurologis. Dengan melatih kebiasaaan membaca kita akan mudah menyerap materi, karena otak telah terbiasa. Dikutip dari survei diluar negeri, Indonesia merupakan negara yang memiliki minat baca terendah yaitu peringkat 60 dari 61. Jadi, gak heran kan kenapa orang kita sering banget ketipu Hoax dan isu-isu yang belum tentu kebenarannya.

 

2. Bisa lebih memahami orang lain

Bosen cuma baca buku pelajaran? Kamu bisa mengubah topik bacaan menggunakan novel atau buku-buku seperti majalah. Dengan membaca buku, kita dapat memahami emosi yang terserat didalam konten cerita. Sehingga dapat meningkatkan empati.

 

3. Membuka Pikiran

Semakin banyak belajar, maka kita akan semakin merasa bodoh. Oleh karena itu, dengan membiasakan membaca buku, akan membuka pikiran dan wawasan. Selain itu dengan membaca dapat meningkatkan daya analisis dan toleransi kita terhadap pandangan orang lain.

 

4. Menambah Kosakata

Semakin banyak materi yang kita baca, semakin banyak juga kosakata yang akan kita dapatkan. Buat kamu yang masih belajar bahasa inggris, dengan sering membaca buku-buku berbahasa inggris, pasti kamu bisa dapet lebih banyak kosakata dan juga arti kata baru yang jarang kamu baca atau mungkin kamu dapatkan.

 

5. Lebih siap dalam menghadapi ujian

Buku literatur yang tersedia di PKN STAN merupakan buku-buku cetakan luar negeri, ada juga yang menggunakan buku asli tanpa terjemahan. Kalau kamu jarang membaca, maka akan terasa berat. Oleh karena itulah perlu dilakukan kebiasaan membaca mulai dari sekarang.

 

Jadi, masih ragu buat rajin membaca?

 

 

Related Article