ENS Indonesia

Please wait...

Blog

ENS INFO

PENTING! INILAH 5 HAL YANG HARUS KAMU SIAPKAN UNTUK MASUK AKPOL!

Published at 13 Oct 2020 15:41

Halo Kawan ENS! 

Tau nggak sih? Terdapat beribu-ribu orang di seluruh Indonesia yang berjuang untuk diterima di Akademi Kepolisian (AKPOL). Pada tahun 2018, ada 6.061 pendaftar yang berkompetisi untuk menjadi Taruna AKPOL. Melihat jumlah pendaftar tersebut, Pastinya, butuh usaha keras untuk berhasil diterima di sekolah kedinasan AKPOL. 

Usaha keras nggak bisa dilakukan dalam satu hari aja nih, Kawan ENS! Butuh persiapan yang lama dan matang agar bisa lolos AKPOL. Menurut Asisten SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto, persiapan AKPOL minimal harus 1 tahun sebelum tes dimulai. 

Nah, apa aja sih hal-hal yang harus disiapkan untuk masuk AKPOL? Simak poin-poin berikut ini ya!

1. Persiapkan Nilai Akademik Sebaik Mungkin

Hal penting yang harus kamu siapin untuk masuk AKPOL adalah nilai akademik nih, Kawan ENS! Untuk materi seleksi Akademik dalam seleksi AKPOL, nggak jauh berbeda dengan materi yang telah disampaikan di SMA ya!

 

2. Mulai Latihan Fisik dari Sekarang

Kamu harus mulai latihan fisik dari sekarang! Mau suka atau nggak suka olahraga, kamu wajib rajin latihan fisik sejak dini. FYI aja nih! Dalam tes AKPOL kamu akan menjalani tes kemampuan berlari mengelilingi lapangan sepak bola dalam waktu 12 menit.

Selain itu, kamu juga akan melakukan tes pull up, push up, sit up, chinning (untuk perempuan), shuttle run dan juga renang 25 meter dalam waktu yang sudah ditentukan.

 

3. Menyiapkan Diri untuk Tes Psikologi 

Kamu harus mulai menyiapkan diri untuk Tes Psikologi nih, Kawan ENS! Fungsi dari Tes Psikologi itu adalah agar kemampuan bekerjasama, leadership, dan cara problem solving kamu bisa dilihat. Kamu juga harus tau, dalam tes ini, psikolog ahli dari luar kepolisian dilibatkan. Kamu akan dipantau ketika dihadapkan pada suatu masalah.

 

4. Tes Kesehatan

Selain tes fisik dan psikologi, kamu juga harus bersiap diri untuk Tes Kesehatan. Seorang Taruna AKPOL nggak boleh memiliki mata minus, buta warna, sakit berat seperti sakit jantung, ambeien, kaki bengkok, gagap, dan sebagainya. Untuk calon Taruna AKPOL pria, tinggi badan kamu wajib minimal 165 cm.

 

5. Sikap Integritas

Jangan pernah berlaku curang ya, Kawan ENS! Ini juga salah satu faktor yang penting banget untuk masuk AKPOL! Curang dalam hal ini adalah seperti menyuap, KKN, dan lain-lain. FYI nih guys! Semua panitia seleksi, orang tua, dan siswa disumpah untuk berlaku jujur. 

Kalau kamu melakukan kecurangan sekecil apa pun, kamu langsung dicoret dan didiskualifikasi. Bahkan, untuk tes lari aja ada  yang berguna untuk  mencatat sejauh mana kamu berlari saat tes fisik. So, kamu harus memegang teguh kejujuran ya!

------

Nah, itulah 5 hal yang harus kamu persiapkan untuk menjadi Taruna AKPOL! Kira-kira udah sejauh mana nih persiapan kamu? Dari ke-5 hal tersebut, apa yang sudah kamu siapkan? Share di kolom komentar ya! 

 

Penulis: Sarana

Related Article